PENGARUH MOTIVASI DAN SIKAP KARYAWAN TATA USAHA TERHADAP KEPUASAN SISWA
DOI:
https://doi.org/10.32832/manager.v5i2.7352Keywords:
motivasi, Sikap karyawan dan kepuasanAbstract
Abstract
After comparing the performance (results) of the evaluated product or service to the expected performance (results), satisfaction is a feeling of joy or disappointment experienced by a person, The consumer is unhappy if performance falls short of expectations. If, on the other hand, the performance satisfies the client's expectations, the customer is satisfied. The customer is exceedingly delighted or happy if the performance exceeds expectations.
Within a school, administrative workers have crucial obligations and responsibilities in supporting customer service activities, Administrative staff that are capable of providing excellent service will aid in the seamless operation of services, allowing them to deliver the high-quality services that clients expect. The following are the goals of this study: 1) Determine the impact of motivation on student satisfaction at SMAIT At-Taufiq Bogor. 2) To see if administrative employee attitudes have an impact on student satisfaction at SMAIT At-Taufiq Bogor. 3) To investigate the impact of administrative workers' motivation and attitude on student satisfaction at SMAIT At-Taufiq Bogor. Data analysis technique using multiple linear regression. The results of the study: (1) The results of the t test, partially there is a positive and significant influence between motivation (X1) on student satisfaction (Y). (2) The results of the t test, partially there is a positive and significant effect between the attitude of administrative employees (X2) on student satisfaction (Y). (3) The results of the F test, simultaneously there is a positive and significant effect between motivation (X1) and the attitude of administrative employees (X2) on student satisfaction (Y).
Abstrak
Kepuasan adalah perasaan senang atau kecewa yang dialami seseorang setelah membandingkan antara kinerja (hasil) produk atau jasa yang dievaluasi terhadap (hasil) kinerja yang diharapkan, jika kinerja berada di bawah harapan maka pelanggan merasa tidak puas, sebaliknya jika kinerja memenuhi harapan, pelanggan puas. Jika kinerja melebihi harapan, pelanggan amat puas atau senang.
Karyawan tata usaha didalam suatu sekolah memiliki tugas dan tanggung jawab penting dalam menunjang aktivitas layanan terhadap pelanggan, karyawan tata usaha yang mampu memberikan pelayanan yang baik akan menunjang kelancaran pelayanan sehingga dapat menciptakan layanan yang produktif yang diharapkan pelanggan. Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah : (1) Untuk mengetahui pengaruh motivasi terhadap kepuasan siswa di SMAIT At-Taufiq Bogor. (2) Untuk mengetahui pengaruh sikap karyawan tata usaha terhadap kepuasan siswa di SMAIT At-Taufiq Bogor. (3) Untuk mengetahui pengaruh motivasi dan sikap karyawan tata usaha terhadap kepuasan siswa di SMAIT At-Taufiq Bogor. Teknik analisis data menggunakan regresi linier berganda. Hasil penelitian : (1) Hasil uji t, secara parsial terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara motivasi (X1) terhadap kepuasan siswa (Y). (2) Hasil uji t, secara parsial terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara sikap karyawan tata usaha (X2) terhadap kepuasan siswa (Y). (3) Hasil uji F, secara simultan terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara motivasi (X1) dan sikap karyawan tata usaha (X2) terhadap kepuasan siswa (Y).
References
Donni, Junni Priansa. 2017. Perilaku Konsumen dalam Bisnis Kontemporer. Bandung: Alfabeta
Ghozali, Imam. 2016. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS. Edisi Keempat, Universitas Diponegoro. Semarang.
Sopiatin, Popi. 2010. Manajemen Belajar Berbasis Kepuasan Siswa. Bogor: Ghalia Indonesia.
Siagian, Sondang P. 2016. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Bumi Aksara.
Sugiyono, 2016. Statistika Untuk Penelitian, Bandung: Alfabeta.
Rondonuwu. 2017. Kualitas Produk, Harga dan Kualitas Layanan Pengaruhnya Terhadap Kepuasan Konsumen Pengguna Mobil Nissan March Pada PT. Wahana Wirawan Manado. Jurnal EMBA,Vol. 1, No. 4, Desember 2013, hal 718-728.
Wibowo. 2016. Manajemen Kinerja. Edisi Kelima. Depok: PT. Raja Grafindo Persada.