Determinasi Akses Kredit Formal UMKM Sektor Makanan Minuman Masa Pandemi

Authors

  • Renea Shinta Aminda Universitas Ibn Khaldun Bogor
  • Widhi Ariyo Bimo Universitas Ibn Khaldun Bogor
  • Asti Marlina Universitas Ibn Khaldun Bogor
  • Khalisah Surend Mahmud Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta
  • Tias Handayani Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.32832/moneter.v10i2.8543

Abstract

Pada penelitian ini memiliki tujuan untuk mengidentifikasi literasi keuangan dan pengaruhnya pada akses kredit formal, menganalisis serta mengkaji persyaratan kredit pada akses kredit formal dan melakukan kajian mendalam faktor akses kredit formal termasuk pengaruh dari literasi keuangan dan persyaratan kredit UMKM sektor makanan dan minuman. Dapat diketahui bahwa jumlah keseluruhan kelompok UMKM usaha kuliner sejumlah 1541 di kota bogor terdaftar di dinas UKM dan koperasi Kota Bogor yang terdata di web resmi UMKM Kota Bogor. Salah satu masalah utama yang sering dihadapi UMKM adalah terbatasnya aspek keuangan terhadap pengelolaan modal awal serta akses untuk modal kerja, pendanaan jangka panjang terhadap investasi yang dibutuhkan yang akan berdampak kepada pertumbuhan produktif jangka panjang. Pandemi COVID-19 memberikan masalah baru terhadap perkembangan kelompok UMKM usaha kuliner khususnya ketika pengajuan pembiayaan kelompok UMKM usaha kuliner kepada Lembaga Keuangan sehingga TKT dalam studi ini dalam bentuk melakukan eksplorasi dan tipologi orientasi pada klasifikasi pengaruh literasi keuangan UMKM sektor makanan dan minuman, menganalisis serta mengkaji faktor apa saja yang ada pada persyaratan kredit pada sektor makanan dan minuman, menganalisis dan mengkaji lebih dalam lagi akses kredit formal UMKM yang beroperasi di sektor makanan dan minuman selama masa pandemi.

References

Achwan, Tjahjono, H., dan Subjakto, T. (1993). Sistem Keuangan. Jakarta: Bank Indonesia.

Agustina, Z.D dan Widyawati, D. (2014). Pengaruh Rasio Keuangan Terhadap Return Saham Pada Perusahaan Food and Beverages. Jurnal Ilmu & Riset Akuntansi, Vol.3. (No.3).

Arikunto, Suharsimi. (2010). Prosedur penelitian: suatu pendekatan praktik. Jakarta (ID): Rineka Cipta.

Augusty, Ferdinand. (2006). Metode Penelitian Manajemen. Semarang: Badan. Penerbit Universitas Diponegoro.

Bank Indonesia. Profil Bisnis Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM). Diakses pada 2020 September 10. Tersedia pada https://www.bi.go.id/id/umkm/penelitian/nasional/kajian/Documents/Profil%20Bisnis%20UMKM.pdf.

Bungin B. (2003). Analisis Data Penelitian Kualitatif,Pemahaman Filosofis dan Metodologis ke Arah Penguasaan Model Aplikasi. Jakarta (ID): PT Grafindo Persada.

Ghozali, I. (2011). Aplikasi Analisis Multivariative Dengan Program IBM SPSS 19.Universitas Diponogoro: Semarang.

Ghozali, Imam. (2016). Aplikasi Analisis Multivariete Dengan Program IBM SPSS 23 (Edisi 8). Cetakan ke VIII. Semarang : Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Hubeis. Musa. (2009). Prospek Usaha Kecil dalam wadah Inkubator Bisnis, Ghalia Indonesia, Jakarta

Husni Syawali dan Neni Sri Imaniyati, (2000), Hukum Perlindungan Konsumen, Mandar Maju, Bandung

Indrawati, dkk. (2014). Analisis Faktor Fundamental dan Pengaruhnya Terhadap Harga Saham pada Perusahaan Sektor Pertanian yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2009-2013. e-Journal Bisma Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan Manajemen.Vol.2.

Iskandar. (2013). Metodologi Penelitian Pendidikan dan Sosial. Jakarta : Referensi

Jamison, D. T., et. al . (2018). Disease Control Priorities Improving Health and Reducing Poverty Volume 9. Washington, DC: the World Bank.

Jogiyanto, (2009). Sistem Informasi Manajemen. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Karsidi,Ravik. Sosiologi Pendidikan. Surakarta: LPP UNS. Mahfud, Choirul. (2006). Pendidikan Multikultural. Yongyakarta: Pustaka Pelajar. Majid, Abdul. 2007.

Kasmir. (2015). Analisis Laporan Keuangan. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada.

Julius R. Latumaerissa. (2014). Manajemen Bank Umum. Mitra Kencana Media.

Madhav, N. et. al. (2018). "Pandemic: Risks, Impacts and Mitigation” in Disease Control Priorities Improving Health and Reducing Poverty Volume 9, edited by Jamison, D. T., et. al. Washington, DC: the World Bank.

Matondang Z. (2009). Validitas dan reliabilitas suatu instrumen penelitian. Jurnal tabularasa pps unimed. Vol. 6(1): 87-97

Mckibbin, Warwick, and Roshen Fernando. "The Global Macroeconomic Impacts of COVID19: Seven Scenarios *.” CAMA Working Paper No.19/2020 (2020)

Muhadjir N. (1992). Metode Penelitian Kualitatif. Yogyakarta (ID): Rake Sarasin.

Muhamad. (2014). Manajemen Dana Bank Syariah. Jakarta: PT RAJAGRAFINDO PERSADA.

Notoatmodjo S. (2005). Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta (ID): Rineka Cipta.

Notoatmodjo S . (2015). Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta (ID): Rineka Cipta.

Pakpahan, A. K. (2020). COVID-19 dan Implikasi Bagi Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah. 20

Perhimpunan Dokter Spesialis Kardiovaskular Indonesia 2020. Pedoman Pemantauan QTc pada Pasien Covid-19.

Santoso, Yusuf Imam. "Menghitung dampak Covid-19 terhadap dunia usaha hingga UMKM.” Kontan.co.id. Diakses 15 September 2020. https://nasional.kontan.co.id/news/menghitung-dampak-Covid-19-terhadap-dunia-usaha-hingga-umkm?page=all.

Silalahi U. (2012). Metode Penelitian Sosial. Bandung (ID): Reflika Aditama.

Streiner DL. (Achwan, 1993)(2003). Starting at the beginning: an introduction to coefficient alpha and internal consistency. Journal of Personality Assessment, Vol. 80 (1): 99-10

Downloads

Published

2022-10-31

How to Cite

Aminda, R. S., Bimo, W. A., Marlina, A., Mahmud, K. S., & Handayani, T. (2022). Determinasi Akses Kredit Formal UMKM Sektor Makanan Minuman Masa Pandemi. Moneter : Jurnal Keuangan Dan Perbankan, 10(2), 52–61. https://doi.org/10.32832/moneter.v10i2.8543

Issue

Section

Artikel