PENGARUH GAYA HIDUP DAN KELOMPOK REFERENSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SMARTPHONE

Authors

  • Paqih Baihaqi Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Ibn Khaldun Bogor, Indonesia
  • Ecin Kuraesin Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Ibn Khaldun Bogor, Indonesia
  • Leny Muniroh Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Ibn Khaldun Bogor, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.32832/manager.v4i1.4350

Keywords:

Gaya Hidup, Kelompok Referensi, Keputusan Pembelian.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gaya hidup dan kelompok referensi terhadap
keputusan pembelian smartphone xiaomi di Kota Bogor. Jenis penelitian ini menggunakan
pendekatan Kuantitatif. Pengambilan sampel menggunakan Teknik Slovin, dengan jumlah
sampel sebanyak 100 responden. Metode pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan
metode kuisioner. Tehnik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tehnik
analisis linier berganda. Penelitian ini menggunakan alat Uji SPSS. Hasil Penelitian
menunjukan bahwa secara parsial Gaya Hidup berpengaruh signifikan terhadap keputusan
pembelian. Hal tersebut di buktikan dengan di perolehnya nilai thitung lebih besar jika
dibandingkan nilai ttable (5,028 > 1,984) dengan tingkat signifikan 0,05. Kelompok Referensi
tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. Hal tersebut dapat dibuktikan
dengan di perolehnya nilai thitung lebih besar jika dibandingkan ttable (0,808 > 1,984) dengan
tingkat signifikan 0,05. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang
signifikan antara Gaya Hidup dan Kelompok Referensi terhadap Keputusan Pembelian

References

Sujarweni, Wiranta. (2019). Metode Penelitian (Bisnis & Ekonomi). PUSTAKABARUPRESS

Noor, J. (2014). Analisis Data Penelitian (Ekonomi & Manajemen). PT Grasindo.

Sujarweni, Wiranta. (2015). Metodologi Penelitian (Lengkap, Praktis, Dan Mudah Dipahami). PUSTAKABARUPRESS.

Downloads

Published

2021-02-24

How to Cite

Baihaqi, P., Kuraesin, E., & Muniroh, L. (2021). PENGARUH GAYA HIDUP DAN KELOMPOK REFERENSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SMARTPHONE. Manager : Jurnal Ilmu Manajemen, 4(1), 76–83. https://doi.org/10.32832/manager.v4i1.4350

Issue

Section

Articles