Identifikasi agenda setting dalam produksi berita detik.com "PSSI luruskan tudingan Shin Tae-Yong soal tak booking lapangan”

Authors

  • Henggriyan Kestiyoyuni Al-Azhar Indonesia University

DOI:

https://doi.org/10.32832/komunika.v6i2.7973

Keywords:

Agenda setting, Online media, Sports journalism, Produksi, Berita

Abstract

The media and agenda setting have a close relationship, where the media highlight news areas that are considered important and then stimulate individuals to focus on that news compared to other news. The purpose of this study is to identify the agenda setting in the news production of detik.com "PSSI Luruskan Tudingan Shin Tae-yong soal Tak Booking Lapangan”. This study uses analytical techniques to see how the media create an agenda where there is news according to the framming, interests and roles of the media. News about PSSI and Shin Tae Yong's news about the field booking problem. This research uses agenda setting theory as the basis. Then this study uses descriptive nature to describe the problem and explanation of the research. and literature study to search the data. The research method used is qualitative with literature as a source of data. The results of the research show that the description in the production of the news includes the most prominent attribute in the public's mind, namely PSSI trying to straighten out the accusations made by Shin Tae-yong. In this case, PSSI chose detik.com which has greater traffic and credibility compared to similar online media. In turn, this second level substantive agenda setting, detik.com tries to attract the public's emotional and affective attitude towards PSSI's image.

Abstract

Media dan agenda setting memiliki hubungan erat, dimana media menyoroti area berita yang dianggap penting dan kemudian merangsang individu untuk memfokuskan berita tersebut dibandingkan dengan berita lainnya. Tujuan dalam penelitian ini dalah untuk mengidentifikasi agenda setting dalam produksi berita detik.com "PSSI Luruskan Tudingan Shin Tae-yong soal Tak Booking Lapangan”. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan sumber data studi pustaka. Penelitian ini menggunakan teknik analisis untuk melihat bagaimana media membuat agenda sertting terdapat pemberitaan sesuai framming, kepentingan dan peran media. Pemberitaan tentang pemberitaan PSSI dan Shin Tae Yong mengenai permasalahan pembooking lapangan. Peneltian ini menggunakan teori agenda setting sebagai landasannya. Kemudian peneltian ini menggunaka sifat deskriptif untuk mendeskripsikan masalah dan penjelasan pada penelitian dan studi pustaka untuk pencarian datanya. Hasil penelitian diketahui deskripsi dalam produksi bertia tersebut mencakup atribut yang paling menonjol di benak publik, yaitu PSSI berusaha meluruskan tudingan yang disampaikan oleh Shin Tae-yong. Dalam hal ini, PSSI memilih detik.com yang memiliki traffic dan kredibilitas yang lebih besar dibandingkan dengan media online serupa. Pada gilirannya, substantif agenda setting tingkat kedua ini, detik.com berusaha menarik emosional dan afektif publik terhadap citra PSSI.

References

Ardianto, E. (2017). Komunikasi massa. Simbiosa Rekatama Media.

Baskin, A. (2016. Jurnalistik televisi teori dan praktik. Sambiosa Rekatama Media.

Carroll, C. E., & McCombs, M. (2003). Agenda-setting effects of business news on the public's images and opinions about major corporations. Corporate reputation review, 6(1), 36-46.

Chaffee, S. H., & Metzger, M. J. (2001). The end of mass communication?. Mass communication & society, 4(4), 365-379.

D'Angelo, P., & Kuypers, J. A. (2016). Doing news framing analysis: Empirical and theoretical perspectives. London: Routledge.

Diaz, M. (2017). Kebijakan redaksional situs berita Detik.com pada jejaring media sosial twitter. Universitas Negeri Islam.

Elfi, Y. R. (2018). Teori agenda setting dalam komunikasi. Jurnal Komunikasi Simbolika, 4(1).

