Pengaruh kemandirian belajar terhadap hasil belajar siswa

Authors

  • Nurhidayah Nasution Universitas Ibn Khaldun Bogor
  • Rizcka Fatya Rahayu Universitas Ibn Khaldun Bogor
  • Siti Tami Maspupah Yazid Universitas Ibn Khaldun Bogor
  • Destari Amalia Universitas Ibn Khaldun Bogor

DOI:

https://doi.org/10.32832/jpls.v12i1.2879

Keywords:

hasil belajar, kemandirian belajar, siswa

Abstract

Kemandirian belajar diperlukan dalam proses pendidikan, agar tercapai tujuan pembelajaran yang menekankan siswa aktif dalam mengembangkan potensinya. Hal ini dikarenakan siswa dapat mengontrol sendiri berbagai cara belajar yang perlu ditempuh untuk mencapai hasil prestasi belajar sesuai dengan keinginannya. Dalam rangka membantu peserta didik meningkatkan hasil belajar, proses pembelajaran perlu diusahakan agar interaktif, inspiratif, inovatif, memotivasi peserta didik berpartisipasi aktif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kemandirian belajar siswa terhadap hasil belajar siswa menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan menggunakan angket kuesioner untuk pengumpulan datanya. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII di MTs Darul Ihsan Cibungbulang dengan populasi target (sampling frame) yang berjumlah 42 siswa. Penyajian analisis deskriptif dalam penelitian ini yaitu: variabel kemandirian belajar (X) dan variabel hasil belajar (Y). Di lihat dari hasil penelitian ini menunjukan bahwa siswa di MTs Darul Ihsan memiliki kemandirian dalam belajar, dan dapat dilihat dari hasil belajar para siswa di MTs Darul Ihsan rata-rata 6% siswa mendapat nilai "0-65”, 19% siswa mendapat nilai "66-75”, 71% siswa mendapat nilai "76-85” dan 3% siswa mendapat nilai "86-100”. Maka dapat disimpulkan bahwa siswa di MTs Darul Ihsan ini memiliki hasil belajar (nilai raport) yang baik.

 

Abstract

Learning independence is needed in the education process, in order to achieve learning goals that emphasize active students in developing their potential. This is because students can control themselves various ways of learning that need to be taken to achieve the results of learning achievement in accordance with their wishes. In order to help students improve learning outcomes, the learning process needs to be endeavored to be interactive, inspiring, innovative, motivating students to actively participate. This study aims to determine the effect of student learning independence on student learning outcomes using quantitative research methods using questionnaires to collect data. The population in this study were all students of class VIII at MTs Darul Ihsan Cibungbulang with a target population (sampling frame) of 42 students. The descriptive analysis presentations in this study are: learning independence variable (X) and learning outcome variable (Y). In view of the results of this study indicate that students at MTs Darul Ihsan have independence in learning, and can be seen from the learning outcomes of students at MTs Darul Ihsan on average 6% of students get a value of "0-65", 19% of students get grades " 66-75 ", 71% of students scored" 76-85 "and 3% of students scored" 86-100 ". Then it can be concluded that students at MTs Darul Ihsan have good learning outcomes (report cards).

References

Ali, Muhammad dan Muhammad Asrori. 2011. Psikologi Remaja Perkembangan Peserta Didik. Jakarta: Bumi Aksara.

Arikunto, Suharsimi. 2011. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Bachtiar, 2017. Upaya guru dalam menumbuhkan kemandirian belajar siswa di SD Negeri 22 Banda Aceh . Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Vol. 23, No. 1

Pratiwi, Iffa Dian, Hermien Laksmiwati 2016, Kepercayaan Diri Dan Kemandirian Belajar Pada Siswa SMA Negeri "X”. Jurnal Psikologi Teori &Terapan. Vol. 7, No.1

Sariningsih Ratna dan Gida Kadarisma 2016, Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Dan Kemandirian Belajar Siswa Smp Melalui Pendekatan Saintifik Berbasis Etnomatematika. Jurnal Ilmiah UPT P2M STKIP Siliwangi, Vol. 3 No.1

Suhendri Huri, Pengaruh Metode Pembelajaran Problem Solving Terhadap Hasil Belajar Matematika Ditinjau Dari Kemandirian Belajar. Jurnal Formatif Vol. 3, No.2

Waidi, Didin saepudin, Endin Mujahidin, 2019. Pengaruh motivasi keluarga terhadap prestasi belajar siswa studi kasus di MTs Al- Azhar Tuwel. Jurnal pendidikan Islam. Vol. 08 No.02

Downloads

Published

2018-05-01

How to Cite

Nasution, N., Rahayu, R. F., Yazid, S. T. M., & Amalia, D. (2018). Pengaruh kemandirian belajar terhadap hasil belajar siswa. Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, 12(1), 9–14. https://doi.org/10.32832/jpls.v12i1.2879

Issue

Section

Articles