Pemahaman Tentang Dajjal Berdasarkan Hadis-Hadis Sahih Bukhari dan Sahih Muslim
Keywords:
Dajjal, Muslim scholars, Day of Judgment, Takwil method, CharacteristicsAbstract
Wacana Dajjal merupakan salah satu pembahasan yang masih menjadi bahan pertikaian di kalangan ulama muslim sejak zaman dahulu hingga sekarang. Perbedaan pendapat mereka terletak pada pemahaman tentang eksistensi Dajjal. Sebagian ulama muslim memahami kata dajjal secara tekstual dan sebagian lagi memahaminya dengan metode takwil. Penulis merumuskan masalah dalam penelitian ini menjadi tiga rumusan masalah, yaitu meliputi analisis tentang siapakah Dajjal berdasarkan hadits Shahih Bukhari dan Shahih Muslim, bagaimana ciri-cirinya dan apa saja fitnah yang ditimbulkannya. Apa saja yang akan dilakukan Dajjal setelah kemunculannya menjelang hari kiamat. Penelitian ini menggunakan sumber sekunder yang menitikberatkan pada penelitian kepustakaan. Sumber data diperoleh dari hadits yang bersumber dari kitab Shahih Hain. Dalam kajian ini, penulis juga mengambil data dari analisis-analisis yang relevan dengan kajian yang dibahas, antara lain kitab Fathu al-Bari, Syarah Sahih Bukhari, ‘Aunu al-Ma’bud, Syarah Sunan Abi Daud, dan al-Minhaj fi Syarhi Sahihi Muslim. Hasil kajian ini menunjukkan bahwa; (1) Dajjal merupakan salah satu tokoh manusia dari keturunan Adam yang akan muncul pada akhir zaman. Pemahaman yang mengatakan Dajjal merupakan simbol yang menunjukkan keadaan penuh kezaliman, amanah yang tidak terjaga dan do’a yang tidak terurus merupakan pemahaman yang keliru dan bertentangan dengan pemahaman Ahlussunnah. (2) Dajjal memiliki banyak ciri fisik, di antaranya adalah matanya cacat, rambutnya keriting, di keningnya tertulis ka fara, badannya besar dan warna kulitnya kemerahan. (3) Dajjal merupakan fitnah terbesar yang pernah ada di muka bumi ini. Kejahatan yang dilakukan oleh Dajjal adalah menyebarkan tipu daya dan kebohongan pada saat kemunculannya. Dia akan menjanjikan kebahagiaan bagi para pengikutnya dan kesengsaraan bagi mereka yang menolak seruannya.
References
A.J Wensinck. (1936 H). Al-mu’jam al-mufahras li alfaz al-hadith al-nabawi. E.J Brill.
Abdul Wahab Abdu As-Salam. (2002). Al-masih al-muntazar wa nihayatu al-‘alam. Dar as-Salam.
Abdullah Hajjaj. (1978). ’Alamatu al-Qiyamah al-kubra. Dar al-Jail.
Abu Daud. (2009). Sunan Abu Daud. Dar al-Risalah al-‘Alamiyah.
Abu Sa’adat Al-Mubarak ibnu Muhammad Al-Jazari. (1979). Al-nihayah fi gharaibi al-hadisi wa al-atsar. Al-Maktabah al-‘Ilmiyah.
Ahmad bin Hanbal. (2001). Musnad Imam Ahmad. Muassasatu al-Risalah.
Ahmad bin Muhammad bin Hanbal. (2001). Musnad, juz. 26. Al- Risalah.
Ahmad Muhammad Yusuf. (2009). Ensiklopedi tematik ayat Alquran dan Hadits. Widya Cahaya.
Ahmad Thomson. (2014). System dajjal. Zahira.
Al-Qurtubi. (2011). Al-tadzkarah fiahwali al-mautawa umuri al-akhirah. Dar al-Hadis.
Al-Qurtubi. (2013). Ensiklopedia kematian dan hari akhir. Pustaka Azam.
