Pengaruh kesejahteraan guru terhadap kinerja guru PAUD di Kp.Cibadak Kayumanis Bogor

Penulis

  • Sifa Zulfah Massalim Universitas Ibn Khaldun Bogor

DOI:

https://doi.org/10.32832/jpls.v13i2.2650

Kata Kunci:

anak usia dini, guru, kesejahteraan, kinerja

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesejahteraan seorang guru berperan penting dalam meningkatkan kinerja guru Pendidikan Anak Usia Dini. Metode penelitian yang digunakan adalah Grounded Research dengan melibatkan responden 4 guru Raudhatul Athfal di Kampung Cibadak Kayumanis Bogor. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kesejahteraan guru Pendidikan Anak Usia Dini dalam bentuk sertifikasi berpengaruh terhadap Kinerja seorang guru PAUD.

 

Abstract

This study aims to determine the welfare of a teacher plays an important role in improving the performance of Early Childhood Education teachers. The research method used was Grounded Research by involving 4 respondents Raudhatul Athfal teachers in Kampung Cibadak Kayumanis Bogor. The results of this study indicate that the welfare of Early Childhood Education teachers in the form of certification affects the performance of a PAUD teacher.

Referensi

Zulkifli, Darmawan & Sutrisno. 2014. "Motivasi Kerja, Sertifikasi,Kesejahteraan dan Kinerja Guru”. Jurnal Psikologi Indonesia, Vol.3, No.02, hh.148-155

Siswanto. 2008. "Program Sertifikasi Guru.” Jurnal Tadris. Vol. 3, No. 2

Maulia, Rakhmawati, Suharno & Suhendri. 2018. "Makna Kesejahteraan pada Guru Pendidikan Anak Usia Dini”. Jurnal Psikologi Integratif, Vol.6, No.2, hh.176-189

Diterbitkan

2019-11-15

Cara Mengutip

Massalim, S. Z. (2019). Pengaruh kesejahteraan guru terhadap kinerja guru PAUD di Kp.Cibadak Kayumanis Bogor. Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, 13(2), 62–67. https://doi.org/10.32832/jpls.v13i2.2650

Terbitan

Bagian

Articles