Pemanfaatan Instagram Sebagai Media Informasi dan Promosi Pariwisata Kabupaten Pangandaran (Studi Kasus pada Akun Instagram @Mypangandaran)

Authors

  • Rizki Maulana
  • Purwanti Hadisiwi Universitas Padjadjaran
  • Ditha Prasanti Universitas Padjadjaran

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengetahui akun instagram @mypangandaran digunakan sebagai media informasi kabupaten Pangandaran (2) Mengetahui akun instagram @mypangandaran digunakan dalam mempromosikan pariwisata di kabupaten Pangandaran (3) Mengetahui kendala @mypangandaran ketika menyebarkan informasi dan promosi wisata Pangandaran melalui media sosial instagram. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori konstruksi sosial media massa oleh Burhan Bungin. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan teknik analisis data seperti pengumpulan data, reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menemukan bahwa akun instagram @mypangandaran memanfaatkan instagram sebagai media komunikasi, yakni sebagai media informasi kabupaten Pangandaran terdapat tiga jenis konten yang di informasikan pada akun instagram @mypangandaran yakni konten news, akomodasi, serta wisata dan budaya. Akun @mypangandaran juga memanfaatkan instagram sebagai media promosi pariwisata di kabupaten Pangandaran, terdapat tiga jenis konten yang dipromosikan pada akun instagram @mypangandaran yakni wisata terbaru, atraksi wisata, dan layanan wisata. Terdapat kendala yang dihadapi akun @mypangandaran dalam menyebarkan informasi dan promosi wisata Pangandaran, seperti kendala pada sumber daya manusia (SDM) yang berakibat juga pada jangkauan wilayah pengambilan informasi, waktu, dan jumlah konten yang dipublikasikan, tampilan konten, dan masalah wisata di Pangandaran.

References

Andi Dwi Riyanto. (2023). Hootsuite (We are social): Indonesian digital report 2023. Andi.Link. https://andi.link/hootsuite-we-are-social-indonesian-digital-report-2023/

Aristyawan, D., & Mutiah. (2021). Strategi promosi wisata heritage melalui media sosial, komunitas dan event (Studi kasus pada dinas dan kebudayaan pariwisata kota Surabaya). 176–184.

Asri, Nuryah Sj, E. F., & Basith, A. A. (2017). Mengenai destinasi dan atraksi wisata. Pada dasarnya, keputusan wisatawan dalam memilih sebuah destinasi terbangun justru di luar oleh hal-hal di luar industri pariwisata itu sendiri. Citra atau. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(12), 1–10.

Atiko, G., Sudrajat, R. H., Nasionalita, K., & Telkom, U. (2016). Analisis strategi promosi pariwisata melalui media sosial oleh kementrian pariwisatapariwisata RI (studi deskriptif pada akun Instagram @indtravel) analysis. 3(2), 2349–2358.

Ayutiani, D. N., & Satria Putri, B. P. (2018). Penggunaan akun instagram sebagai media informasi wisata kuliner. PRofesi Humas : Jurnal Ilmiah Ilmu Hubungan Masyarakat, 3(1), 39. https://doi.org/10.24198/prh.v3i1.11683

Bakti, Iriana, Sumartias, S., Damayanti, T., & Nugraha, A. R. (2018). Development of a tourism communication model based on local wisdom in the pangandaran geopark area. Journal of Communication Studies, 6(2), 217. http://jurnal.unpad.ac.id/jkk/article/view/18459

Bakti, Iriana, Sumatrias, S., Damayanti, T., & Ruchiat Nugraha, A. (2019). Pelatihan komunikasi pariwisata berbasis media sosial (instangram) di kabupaten pangandaran.

Damayanti, S., Chan, A., & Barkah, C. S. (2021). Pengaruh social media marketing terhadap brand image My Pangandaran tour and travel. Jurnal Ilmu Manajemen, 9(3), 852–862. https://doi.org/10.26740/jim.v9n3.p852-862

Firman Assegaf, A. ;, Sarwoko;, M. Rasyid, U., Hamid, F., Mahyuzar;, & Emrus; (2016). Kom dan realitas sosial. Jurnal Ilmu Komunikasi, 12, 1–81. https://medium.com/@arifwicaksanaa/pengertian-use-case-a7e576e1b6bf

Hadi, S. (2017). Pelayanan dan pariwisata kita. Kumparan.Com. https://kumparan.com/shopian-hadi/pelayanan-dan-pariwisata-kita/1

Hidayah, N. (2023). Atraksi wisata dan daya tarik wisata: Beda loh, jangan salah! https://pemasaranpariwisata.com/2023/01/02/atraksi-wisata-dan-daya-tarik-wisata/#:~:text=Berikut beberapa definisi atraksi wisata menurut para ahli%3A,yang melakukan perjalanan ke suatu tempat”. More items

Ilyas. (2016). Pendidikan karakter melalui homeschooling. Journal of Nonformal Education and Community Empowerment, 2(1), 91–98.

