Upaya peningkatan literasi digital dalam program beasiswa cendekia Baznas (BCB) di kota Bogor

Authors

  • Hesti Yuniar Universitas Ibn Khaldun Bogor
  • Ikhwan Hamdani
  • Gunawan Ikhtiono

DOI:

https://doi.org/10.32832/komunika.v6i2.7722

Keywords:

Komunikasi persuasif, Literasi digital, BAZNAS, Beasiswa, Prestasi

Abstract

Increasing literacy is a nation's goal to prosper the community, but in fact the survey on the For International Student Assessment (PISA) program in 2019, Indonesia found that Indonesia was ranked 62 out of 70 countries with low literacy outcomes, or was in the bottom 10 countries. In this revolutionary era, understanding digital literacy is the basis for progress in thinking and behaving. This study uses a qualitative research approach, relating to social facts in society, data collection techniques through interviews and observations. Strengthening digital literacy is the focal point of the BAZNAS Cendekia Scholarship (BCB) to form the best zakat generation, has intellectual capacity and is ready for a career. The results of the research are coaching programs in the fields of leadership, Islam, independence, volunteerism, and self-development through Zoom Meetings, Youtube, and Instagram, involving the contributions of campus mentors and teams, showing success in the level of student productivity and achievement. There were 1,160 achievements from a total of 476 student participants in 101 Indonesian campuses that were reported, where the achievements included scientific writings,speakers,business plans,poetry competitions,design competitions,outstanding students on campus,science olympiads,videography,MTQ,book writers ,publishing books,debates,content creators and podcasts. This means that students are able to fulfill the components of interpretation, collaboration, intervention, problem solving and self-reflection.

Abstrak

Peningkatan literasi menjadi sebuah cita-cita bangsa untuk mensejahterakan masyarakat, namun faktanya survei pada program For International Student Assesment (PISA) pada 2019, Indonesia mendapati ranking ke 62 dari 70 negara dengan tingkat hasil literasi rendah, atau berada di 10 negara terbawah. Di era revolusi ini, pemahaman literasi digital menjadi dasar kemajuan berpikir dan berperilaku. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif, berkaitan dengan fakta sosial di masyarakat, teknik pengambilan data melalui wawancara dan observasi. Penguatan literasi digital menjadi poin fokus Beasiswa Cendekia BAZNAS (BCB) untuk membentuk generasi zakat yang unggul, memiliki kapasitas intelektual dan siap berkarir. Hasil penelitian yaitu dengan program pembinaan di bidang kepemimpinan, keislaman, kemandirian, kerelawanan,serta pengembangan diri melalui Zoom Meeting, Youtube, dan Instagram, melibatkan kontribusi para mentor kampus dan tim menunjukan adanya keberhasilan pada tingkat produktivitas dan prestasi mahasiswa. Terdapat sebanyak 1.160 prestasi dari total 476 peserta mahasiswa di 101 kampus Indonesia yang dilaporkan, di mana prestasi tersebut meliputi karya tulis ilmiah, pembicara, business plan, lomba puisi, lomba design, mahasiswa berprestasi di kampus, olimpiade sains, videografi, MTQ, penulis buku, menerbitkan buku, debat, content creator, serta podcast. Maka hal tersebut menjadikan para mahasiswa mampu memenuhi komponen interpretasi, berkolaborasi, intervensi, pemecahan masalah serta refleksi diri.

Author Biography

Hesti Yuniar, Universitas Ibn Khaldun Bogor

Komunikasi Penyiaran Islam - Fakultas Agama Islam

References

Anggraeni, H., Fauziyah, Y., & Fahyuni, E. F. (2019). Penguatan blended learning berbasis literasi digital dalam menghadapi era revolusi industri 4.0. Al-Idarah: Jurnal Kependidikan Islam, 9, 4.https://journal.iaimsinjai.ac.id/index.php/sentikjar/article/view/834

Azis, T. N. (2019). Strategi pembelajaran era digital. Annual Conference on Islamic and Social (ACIEDSS), 1, 1. http://pkm.uika-bogor.ac.id/index.php/ACIEDSS/article/view/512

Haqien, D., & Rahman, A. A. (2020, Agustus). Pemanfaatan zoom meeting untuk proses pembelajaran pada masa pandemi covid-19. SAP: Susunan Artikel Pendidikan, 5, 3. https://journal.lppmunindra.ac.id/index.php/SAP/article/view/6511/3217

Kurnia, N., & Astuti, S. I. (2017). Peta gerakan literasi digital di indonesia. Informasi Kajian Ilmu Komunikasi, 47, 150. https://journal.uny.ac.id/index.php/informasi/article/view/16079

Kusnandar, V. B. (2022). Indeks literasi digital indonesia masuk kategori sedang pada 2021. (A. Mutia, Editor). Katadata: https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2022/01/20/indeks-literasi-digital-indonesia-masuk-kategori-sedang-pada-2021

Manurung, M. M., & Rahmadi. (2017). Identifikasi faktor-faktor pembentukan karakter mahasiswa. Jurnal Analisis Sistem Pendidikan Tinggi, 1, 3. https://journal.fdi.or.id/index.php/jaspt/article/view/63/42

