PERAN ORANG TUA DALAM MEMBERIKAN STIMULASI TERHADAP PERKEMBANGAN KOGNITIF ANAK USIA DINI
DOI:
https://doi.org/10.32832/jpls.v19i2.8056Keywords:
Peran Orangtua, Pemberian Stimulasi, Perkembangan Kognitif AnakAbstract
Fenomena yang terjadi dilapangan bahwasanya masih banyak orang tua yang lalai dalam melakukan peranannya sebagaimana mestinya. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mendeskripsikan tentang peran orang tua dalam memberikan stimulasi terhadap perkembangan kognitif anak usia dini. Lestari (2012:153) bahwa "peran orang tua merupakan cara yang digunakan oleh orang tua berkaitan dengan pandangan mengenai tugas yang harus dijalankan dalam mengasuh anak”. Pendekatan pada penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subyek penelitian terdiri dari tiga orang tutor serta dua orang tua peserta didik di Rumah Bunda Islaimic Daycare Kecamatan Teluk Jambe Timur Kabupaten Karawang. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) orang tua di rumah bunda islamic daycare telah melakukan peranannya dengan baik dimana mereka mencoba meluangkan waktu ditengah kesibukan mereka dalam bekerja untuk memberikan stimulasi. (2) orang tua dan tutor dapat bekerjasama untuk terus mencari materi dan metode yang menyenangkan dalam memberikan stimulasi bagi anak usia dini terhadap perkembangan kognitifnya. (3) hasil yang diperoleh dari pemberian stimulasi ini adalah perkembangan kognitif pada anak usia dini terus meningkat serta dapat menerapkan stimulasi yang telah diajarkan kedalam kehidupan sehari-hari.
Kata kunci : Peran Orang tua, Pemberian Stimulasi, Perkembangan Kognitif Anak
References
Ahmad Susanto. (2011). Perkembangan Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana Prenada. Media Group
Anisah, A. S. (2017). Pola asuh orang tua dan implikasinya terhadap pembentukan karakter anak. Jurnal Pendidikan UNIGA, 5(1), 70-84.
Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional. (2015). Rencana Strategis Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional. BKKBN
Lestari, Sri. (2012). Psikologi Keluarga. Jakarta: Kencana Preanada Media Group
Undang-undang Republik Indonesia No.20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.
Prastowo, Andi. 2011. Memahami Metode-Metode Penelitian Suatu Tinjauan Teoritis dan Praksis. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.
Schunk, D.H., Pintrich, P.R., & Meece, J.L., (2010). Motivation in Education: Theory, Research, and Applications Third Edition. New Jersey: Pearson Education.
Sugiyono. (2009). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: PT Alfabet.
Tejawati, J. M. (2012). Penyelenggaraan program pendidikan anak usia dini (paud) dalam rangka otonomi daerah: studi kasus di kabupaten Kulon Progo. Jurnal Penelitian Kebijakan Pendidikan, 5. (2). 5.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Mey Nurdiah, Tika Santika, Abdul Muis

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.


