Baiq Siti Hajar. (2019). Dajjal dalam Alquran dan Hadis. Tesis UIN, Semarang.
Fakhruddin al-Razi. (1420 H). Tafsir al-kabirmmafatihu al-ghaib. Daru al-Turath al-‘Arabi.
Hammud bin Abdullah. (1985). Iqomatu al-Burhan. Maktabah al-Ma’arif.
https://ar.wikipedia.org/wiki/ المسيح-الدجال
Humam Muhammad al-Jarf. (2007). Al-Mmuntaqa al-akhbar mimma sahha fi al-mahdi mina al-akhba. Syabakah al-Alukah.
Ibnu Hajar Al-‘Asqolani. Fathu al-bari. Juz. 13. Maktabah As-Salafiyah.
Ibnu Hajar. Fathu al-Bari. Juz. 13. Dar al-Fikr.
Ibnu Kathir. (2011). Al-Fitan, fitnah dan kehidupan akhir zaman. Dar al-Kutub Al-‘Ilmiyah.
Ibnu Katsir. (2004). Huru hara hari kiamat. Terjemahan. H. Anshori umar & H. Umar hasan. Pustaka al-Kautsar.
Ibnu Majah. (2009). Sunan Ibnu Majah. Juz. 5, h. 178. Dar al-Risalah.
Ibrahim bin Muhammad baijuri. (2014). Tuhfatu al-murid ‘ala jauhari al-tauhid. Haramain.
Mahmud Abu Rayah, (1957). Adwa’ ‘ala al-sunnah al-muhammadiyah. Dar Al-Ma’arif.
Majdi Fathi Said. (1997). Qissatu khuruji al-masihi al-dajjal. Dar as-Sahabah.
Masyari Said. (2014). Ara Muhammad Rasyid Rido al-‘Aqo’idiyah. Dar Imam Al-zahabi.
Muhammad al-Ghazali. (2015). Al-sunnah al-nabawiyah baina ahli al-fiqh wa ahli al-hadi. Dar al-Syuruq.
Muhammad Anwarsyah Al-Kasymiri. (1976). Al-Tasrihu bima tawatara fi kuzuli al-Masih. Maktanbah Al-Matbu’aj Al-islamiyah.
Muhammad bin Ismail Bukhari. (2004). Sahih al-bukhari, Juz. 1. Dar Sadir.
Muhammad Khalil Harras. (1969). Nuzulu ‘isa wa qotlihi al-dajjala. Ismailiyah.
Muhammad Nashiruddin Al-Bani. (2000). Qissatu al-masih al-dajjal. Al-Maktabah al-Islamiyah.
Muhmmad al-Ghazali. (2015). Al-sunnah al-nabawiyah baina ahli al-fiqhi wa ahli al-hadis. Dar Al-Syuruq.
Muslim bin Hajjaj. (2001). Sahih muslim. Dar at-Taibah. Kitab al-Iman, No 9.
Muslim bin Hajjaj. (2009). Sahih muslim. Juz, 4, Bab, fi baqiyyati min ahadith al-Dajjal, No. 7427. Dar Sadir.
Musthafa Abu al-Nasri. (1990). Sahihu asyrati al-sa’ah. Makatabah al-Sawadi.
Nawir Yuslem. (2008). Metodologi penelitian hadis. Cipta Pustaka Media Perintis.
Rasyiid Ridho. (1947). Tafsir al-manar. Dar al-Manar.
Siti Munawaroh Hilmiyah. (2018). Kualitas sanad Hadis tentang dajjal dalam kitab dzurrat an-nasihin.
Syuhudi Ismail. (2009). Hadis Nabi yang tekstual dan kontekstual. Bulan Bintang.
Umar Sulaiman Al-Asyqor. (2011). Ensiklopedia kiamat: Dari sakaratul maut hingga surga neraka. Terjemahan Irfan dkk. Zaman.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Komunika: Journal of Communication Science and Islamic Dakwah disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.