Juditha, C. (2018). Hoax communication interactivity in social media and anticipation (interaksi komunikasi hoax di media sosial serta antisipasinya). Journal Pekommas, 3(1), 31. https://doi.org/10.30818/jpkm.2018.2030104

Koelzer, W. (1990). Glossary of platform (Issue February). http://referensi.dosen.narotama.ac.id/files/2012/01/siklus-hidrologi.pdf

Krisbianto, S., Taufik, R. R., & Anastasya, M. (2020). Pengaruh konten berita dan teknik pengambilan gambar terhadap akurasi berita. Jurnal Digital Media dan Relationship, 2(1), 46–56. https://doi.org/10.51977/jdigital.v2i1.241

Marta, R., & Haviri, I. (2019). Peran media sosial dalam mempromosikan pariwisata sumatera barat pada humas pemerintah khususnya Sumatera Barat. Pemilihan humas provinsi Sumatera Barat tampuk utama dalam pemerintahan seharusnya menjadi contoh, panutan bagi humas. Jurnal Ranah Komunikasi (JRK), 3, 102–112.

Mustofa, M., Riyanto, B., & Hindra, N. (2016). Penggunaan instagram sebagai media informasi wisata kuliner (studi kasus pada akun instagram @Soloinfo). Https://Medium.Com/. https://medium.com/@arifwicaksanaa/pengertian-use-case-a7e576e1b6bf

Pratiwi, S. R., Dida, S., & Sjafirah, N. A. (2018). Strategi komunikasi dalam membangun awareness wisata halal di kota Bandung. Jurnal Kajian Komunikasi, 6(1), 78. https://doi.org/10.24198/jkk.v6i1.12985

Prayoga, A. N. (2021). Pemanfaatan media sosial instagram sebagai media informasi bagi pecinta vespa tua pada akun @Vespasoy. Tel-U Collection.

Puji, S. (2016). Konstruksi sosial media massa puji santoso dosen komunikasi fakultas ilmu sosial dan ilmu politik Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara. Al-Balagh, 1(1), 34.

Putra, R. R., Siti Khadijah, U. L., & Rakhman, C. U. (2020). Pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi dalam penerapan konsep smart tourism di kabupaten Pangandaran. Jurnal Master Pariwisata (JUMPA), July, 257. https://doi.org/10.24843/jumpa.2020.v07.i01.p12

Retnasary, M., Setiawati, S. D., Fitriawati, D., & Anggara, R. (2019). Pengelolaan media sosial sebagai strategi digital marketing pariwisata. Jurnal Kajian Pariwisata, 1(1), 76–83. http://ejurnal.ars.ac.id/index.php/JIIP/article/view/130/85

RI, K. (2021). Strategi digital tourism dalam menggaet wisatawan. https://kemenparekraf.go.id/ragam-pariwisata/Strategi-Digital-Tourism-dalam-Menggaet-Wisatawan

Ridwan, Rohana, H., & Sri Wahyuni, N. (2022). Manajemen pariwisata. In Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952. (Issue Mi).

Siregar, Z. (2018). Social construction of mass media. Jurnal Wahana Inovasi, 7(1), 93–99.

Sitompul, P. (2014). Konstruksi realitas peran kpk dalam pemberitaan online terkait kasus korupsi (Studi framing beberapa pemberitaan online terkait peran KPK pada kasus korupsi mantan gubernur banten ratu atut chosiah). Jurnal Studi Komunikasi dan Media, 18(2), 169. https://doi.org/10.31445/jskm.2014.180203

Trihayuningtyas, E., Wulandari, W., & Adriani, Y. (2018). Media sosial sebagai sarana informasi dan promosi social media as a mean of tourism information. Tourism Scientifie Journal, 4, 1–22.

Wisatasiana. (2022). Jenis dan pengertian akomodasi pariwisata. Wisatasiana. https://www.wisatasiana.com/jenis-dan-pengertian-akomodasi-pariwisata/.

Downloads

Published

2024-12-25

How to Cite

Maulana, R., Hadisiwi, P., & Prasanti, D. (2024). Pemanfaatan Instagram Sebagai Media Informasi dan Promosi Pariwisata Kabupaten Pangandaran (Studi Kasus pada Akun Instagram @Mypangandaran). Komunika: Journal of Communication Science and Islamic Dakwah, 8(2), 75–93. Retrieved from https://ejournal.uika-bogor.ac.id/index.php/Komunika/article/view/17036