PENGARUH CITRA MEREK DAN HARGA TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN
DOI:
https://doi.org/10.32832/manager.v3i3.3890Keywords:
Citra Merek, Harga, Loyalitas PelangganAbstract
Tujuan Penelitian untuk mengetahui Pengaruh Citra Merek dan Harga terhadap Loyalitas pelanggan bedak Marcks pada PT. KIMIA FARMA Tbk. Penelitian ini memperoleh data dengan penyebaran kuesioner, jumlah sampel yang diambil 100 pelanggan. Metode analisis data yang dilakukan dalam penelitian inI adalah Uji validitas, Reabilitas, Deskriftif, Asumsi klasik, Regresi berganda, Uji t, Uji f, Korelasi, Koefisisen Determinasi, dengan menggunakan aplikasi komputer SPSS 18. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dari Citra Merek dan Harga terhadap Loyalitas Pelanggan berdasarkan tabel hasil analisis regresi berganda diatas diperoleh persamaan regresi sebagai berikut Y = 6,931 + 0,988X1 + 0,338X2 Dari persamaan tersebut dapat terlihat bahwa keseluruhan variabel bebas (Citra Merek dan Harga) berpengaruh positif terhadap Loyalitas Pelanggan. Berdasarkan persamaan dapat diketahui bahwa variabel bebas yang berpengaruh adalah Harga dengan koefisien 0,338(ketika nilai Citra merek (X1)=0), Sedangkan variabel yang berpengaruh paling tinggi yaitu Citra Merek dengan nilai koefisien 0,988 ketika nilai Harga(X2)=0). Selanjutnya dari hasil Uji Hipotesis pada taraf kesalahan 5% adalah Fhitung 59,215>F tabel 3,09 sehingga dapat disimpulkan bahwa H3 diterima yang berarti terdapat pengaruh Citra MerekX1 dan Harga X2 secara simultan terhadap Loyalitas Pelanggan Y.References
Amanah, D. (2012). Pengaruh Harga dan Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian di Swalayan Indomaret Karya Jaya Medan. Jurnal Manajemen Bisnis, 1, 52–71. https://doi.org/10.17605/OSF.IO/S6HFB
Herdiana, N. (2015). Manajemen Strategi pemasaran (1 ed.). Bandung: CV Pustaka Setia.
Huriyati, R. (2015). Bauran Pemasaran Dan Loyalitas Konsumen (5 ed.). Bandung: Alfabeta
Rahmat, D., Muniroh, L., & Sume, S. A. (2013). Pengaruh penetapan harga terhadap volume penjualan pada cv yoshiko bogor (studi kasus sepatu hak tinggi kode hm. 04). INOVATOR, 2(1), 5. https://doi.org/10.32832/inovator.v2i1.669
Sudaryono. (2016). Manajemen Pemasaran Teori dan implementasi. Yogyakarta: CV Andi Offset.
Sugiarto dan Sitinjak, D. (2004). Strategi Menaklukkan Pasar Melalui Riset Ekuitas dan Perilaku Merek. Jakarta: PT.Gramedia Pustaka.
Sugiyono, D. (2012). Metode Penelitian Bisnis. Bandung: Alfabeta.
Tjiptono, F. (2015). Brand Management & Strategy (1 ed.). Yogyakarta: CV.Andi Offset.