PENGARUH GAYA HIDUP DAN KELOMPOK REFERENSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SMARTPHONE
DOI:
https://doi.org/10.32832/manager.v4i1.4350Keywords:
Gaya Hidup, Kelompok Referensi, Keputusan Pembelian.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gaya hidup dan kelompok referensi terhadap
keputusan pembelian smartphone xiaomi di Kota Bogor. Jenis penelitian ini menggunakan
pendekatan Kuantitatif. Pengambilan sampel menggunakan Teknik Slovin, dengan jumlah
sampel sebanyak 100 responden. Metode pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan
metode kuisioner. Tehnik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tehnik
analisis linier berganda. Penelitian ini menggunakan alat Uji SPSS. Hasil Penelitian
menunjukan bahwa secara parsial Gaya Hidup berpengaruh signifikan terhadap keputusan
pembelian. Hal tersebut di buktikan dengan di perolehnya nilai thitung lebih besar jika
dibandingkan nilai ttable (5,028 > 1,984) dengan tingkat signifikan 0,05. Kelompok Referensi
tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. Hal tersebut dapat dibuktikan
dengan di perolehnya nilai thitung lebih besar jika dibandingkan ttable (0,808 > 1,984) dengan
tingkat signifikan 0,05. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang
signifikan antara Gaya Hidup dan Kelompok Referensi terhadap Keputusan Pembelian
References
Sujarweni, Wiranta. (2019). Metode Penelitian (Bisnis & Ekonomi). PUSTAKABARUPRESS
Noor, J. (2014). Analisis Data Penelitian (Ekonomi & Manajemen). PT Grasindo.
Sujarweni, Wiranta. (2015). Metodologi Penelitian (Lengkap, Praktis, Dan Mudah Dipahami). PUSTAKABARUPRESS.