PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DENGAN HARGA SEBAGAI VARIABEL MODERASI
DOI:
https://doi.org/10.32832/manager.v5i2.7156Keywords:
purchasing decisions, product quality, promotion, price.Abstract
Abstract
The food business has promising and timeless prospects. One of the food products that has gone viral lately is Mie Gacoan. In doing business, business actors must be able to create new innovations to attract buyers to make purchasing decisions. This article has a purpose, namely to analyze the relationship between the influence of how good the quality is on the product and how doing a promotion can affect the buyer's decision with the price used as a moderating variable. Quantitative will be used in this case by collecting data with simple random sampling, then linear regression in the SPSS application is used for analysis. From the analysis carried out, the results obtained that describe the simultaneous variables contained in product quality, product promotion and of course on prices that affect buyer decisions. Partially, the variables of product quality and product quality moderated by price have a significant effect, while promotions, prices and promotions moderated by price have no influence on purchasing decisions.
Abstrak
Bisnis makanan memiliki prospek yang menjanjikan dan tidak lekang oleh waktu. Salah satu produk makanan yang viral belakangan ini adalah Mie Gacoan. Dalam berbisnis pelaku usaha harus dapat menciptakan inovasi baru agar menarik pembeli untuk melakukan keputusan pembelian. Artikel ini memiliki tujuan yaitu untuk menganalisis keterkaitan pengaruh dari seberapa bagus kualitas pada produk serta bagaimana melakukan sebuah promosi dapat berpengaruh terhadap keputusan pembeli dengan harga yang digunakan sebagai variabel moderasi. Kuantitatif akan digunakan dalam hal ini dengan data pengumpul dengan simple random sampling yang selanjutnya regresi linier pada aplikasi SPSS digunakan untuk analsisi. Dari analisis yang dilakukan didapatkan hasil yang menggambarkan simultan variabel yang terdapat pada kualitas produk, promosi produk dan tentunya pada harga yang berpengaruh pada keputusan pembeli. Secara parsial variabel kualitas produk dan kualitas produk yang dimoderasi oleh harga berpengaruh signifikan, sedangkan promosi, harga dan promosi yang dimoderasi oleh harga tidak memiliki hubungan pengaruh pada keputusan dalam pembelian.
References
Assauri, S. (2015). Manajemen Pemasaran. PT. Raja Grafindo Persada.
Erlangga, H., Nurjaya, N., Sunarsi, D., Mas'adi, M., & Jasmani, J. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Sepeda Motor Honda Di PT Panca Sakti Perkasa Di Bintaro. Jurnal Ilmiah PERKUSI, 1(4), 464. https://doi.org/10.32493/j.perkusi.v1i4.13383
Foster, B. (2016). The Impact of Brand Image on Purchasing Decision on Mineral Water Product Amidis. Journal of Humanities and Social Sciences, 2(11).
Kotler, P., & Armstrong, G. (2015). Marketing an Introducing Prentice Hall (12th ed.). Pearson Education, Inc.
Prawiro, E. A. (2018). Pengaruh Kualitas Promosi terhadap Keputusan Pembelian VnVleathergoods. Jurnal Manajemen Dan Start-Up Bisnis, 3(5).
Rivaldo, Y., & Yusman, E. (2021). Pengaruh Physical Evidence , Promosi Dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian Sanford Pada. Jurnal As-Said. LP2M. Institut Agama Islam Abdaullah Said Batam, 1(1), 13. http://e-journal.institutabdullahsaid.ac.id/index.php/AS-SAID/article/view/7.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. CV. Alfabeta.
Tjiptono, F. (2015). Strategi Pemasaran (4th ed.). Andi Offset.
Assauri, S. (2015). Manajemen Pemasaran. PT. Raja Grafindo Persada.
Erlangga, H., Nurjaya, N., Sunarsi, D., Mas'adi, M., & Jasmani, J. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Sepeda Motor Honda Di PT Panca Sakti Perkasa Di Bintaro. Jurnal Ilmiah PERKUSI, 1(4), 464. https://doi.org/10.32493/j.perkusi.v1i4.13383
Foster, B. (2016). The Impact of Brand Image on Purchasing Decision on Mineral Water Product Amidis. Journal of Humanities and Social Sciences, 2(11).
Kotler, P., & Armstrong, G. (2015). Marketing an Introducing Prentice Hall (12th ed.). Pearson Education, Inc.
Prawiro, E. A. (2018). Pengaruh Kualitas Promosi terhadap Keputusan Pembelian VnVleathergoods. Jurnal Manajemen Dan Start-Up Bisnis, 3(5).
Rivaldo, Y., & Yusman, E. (2021). Pengaruh Physical Evidence , Promosi Dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian Sanford Pada. Jurnal As-Said. LP2M. Institut Agama Islam Abdaullah Said Batam, 1(1), 13. http://e-journal.institutabdullahsaid.ac.id/index.php/AS-SAID/article/view/7.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. CV. Alfabeta.
Tjiptono, F. (2015). Strategi Pemasaran (4th ed.). Andi Offset.