Dampak komunikasi interpersonal terhadapminat dan kepuasaan siswa saat pembelajaran online di SMA Pesat
DOI:
https://doi.org/10.32832/komunika.v6i1.6527Keywords:
Minat belajar, Komunikasi interpersonal, Kepuasaan siswa, Online, KompetensiAbstract
Abstract
Thisxstudyxdiscussesxthexrelationshipxof interpersonal communication on student interest and satisfaction. The purpose of this study is to determine the impact of interpersonal communication on student interest and satisfaction. In this study, the researchers used quantitative research with a field research approach, the technique for obtaining the sample was random sampling, and the results were 108 respondents. The results of the normality test with the one-sample kolmogorov-Smirnovxget Asymp.results Sig.(2-tailed)x=x0.200x<x0.05, it can be stated that interpersonal communication on student interest and satisfaction is normally distributed. The homogeneity test got the results (P – Value) for interest in learning = 0.276 and (P – Value) student satisfaction = 0.052, then 0.276 > 0.05 and 0.052 > 0.05 can be stated the data distribution is the same (homogeneous). The results of the hypothesis test to get the results of rcount= 0.801 for interpersonal communication relationships to interest in learning and rcount = 0.849 for interpersonal communication on student satisfaction with rtable = 0.195 then it is found that rcount > rtable, namely 0.801 > 0.195 and 0.849 > 0.195. So it can be concluded that the impact of interpersonal communication on student interest and satisfaction in the online learning process is said to be positive. In the future, teachers will continue to improve their self-competence and create a more pleasant learning atmosphere and students will find comfort in learning.
Abstrak
Penelitian ini membahas tentang hubungan komunikasi interpersonal terhadap minat dan kepuasaan siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dampak komunikasi interpersonal terhadap minat dan kepuasaan siswa. Dalamxpenelitianxini, peneliti menggunakanxjenisxpenelitian kuantitatifxdenganxpendekatan Field Research, teknik untuk mendapatkan sampel peneliti menggunakan samplingxrandom, danxmendapatkan hasil 108 responden. Hasil dari uji normalitas dengan one-sample kolmogorov-Smirnov mendapatkan hasil Asymp. Sig. (2-tailed) = 0.200 < 0,05 maka dapat dinyatakan bahwa komunikasi interpersonal terhadap minat dan kepuasaan siswa berdistribusi normal. Uji homogenitas mendapatkan hasil (P – Value) untuk minat belajar = 0.276 dan (P – Value) kepuasaan siswa = 0.052, maka 0.276 > 0.05 dan 0.052 > 0.05 dapat dinyatakan distribusi data sama (homogen). Dari hasil uji hipotesis mendapatkan hasil = 0.801 untuk hubungan komunikasi interpersonal terhadap minat belajar dan = 0.849 untuk komuninkasi interpersonal terhadap kepuasaan siswa dengan = 0.195 maka didapati > yaitu 0.801 > 0.195 dan 0.849 > 0.195. Maka dapat disimpulkan dampak komunikasi interpersonal terhadap minat dan kepuasaan siswa dalam proses pembelajaran online dikatakan positif. Kedepannya guru terus meningkatkan kompetensi diri dan menciptakan suasana pembelajaran yang lebih menyenangkan dan siswa mendapatkan kenyamanan untuk belajar.
References
Amien, R. H. A. (2020). Pengaruh kemampuan komunikasi interpersonal guru terhadap minat belajar peserta didik pada mata pelajaran bahasa Arab di Madrasah Aliyah Negeri 3 Sleman. 2507(February), 1–9.
Dahlan, M. R. L. Q. & Qodriyah. (2018). Lingkungan pendidikan islami dan hubungannya dengan minat belajar PAI siswa SMA Negeri 10 Bogor. Junal Edukasi Islami, 5(2).
Dahlan, M. R., Zahratusholihah, S. & Nawawi, K. (2021). Problematika dan kepuasan siswa dalam menghadapi pembelajaran jarak jauh di sekolah menengah. SAP Susunan Artikel Pendidikan, 6(1).
Devica, Z. (2021). Opini masyarakat kabupaten bireuen terhadap program vaksinasi covid 19.
Dwiyan, A. (2021). Strategi komunikasi interpersonal antara guru dan murid paud (studi deskriptif komunikasi interpersonal antara guru dan murid paud tunas bahari dalam kegiatan belajar mengajar). Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952.
Helmanda, C. M. & Pratiwi, N. (2018). Peranan komunikasi keluarga dalam perspektif Islam. Jurnal Dakwah Tabligh, 19(1), 119–129. doi: 10.24252/jdt.v19i1.5952.
Isnaini, M., Kusuma, D. & Noviani, L. (2015). Pengaruh kompetensi dosen dan fasilitas belajar terhadap kepuasan mahasiswa pendidikan ekonomi FKIP UNS. BISE: Jurnal Pendidikan Bisnis dan Ekonomi, 1(2), 1–20.
Kusumawardhani, D. A. & Burhanuddin, B. (2020). Analisis kepuasan peserta didik terhadap layanan evaluasi hasil belajar online. Jurnal Administrasi dan Manajemen Pendidikan, 3(1), 90–101. doi: 10.17977/um027v3i12020p90.
Marwah, N. (2021). Etika komunikasi Islam.
Nofroin. (2016). Komunikasi pendidikan. Jakarta: Kencana.
Noviana, D., Rabbanie, M. D. & Nawawi, H. M. K. (2020). Kreativitas guru MI Nurul Hidayah dalam meningkatkan minat belajar siswa untuk membentuk siswa berprestasi. Jurnal Gentala Pendidikan Dasar, 5(1), 62–77.
Rat, D. P. I. D. G. (2019). Peran kepuasan belajar dalam mengukur mutu pembelajaran dan hasil belajar. Jurnal Penjaminan Mutu, 5(1), 22. doi: 10.25078/jpm.v5i1.756.
Utomo, Dinar & Harmiyanto, H. (2016). Hubungan keterampilan komunikasi interpersonal dan kepercayaan diri siswa kelas X SMAN 1 Garum Kabupaten Blitar. Jurnal Kajian Bimbingan dan Konseling. doi: 10.17977/um001v1i22016p055.
Wisma, Y. (2017). Komunikasi efektif dalam dunia pendidikan. Jurnal Nomosleca, 3(2). doi: 10.26905/nomosleca.v3i2.2039.
Zaman, B. (2019). Aplikasi pendekatan kontekstual pada proses pembelajaran rumpun pendidikan agama islam. Jurnal Studi Islam, 20(2), 133–142.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Komunika: Journal of Communication Science and Islamic Dakwah disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.