PENGARUH HARGA, ULASAN, DAN TAMPILAN PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SECARA ONLINE
DOI:
https://doi.org/10.32832/manager.v3i3.3909Keywords:
Harga, Ulasan Produk, Tampilan Produk, Keputusan Pembelian.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh harga, ulasan produk dan tampilan produk terhadap keputusan pembelian secara online (Studi kasus pada produk casing custom Rendevous Industries di Tokopedia). Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dan teknik pengumpulan data survei dengan penyebaran kuesioner online. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 96 responden yang diambil dengan teknik sampling purposive. Metode analisis data menggunakan analisis regresi linier berganda disertai uji F (simultan) dan uji t (parsial), koefisien determinasi dan uji hipotesis dengan menggunakan aplikasi komputer SPSS 24.0. Hasil pengujian menunjukan bahwa harga, ulasan dan tampilan produk berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian secara online pada produk casing custom Rendevous Industries di Tokopedia. Faktor yang sangat berpengaruh terhadap keputusan pembelian secara online pada produk casing custom Rendevous Industries di Tokopedia adalah harga.References
Alma, B. (2011). Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung: Alfabeta.
Alma, B. (2014). Manajemen Pemasaran Dan Pemasaran Jasa. Bandung: Alfabeta.
Databoks. (2018). Tokopedia Tetap Memimpin Jumlah Pengunjung e-Commerce TW III 2018 | Databoks. Diambil 13 Agustus 2019, website: https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2018/10/22/tokopedia-tetap-memimpin-jumlah-pengunjung-e-commerce-tw-iii-2018
Fauziah, U. U., Eldine, A., & Sume, S. A. (2019). Sales Promotion Dan Harga Terhadap Volume Penjualan. Jurnal Ilmu Manajemen, 2(1), 16.
Idris, M. 2017. Tokopedia Raup Rp 1 Triliun Tiap Bulan. Diambil 13 Agustus 2019, dari Detikinet website: https://inet.detik.com/business/d-3585265/tokopedia-raup-rp-1-triliun-tiap-bulan
Internetworldstats.com. (2019). Internet Top 20 Countries”Internet Users 2019. Diambil 13 Agustus 2019, dari https://www.internetworldstats.com/top20.htm
Kotler, P., & Amstrong, G. (2012). Prinsip-Prinsip Pemasaran (13 ed.). Jakarta: Erlangga.
Kotler, P., & Amstrong, G. (2015). Principle of Marketing (15 ed.). London: Pearson Education.
Lackermair, G., Kailer, D., & Kanmaz, K. (2013). Importance of Online Product Reviews from a Consumer's Perspective. Advances in Economics and Business, 1(1), 5.
Presidenri.go.id. (2016, Mei). Membuka dan Mengembangkan Potensi E-Commerce di Indonesia | Presiden Republik Indonesia. Diambil 16 Januari 2019, dari http://presidenri.go.id/berita-aktual/membuka-dan-mengembangkan-potensi-e-commerce-di-indonesia.html
Pudjihardjo, M. C., & Wijaya, H. (2015). Analisa Pengaruh Kepercayaan, Kemudahan, Kualitas Informasi, Dan Tampilan Produk Terhadap Keputusan Pembelian Melalui Pemasaran Di Media Sosial (Studi Pada Pengguna Media Sosial Di Shapeharve). 16.
Setiaji, P. (2013). Sistem Pendukung Keputusan Dengan Metode Simple Additive Weighting. Simetris : Jurnal Teknik Mesin, Elektro dan Ilmu Komputer, 1(1), 59. https://doi.org/10.24176/simet.v1i1.117
Shanthi, R., & Kannaiah, D. (2015). Consumers' Perception on Online Shopping. International Peer-reviewed Journal, 13. Diambil dari http://researchonline.jcu.edu.au/39753/1/Dr.%20Desti% 20Consumers%20perception%20on%20Online%20Shop ping.pdf
Sinha, J., & Kim, J. (2012). Factors affecting Indian consumers' online buying behavior. Innovative Marketing, 8(2), 13.
Sudarsono, B. (2017). Goldmerchant Sebagai Alat Promosi Dalam Meningkatkan Penjualan Produk Studi Kasus: Member Tokopedia. 2, 10.
Sudaryono. (2016). Manajemen Pemasaran, Teori Dan Implementasi (1 ed.). Yogyakarta: ANDI.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sunyoto, D. (2014). Konsep dasar riset pemasaran dan perilaku konsumen. Yogyakarta: CAPS.