PENGARUH KEPERCAYAAN MEREK DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN
DOI:
https://doi.org/10.32832/manager.v3i2.3849Keywords:
Brand Trust, Product Quality, Customer Loyalty.Abstract
Penelitian ini akan membahas seberapa besar pengaruh kepercayaan merek dan kualitas produk terhadap loyalitas pelanggan pada merek kerudung Rabbani wilayah Bogor. Penelitian ini menggunakan data primer yang diperoleh dari kuesioner dan sampel dalam penelitian ini adalah 100 responden. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, mendapatkan kesimpulan hasil bahwa kedua variabel bebas (X1X2) mempengaruhi terhadap variabel terikat Y secara simultan.diperoleh koefisien korelasi (r) antara kepercayaan merek dan kualitas produk terhadap loyalitas pelanggan sebesar 0,638, hasil ini menunjukan bahwa terdapat pengaruh yang kuat dan positif antara variabel Kepercayaan merek (X1) dan vriabel Kualitas produk (X2) terhadap variabel Loyalitas pelanggan (Y). Hal ini menunjukan bahwa terdapat pengaruh positif antara nilai r 0,638 dengan R² 40,8%. Analisis menggunakan uji F, menunjukan F hitung 33,367 > F tabel 3,09 sehingga Ha diterima dan itu berarti bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara kepercayaan merek dan kualitas produk terhadap loyalitas pelanggan pada merek kerudung Rabbani wilayah Bogor.References
Assauri, S. (2015). Manajemen Pemasaran: Dasar, Konsep & Strategi. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.
Citranuari, S. J. (2015). Pengaruh kepercayaan merek, kesadaran merek dan persepsi kualitas terhadap keputusan pembelian ulang (studi pada konsumen produk kecantikan Ponds di Universitas Negeri Yogyakarta). Skripsi.
Dewi, W. S., Hasiholan, L. B., & Minarsih, M. M. (2016). Pengaruh Kualitas Produk, Kepercayaan terhadap Keputusan Pembelian dengan Kepuasan Konsumen sebagai Variabel Intervening. Studi kasus pada Susu Bebelac di Giant Hypermarket Karangayu Semarang. Journal of Management, 2(2). Diambil dari http://jurnal.unpand.ac.id/index.php/MS/article/view/505
Eldine, A. (2016). Pengaruh Saluran Distribusi Terhadap Volume Penjualan Batu Split Pada PB.Royal Canggih Bogor. INOVATOR,1(1). https://doi.org/10.32832/inovator.v1i1.165
Fauzan, M. R., Sutomo, M., Mubaraq, R., & Ozan, R. (2015). Pengaruh Kepercayaan Merek, Periklanan, dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Produk Minuman Isotonik Mizone di Kota Palu. volume 1(1), 8
Firdaus, A. (2012). Metode Penelitian. Tangerang: Jelajah Nusa.
Ginting, N. F. H. (2015). Manajemen Pemasaran. Bandung: Yrama Widya.
Hartati, N. (2017). Statistika Untuk Analisis Data Penelitian. Bandung: CV Pustaka Setia.
Hidayatika. (2015). Pengaruh kualitas produk dan brand awareness terhadap keputusan pembelian produk Rabbani di toko Asya Darussalam Semarang. Skripsi
Hurruyati, R. (2015). Bauran Pemasaran dan Loyalitas Konsumen. Alfabeta.
Kotler, P., & Kevin Lane, K. (2008). Manajemen Pemasaran (13. Jilid 1). Jakarta: Erlangga.
Manap, A. (2016). Revolusi Manajemen Pemasaran. Jakarta: Mitra Wacana Media.
Muharram, H. F. (2016). Pengaruh kualitas produk dan persepsi konsumen terhadap kepuasan konsumen pada PT. Tiens Cabang Bogor (studi kasus produk teh hijau tiens di kota Bogor). Skripsi
Rahmat, D., Muniroh, L., & Sume, S. A. (2013). Pengaruh Penetapan Harga Terhadap Volume Penjualan Pada CV. Yoshiko Bogor (Studi Kasus Sepatu Hak Tinggi Kode HM.04). INOVATOR, 2(1). https://doi.org/10.32832/inovator.v2i1.669
Sari, S. N. (2016). Pengaruh citra merek dan kualitas produk terhadap kepuasan pelanggan (studi kasus kosmetik wardah pada toko Citra kosmetik Ciawi). Skripsi
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian: Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2017). Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta Bandung.
Sujarweni, W. (2014). Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Pustakabarupress.
Sunyoto, D. (2014). Dasar-dasar Manajemen Pemasaran: Konsep, Strategi, dan Kasus. Yogyakarta: Center of Academic Publishing Service (CAPS).
Wijayanti, T. (2017). Marketing Plan Dalam Bisnis (3 ed.). Jakarta: PT Elex Media Komputindo.