Instrumen Quranic STEM terhadap perkembangan dakwah era digital: Analisis rasch model

Authors

  • Ghaitsa Ranawigena Ibn Khaldun University
  • Dewi Anggrayni
  • Nur Choiro Siregar
  • Ikhwan Hamdani

DOI:

https://doi.org/10.32832/komunika.v7i2.14434

Abstract

Kandungan Al-Qur’an memiliki ayat-ayat mengenai Science, Technology, Engineering dan Mathematic (STEM) yang kemudian dapat disebut dengan Quranic STEM (Q-STEM). Q-STEM bisa menjadi salah satu metode pendekatan untuk perkembangan dakwah digital karena unsur-unsur STEM tidak terlepas dari perkembangan era digital. Q-STEM menghadirkan solusi dari permasalahan kehidupan baik secara nyata maupun digital dengan dasar nilai-nilai Al-Qur’an sebagai pedomannya sehingga pemecahan masalah dilandasi tidak hanya oleh pengetahuan, tetapi juga merujuk kepada sumber kebenaran yang pasti yakni Al-Qur’an. Penelitian ini bertujuan untuk melihat instrumen yang valid dan reliabel pada kuesioner pendekatan Q-STEM terhadap perkembangan dakwah era digital di setiap itemnya. Instrumen memiliki 34 pernyataan kuesioner, dengan 24 pernyataan Q-STEM dan 10 pernyataan dakwah era digital. Kuesioner diberikan kepada 84 mahasiswa IPB University yang mengikuti Lembaga Dakwah Kampus (LDK) dan telah mengetahui dasar dari konsep STEM. Seorang pakar STEM dan seorang pakar Al-Qur’an menguji validitas isi instrumen dan hasil uji reliabilitas menunjukkan nilai Cronbach’s Alpha mendekati satu yaitu 0,954 artinya sangat reliabel. Untuk melihat data valid dan reliabel pada setiap itemnya, data dianalisis menggunakan perangkat lunak Winsteps versi 5.5.0 dengan analisis model Rasch (RMA) pada reliabilitas pisahan responden dan item (person and item reliability and separation), tingkat kesulitan item (item difficulty level), polarity item, item yang tidak tepat (misfit item), unidimensional, dan person map item. Temuan mengungkapkan bahwa item valid, reliabel, dan sesuai untuk mengukur pendekatan Q-STEM terhadap perkembangan dakwah era digital. Oleh karena itu, instrumen dapat digunakan untuk penelitian dan dapat dikembangkan di masa yang akan datang.

Downloads

Published

2023-12-27

How to Cite

Ranawigena, G., Anggrayni, D., Siregar, N. C., & Hamdani, I. (2023). Instrumen Quranic STEM terhadap perkembangan dakwah era digital: Analisis rasch model. Komunika: Journal of Communication Science and Islamic Dakwah, 7(2), 41–51. https://doi.org/10.32832/komunika.v7i2.14434

Issue

Section

Artikel