Felix, T. (2018). Agenda media surat kabar (analisis isi suratkabar ibukota). Jurnal Studi Ilmu Komunikasi, 7(3).

Fikri, A. K. S., Ana, H., & Sunnah, D. R. (2021). Konstruksi media online detik.com dan kompas.com terhadap vanuatu. 9(1).

Hapsari, I., & Wibowo, I. (2015). Fanatisme dan agresivitas suporter klub sepak bola. Jurnal Psikologi, 8(1)

Morrisan. (2018). Managemen media penyiaran: Strategi mengelola radio dan televisi. Kencana.

Muda, I. Jurnalistik televisi. PT. Citra Aditya Bhakti.

Muhammad, R. S., Maimon, H., & Justito, A. (2021). Framing media online detik.com terhadap pemberitaan korban pengeroyokan oleh bobotoh. 2(1).

Mulyana, D. (2016). Ilmu komunikasi suatu pengantar. Rosda.

Musniyah, A. M. R. A. (2020, Juni). Analisis framing pemberitaan pembangunan pojok dilan pada media pikiran-rakyat.com dan News.Detik.Com/Jawabarat. Common, 65-77.

Netty, D. K. (2017). Agenda setting function (studi kasus krisis ekonomi dan global. Jurnal Komunikasi, 9(1).

Nurudin. (2017). Pengantar komunikasi massa. PT. Raja Grafindo Persada.

Prasatya, R. (2022, May 28). PSSI luruskan tudingan shin tae-yong soal tak booking lapangan. detikcom. https://sport.detik.com/sepakbola/liga-indonesia/d-6099892/pssi-luruskan-tudingan-shin-tae-yong-soal-tak-booking-lapangan

Pratama, R. L. (2022, May 27). Shin Tae-yong sebut lapangan latihan timnas Indonesia belum di-booking, PSSI: Itu tidak benar. KOMPAS.Tv. https://www.kompas.tv/article/293222/shin-tae-yong-sebut-lapangan-latihan-timnas-indonesia-belum-di-booking-pssi-itu-tidak-benar

Romli, A. S. M. (2014). Jurnalistik online: Panduan mengelola media online. Nuansa Cendekia.

Sahrul, G. (2016). Peran media online detik.com di kalangan civitas akademika FDK UINAM). Makassar. UIN Makassar.

Sandra, A., & Saleh, A. (2018). Analisis berita pertanian koran kampus IPB dari perspektif agenda setting theory (kasus mahasiswa SKPM 2009 dan AGH 2008). Jurnal Komunikasi Pembangunan, 11(2).

Santoso, D. H., & Lestari, R. D. (2018). Penerapan etika jurnalistik dalam pemberitaan politik di media online (studi kasus pemilihan gubernur DKI Jakarta). Jurnal Pekommas, 203-212

Timotius, K. H. (2017). Pengantar metodologi penelitian: Pendekatan manajemen pengetahuan untuk perkembangan pengetahuan. Penerbit Andi.

Tri Agustina, I. Peran agenda setting media massa dalam kebijakan penetapan harga eceran tertinggi (het) beras oleh pemerintah. Jurnal Ilmu Komunikasi dan Politik, 7(2).

Wahl-Jorgensen, K., & Hanitzsch, T. (2009). The handbook of journalism studies. Routledge.

Wanta, W. (1997). The public and the national agenda: How people learn about important issues. Lawrence Erlbaum Associates.

Zed, M. (2004). Metode penelitian kepustakaan. Yayasan Obor Indonesia.

Downloads

Published

2022-12-27

How to Cite

Kestiyoyuni, H. (2022). Identifikasi agenda setting dalam produksi berita detik.com "PSSI luruskan tudingan Shin Tae-Yong soal tak booking lapangan”. Komunika: Journal of Communication Science and Islamic Dakwah, 6(2), 81–92. https://doi.org/10.32832/komunika.v6i2.7973

Issue

Section

Artikel