PENGARUH HARGA DAN DIGITAL MARKETING TERHADAP KEUNGGULAN BERSAING
DOI:
https://doi.org/10.32832/manager.v4i1.4354Keywords:
Harga, Digital Marketing, Keunggulan Bersaing.Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh harga dan digital marketing terhadap
keunggulan bersaing pada UMKM tas Desa Bojong Rangkas Kabupaten Bogor. Penelitian
ini dilaksanakan dengan metode survei menggunakan data primer yang di dapat dari
hasil penyebaran kuisioner kepada 40 para pemilik UMKM tas Desa Bojong Rangkas
Kabupaten Bogor. Prosedur penarikan sampel menggunakan convenience simple random
sampling. Hasil analisis penelitian menggunakan SPSS versi 22 dengan hasil analisis sebagai
berikut Y = 6,678 + 0,401X1 + 0,432X2 , yang artinya variabel X1 sebesar 0,401dan variabel
X2 sebesar 0,432. Ini menunjukan bahwa harga dan digital marketing berpengaruh positif dan
signifikan terhadap keunggulan bersaing. Didukung dengan koefisien determinasi sebesar
0,249. Nilai Fhitung > Ftabel (6,131 > 3,24) Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan
yang signifikan antara variabel harga dan digital marketing secara simultan terhadap
keunggulan bersaing pada UMKM tas Desa Bojong Rangkas Kabupaten Bogor.
References
Firmansyah, M. A., Mahardhika, B. W., & Susanti, A. (2019). Pengaruh Strategi Diferensiasi Dan Hargaterhadap Keunggulan Bersaing Elzatta Royal Plaza Surabaya. Balance: Economic, Business, Management and Accounting Journal, 16 (2). https://doi.org/10.30651/blc.v16i2.3138 Putra, M. M., Indriastuti, H., & Sampeliling, A. (2020). Pengaruh Inovasi Produk, Kualitas Produk dan Harga Terhadap Keunggulan Bersaing Rumah Makan Geprek Express di Kota Samarinda. Jurnal Ilmu Manajemen Mulawarman (JIMM), 4(3). Swastuti, E. (2020). Menejemen Inovasi Strategis Danadopsi Digital Marketing Upaya Membangun Keunggulan Bersaing dan Kinerja Bisnis Ikm Tenun Troso Kabupaten Jepara. Fokus Ekonomi: Jurnal Ilmiah Ekonomi, 15(1), 127-143.
Taan, H. (2017). Pengaruh Inovasi Produk dan Harga Terhadap Keunggulan Bersaing Usaha Karawo di Kota Gorontalo. 11.
UMKM Kabupaten Bogor. (2019). https://umkm.bogorkab.go.id/
Wardhana, A. (2015). Strategi Digital Marketing dan Implikasinya pada Keunggulan Bersaing UKM di Indonesia. 12.