PENGARUH LINGKUNGAN KERJA DAN MOTIVASI KERJA TERHADAP KEPUASAN KERJA KARYAWAN PT. FEDERAL INTERNATIONAL FINANCE CABANG BOGOR
DOI:
https://doi.org/10.32832/manager.v4i3.5906Keywords:
Lingkungan Kerja, Motivasi Kerja, Kepuasan Kerja.Abstract
Penelitian ini bertujuan untukmengetahui/pengaruh/Lingkungan/Kerja dengan/Kepuasan/Kerja karyawan di PT. Federal International Finance, untuk mengetahui pengaruh/Motivasi Kerja dengan/Kepuasan/Kerja/di PT.Federal International Finance cabang Bogor , serta untuk mengetahui Lingkungan Kerja terhadap Kepuasan Kerja melalui motivasi kerja karyawan di PT. Federal International Finance cabang Bogor. Penelitian ini dilakukan/di PT. Federal International Finance cabang Bogor, yang menjadi/responden adalah karyawan PT. Federal International Finance cabang Bogor yang berstatus karyawan tetap dan tidak tetap sebanyak 80 orang dari total populasi sebanyak 100 orang yang dipilih secara acak. Hasil penelitian berdasarkan analisis jalur menggunakan SPSS Statistic versi 21. Antara ketertarikan pengaruh lingkungan kerja dan motivasi kerja terhadap kepuasan kerja karyawan sebesar 0,121 hasil ini memperlihatkan bahwa adanya pengaruh positif antara pengaruh lingkungan kerja terhadap kepuasan kerja melalui motivasi kerja. Berdasarkan kriteria pengambilan keputusan hipotesis maka nilai/F-hitung 28,487 > F-tabel 3,12 yang berarti Ho3/ditolak dan/Ha3 diterima. Hal ini mengindikasikan bahwa terdapat pengaruh antara variabel lingkungan kerja terhadap kepuasan kerja melalui variabel motivasi kerja pada PT Federal International Finance Cabang Bogor.References
Gujarati.(2003).MetodePenelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta
Hasibuan, Malayu S.P, (2011). Manajemen Sumber Daya Manusia.Jakarta: PTBumi Askara.
Hasibuan, Malayu S.P. (2003). Organisasi dan Motivasi PT.Raja Grafindo Persada jakarta.
Muhidin A. dan M. Abdurahman. (2007). Analisis korelasi, regresi, dan jalur dalam penelitian CV.Pustaka Setia, Bandung
Nuraini, T. (2013). Sumber Daya Manusia. Yayasan Aini Syam, Pekanbaru
Rachmatullaily, dan Sri Merdekawati, D. (2016) Analisis Motivasi Kerja dan Sikap Tenaga Tata Usaha Pada Kepuasan Pelayanan Pelanggan (Studi Kasus di Fakultas Ekonomi Universitas Ibn khaldun) Manager Jurnal Ilmu Manajemen, 2,51.
Robbins, Stephen P. 2003. Perilaku Organisasi Jilid 1 dan 2. Indeks Kelompok , Jakarta
Sujarweni, V. (2014). Metodologi Penelitian. Yogyakarta: PT. Pustaka Baru Press.
Wibowo. (2010). Manajemen Kinerja Edisi Ketiga. PT. Raja Grafindo Prasada, Jakarta.