Pesan Dakwah Visual dalam Poster Kebaikan Keutamaan Bersedekah Laz Albunyan

Authors

  • rifania rifania putri Universitas Ibn Khaldun

DOI:

https://doi.org/10.32832/komunika.v8i1.13783

Keywords:

Keywords, Isi pesan, Dakwah era digital, Sedekah, Konten dakwah

Abstract

Teknologi menjadikan konten dakwah dapat diakses oleh lebih banyak khalayak diberbagai daerah bahkan seluruh dunia. Terlebih meskipun hanya sekedar menentukan lokasi dimana dakwah tersebut akan berlangsung, kini mad’u tidak perlu cemas sebab takut tertinggal, karena kini teknologi menjadikan dakwah sudah dapat diakses secara mudah melalui media online. Namun, meskipun begitu peluang dakwah juga berbanding lurus dengan adanya beragam tantangan dakwah yang hadir diera digital ini jauh lebih sulit untuk dihadapi. Oleh karena itu, da’i harus lebih kreatif dan pintar dalam membaca kondisi masyarakat serta menyesuaikannya dengan konten dakwah yang akan disajikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui isi pesan dakwah pada poster ajakan bersedekah Laz Albunyan. Poster dakwah tersebut merupakan konten yang didalamnya terdapat materi atau tulisan mengenai keutamaan dalam bersedekah. Penelitian ini menggunakan metode analisis deskriptif kualitatif yang mana menekankan pada proses penyimpulan dan analisis terhadap suatu fenomena yang diamati dengan menggunakan logika ilmiah. Hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa konten keutamaan bersedekah yang dibuat oleh Laz Albunyan tersebut mengandung sebuah informasi berupa ganjaran yang akan diterima bagi orang yang melakukan sedekah. Dengan sadar juga, makna poster kebaikan ini adalah ajakan kepada orang lain untuk turut melakukan sedekah. Karena didalamnya dijelaskan bahwa orang yang melakukan sedekah akan dijauhkan dari sifat buruk yakni sifat pelit serta akan mendapatkan karunia Allah serta doa dari para malaikat. Adapun hasil dari penelitian ini peneliti masih menyadari akan kekurangan yang ada didalamnya baik berupa informasi ataupun penjelasan yang kurang terperinci. Oleh karena itu peneliti berharap penelitian ini bukan hanya dapat menjadi rujukan melainkan dapat dikembangkan serta diperbaiki hingga menjadi penelitian yang lebih baik lagi kedepannya.

References

Budiantoro, W. (2017). Dakwah di era digital. Komunika: Jurnal Dakwah dan Komunikasi, 265.

Fiaunillah, M. N., & Noviyanti, R. (2022). Konfigurasi filantropi islam era digital: Studi peran sedekah pada aplikasi media sosial youtube. Al-Mashrafiyah: Jurnal Ekonomi, Keuangan dan Perbankan Syariah, 60.

Hanif, H. (2022). Pandangan alquran dan hadis terhadap sifat kikir (pelit). Basha'ir: Jurnal Studi Al-Qur'an Dan Tafsir, 63-73.

Husain, A. (2020). Dakwah islamiyah dan tantangannya di era digital. Al-Muqkidz: Jurnal Kajian Keislaman, 117

Irnanda, D. Z., & Masnuna, M. (2024). Perancangan poster carousel sebagai media dakwah berbasis digital. Seniman: Jurnal Publikasi Desain Komunikasi Visual, 2(1), 242-251.

Irwansyah. (2021). Konsep sedekah dalam perspektif filsafat dakwah (studi kasus konsep sedekah yusuf mansur). Mantiq: Jurnal Filsafat Agama dan Pemikiran Islam, 6(2), 192.

Julistia, R., & Safuwan, S. (2020). Kebahagiaan ditinjau dari perilaku bersedekah: Suatu kajian psikologis islam. Jurnal Psikologis Terapan, 1.

Khadijah. (2022). Digitalisasi dakwah di media sosial berbasis desain komunikasi visual. Jurnal Bimbingan Penyuluhan Islam, 1288.

Muhammad Abdurrauf, N. (2023). Pesan dakwah dalam desain komunikasi visual akun instagram@ islamposcom (Doctoral dissertation, UIN Prof. KH Saifuddin Zuhri).

Prianggita, V. A. (2021). Peran media pembelajaran berbasis teknologi informasi dan komunikasi di era pandemi covid-19. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 148.

Rahajeng, N. I. (2021). Desain komunikasi visual pada poster digital Instagram @muslimdesignersommunity (studi analisis semiotika charles shanders pierce). Skripsi, 46.

Ridwan, M., & Rewira, A. E. (2022). Implementasi dakwah keluarga di era digital. Jurnal Pengabdian Masyarakat dan Penelitian Thawalib, 1(2), 89-102.

Wibowo, A. (2020). Digitalisasi dakwah si media social berbasis desain komunikasi visual. Jurnal Bimbingan Penyuluhan Islam, 180.

Wibowo, A. S. (2022). Nilai-nilai pendidikan akhlak dalam konsep sedekah Syifaur Rahmah (Doctoral dissertation, IAIN Ponorogo).

Zakiah, M. (2022). Analisis konten aqidah pada poster digital di akun Instagram @mudaberdakwah. Dawatuna: Journal Of Communication and Islamic Broadcasting, 2(2), 68.

Downloads

Published

2024-07-26

How to Cite

putri, rifania rifania. (2024). Pesan Dakwah Visual dalam Poster Kebaikan Keutamaan Bersedekah Laz Albunyan. Komunika: Journal of Communication Science and Islamic Dakwah, 8(1), 32–38. https://doi.org/10.32832/komunika.v8i1.13783