Tingkat Kepuasan Warga Belajar Terhadap Penggunaan Media Pembelajaran Visual Les Bahasa Inggris
DOI:
https://doi.org/10.32832/jpls.v19i2.20125Keywords:
Tingkat Kepuasan Warga Belajar, Media Pembelajaran Visual, Bahasa InggrisAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji tingkat kepuasan warga belajar terhadap penggunaan media pembelajaran visual dalam les bahasa Inggris di wilayah pedesaan Desa Medanglayang. Metode yang digunakan adalah kuantitatif deskriptif dengan pengumpulan data melalui kuesioner yang disebar kepada 30 peserta dan observasi non-partisipatif selama proses pembelajaran. Hasil analisis menunjukkan bahwa media visual mampu meningkatkan pemahaman materi, motivasi belajar, dan minat peserta terhadap bahasa Inggris. Mayoritas warga belajar menyatakan merasa puas dan sangat puas terhadap penggunaan media visual yang relevan dan menarik, yang mampu membuat suasana belajar lebih menyenangkan dan interaktif. Temuan ini mendukung teori bahwa media visual efektif meningkatkan pengalaman belajar di pendidikan nonformal, khususnya di lingkungan pedesaan. Selain itu, hasil penelitian ini memberikan gambaran pentingnya pengembangan media pembelajaran yang sesuai konteks lokal agar pembelajaran bahasa Inggris di lingkungan rural dapat lebih efektif dan mengakomodasi kebutuhan peserta didik. Secara keseluruhan, penelitian ini menunjukkan bahwa media visual berpotensi besar dalam meningkatkan keberhasilan pembelajaran bahasa Inggris di komunitas pedesaan.
Kata kunci : Tingkat kepuasan warga belajar; Media pembelajaran visual; Bahasa Inggris.
Abstract
This study aims to examine the level of learner satisfaction with the use of visual learning media in English lessons in the rural area of Medanglayang Village. The research employs a descriptive quantitative method, collecting data through questionnaires distributed to 30 participants and non-participant observations during the learning process. The analysis reveals that visual media effectively enhance participants' understanding of the material, motivation, and interest in learning English. The majority of learners expressed satisfaction or high satisfaction with the relevant and engaging visual media, which contributed to a more enjoyable and interactive learning environment. These findings support the theory that visual media can improve learning experiences in nonformal education, especially in rural settings. Furthermore, the results emphasize the importance of developing contextually relevant learning media tailored to local needs to make English learning in rural environments more effective. Overall, this research demonstrates that visual media have significant potential to improve the success of English language learning in rural communities.
Keywords: Level of learner satisfaction; Visual learning media; English language .
References
Astuti, R. & Pramita, D. (2019). The use of visual media to improve vocabulary mastery. Journal of English Teaching and Learning Issues, 2(1), 34-45.
Indriyaningrum, H. D., Tobba, M. Q., & Wuryandari, L. (2022). Efektivitas Penggunaan Media Visual dalam Pembelajaran Bahasa Inggris di Sekolah Menengah Pertama. PUSTAKA: Jurnal Bahasa dan Pendidikan, 2(2), 56–64.
Fadilah, A., Nurzakiyah, K. R., Kanya, N. A., Hidayat, S. P., & Setiawan, U. (2023). Pengertian media, tujuan, fungsi, manfaat dan urgensi media pembelajaran. Journal of Student Research, 1(2), 01-17.
Latifah, L., & Isnaini, I. (2019). Pengaruh Media Gambar Visual Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Bahasa Inggris Di MI An-Nur Pekalipan Kota Cirebon. Al Ibtida: Jurnal Pendidikan Guru MI, 6(1), 1–10.
Lestari, S., & Firmansyah, F. (2020). Keterbatasan media visual dalam pembelajaran bahasa. Lingua Pedagogia, 12(1), 67–75.
Marzuki, K., & Amir, R. (2019). Kepuasan Belajar Warga Belajar Pada Program Kesetaraan Paket C. Prosiding Seminar Nasional LP2M UNM, 601-606. Universitas Negeri Makassar. ISBN: 978-623-7496-14-4.
Novitasari, D. , dan Putri, R. R. (2020). Pengaruh Media Pembelajaran Online Terhadap Kepuasan Belajar Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, 3(1), 1-8.
Putra, A. D. , dan Hidayat, R. (2021). Peranan Media Interaktif dalam Meningkatkan Ketertarikan dan Kepuasan dalam Belajar Bahasa Asing. Jurnal Kajian Pendidikan, 12(1), 34-45.
Rahmawati, F., & Nugroho, M. (2020). Multimedia Pembelajaran Pada Mata Pelajaran Bahasa Inggris. Jurnal Edukasi Undiksha.
Riduwan. (2018). Skala Pengukuran Variabel-variabel Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Safak, M. (2021). Tingkat Kepuasan Peserta Didik pada Pembelajaran Matematika di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Lingkar Mutu Pendidikan, 18(1), 73-80.
Suharso, A., & Hidayat, R. (2020). Pengaruh media gambar terhadap keterlibatan peserta didik akselerasi. EduHumaniora, 12(2), 101–109.
Widodo, U., Ngadat, N., & Subandi, A. (2021). Designing Interactive Audio-Visual Instructional Media Based On Value Clarification Technique (VCT). Journal of Education Technology, 5(4), 611–618.
Yuliana, R., Setiawan, A., & Wijayanti, N. (2021). Interactive Visual Media and Students' Satisfaction in English Learning. Journal of Educational Technology, 8(2), 112-120.
Yuliani, D., & Rachman, A. (2017). Penggunaan media visual dalam pembelajaran Bahasa Inggris. Jurnal Pendidikan Dasar, 8(2), 150–160.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Shinta Analiana, Sabila Azkia Trisna Mutiara, Nirmala Putri Maharani, Nadya Putri Rayaswala, Salsa Azhari Wiharja, Nastiti Novitasari, Fayi Haikal Mahmud, Fayla Lakmi Dara

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.


