Mintasih, D. (2018). Mengembangkan literasi informasi pendidikan berbasis web dalam pembelajaran berbasis kehidupan. Elementary: Islamic Teacher Journal, 6, 271. https://journal.iainkudus.ac.id/index.php/elementary/article/view/4390

Ningrum, C. C., Fajriyah, K., & Budiman, M. A. (2019). Pembentukan karakter rasa ingin tahu melalui kegiatan literasi. Ivcej, 2, 4. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/IVCEJ/article/view/19436/11509

Novyanto, A. R. (2021). Komunikasi persuasif dalam pelaksaan kampung tangguh semeru di kelurahan gedongan mojokerto. Commercium, 4, 6. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/Commercium/article/view/40166

Oriza, M., & Hanita, M. (2022). Analisis pengembangan program beasiswa lembaga pengelola dana pendidikan (LPDP) dalam meningkatkan kualitas dan ketahanan sumber daya manusia guna menghadapi megatren abad ke-21. Syntax Literate: Jurnal Ilmiah Indonesia, 7, 4. https://jurnal.syntaxliterate.co.id/index.php/syntax-literate/article/view/7762/4788

Ramadhon, R., Jaenudin, R., & Fatimah, S. (2017). Pengaruh beasiswa terhadap motivasi belajar mahasiswa pendidikan ekonomi universitas sriwijaya. Jurnal Profit, 4, 205. https://ejournal.unsri.ac.id/index.php/jp/article/view/5598/3034

Rianto, P. (2019). Literasi digital dan etika media sosial di era post-truth. Interaksi: Jurnal Ilmu Komunikasi, 8, 28. https://ejournal.undip.ac.id/index.php/interaksi/article/view/26567

Rohma, N. M. (2020). Media sosial sebagai media alternatif manfaat dan pemuas kebutuhan informasi masa pandemik global covid-19. Al-I'am: Jurnal Komunikasi dan Penyiaran Islam, 4, 5. http://journal.ummat.ac.id/index.php/jail/article/view/2957/1899

Rosyid, Z., Mustajab, & Abdullah, A. R. (2019). Prestasi belajar. Literasi Nusantara.

Said, A. (2021). Indeks pembangunan manusia (IPM). Badan Pusat Statistik: https://www.bps.go.id/pressrelease/2021/11/15/1846/indeks-pembangunan-manusia--ipm--indonesia-tahun-2021.html

Saomah, A. (2017). Implikasi teori belajar terhadap pendidikan literasi. Jurnal Psikologi Pendidikan dan Bimbingan USU, 2. Http://File.Upi.Edu/direktori/fip/jur._psikologi_pend_dan_bimbingan

Saputra, N. H., & Salim. (2020). Potret sikap mahasiswa dalam penggunaan literasi digital. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 4, 96. https://journal.univetbantara.ac.id/index.php/komdik/article/view/667

Setyaningsih, R., Abdullah, Prihantoro, E., & Hustinawaty. (2019). Model penguatan literasi digital melalui pemanfaatan e-learning. Jurnal Aspikom, 3, 1212. https://jurnalaspikom.org/index.php/aspikom/article/view/333

Sudibyo, B. (2020). Berdaya dari ruang maya. (E. S. Distiana, Ed.) Pusat Kajian Strategis - Badan Amil Zakat Nasional (PUSKAS BAZNAS).

Sugiyono. (2019). Metode penelitian kuantitatif kualitatif dan r&d. Alphabet.

Supratman, L. P. (2018). Penggunaan media sosial oleh digital native. Jurnal Ilmu Komunikasi, 15, 8. file:///c:/users/user/downloads/joe,+jik+vol+15+no+1+2018-4.pdf

Syukri, I. F., Rizal, S. S., & Al Hamdani, D. M. (2019). Pengaruh kegiatan keagamaan terhadap kualitas pendidikan. Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 7, 18. https://riset-iaid.net/index.php/jppi/article/view/358

Weda, S. (2020). Mentorship. Pusat kajian strategis – Badan Amil Zakat Nasional (PUSKAS BAZNAS).

Zaenuri, A. (2017). Teknik komunikasi persuasif dalam pengajaran. Jaile: Journal of Lingustic and Islamic Education, 01, 7. http://ejournal.inkafa.ac.id/index.php/jalie-inkafa/article/view/83/59

Zain, L. N. (2017, Oktober). Strategi komunikasi persuasif dalam meningkatkan motivasi belajar siswa. Jurnal Nomoscleca, 3, 598. https://jurnal.unmer.ac.id/index.php/n/article/view/2034/1323

Downloads

Published

2022-12-27

How to Cite

Yuniar, H., Hamdani, I., & Ikhtiono, G. (2022). Upaya peningkatan literasi digital dalam program beasiswa cendekia Baznas (BCB) di kota Bogor. Komunika: Journal of Communication Science and Islamic Dakwah, 6(2), 47–60. https://doi.org/10.32832/komunika.v6i2.7722

Issue

Section

Artikel