PENGARUH MOTIVASI DAN DISIPLIN TERHADAP PRESTASI KERJA
DOI:
https://doi.org/10.32832/manager.v5i2.7358Keywords:
Motivasi, Disiplin, Prestasi KerjaAbstract
Abstract
In an organization, performance is something that needs to be considered in organizational effectiveness. Several factors that influence employee performance include motivation and work discipline. The formulation of the problem in this study is whether motivation and work discipline together affect teacher achievement at SMPN 6 DEPOK. The data used in this study is primary data. The population in this study were 50 teachers at SMPN 6 Depok. The data analysis method used is validity test, reliability test, classical assumption test, multiple linear regression analysis test (t test and F test). The results of this study are as follows: There is a positive and significant influence between motivation on teacher achievement at SMPN 6 Depok. There is a positive and significant effect of work discipline on the work performance of teachers at SMPN 6 Depok. The results of the analysis of the F test obtained the value of Fcount of 0.000 <0.05 fcount 33,189> ftable value of 3.20. with a probability of 0.00 < 0.05, it means that motivation and work discipline together have a significant effect on teacher work performance at SMPN 6 Depok. The result of R Square is 0.585 or 58.5%, which means the rest (41.5%) is influenced by other factors in this discussion. And the results of this study are motivation and discipline have a positive and significant effect on teacher work performance.
Abstrak
Di dalam suatu organisasi kinerja merupakan hal yang perlu diperhatikan didalam keefektifan organisasi. Beberapa faktor yang memengaruhi prestasi pegawai diantaranya motivasi dan disiplin kerja. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah motivasi dan disiplin kerja secara bersamasama berpengaruh terhadap prestasi guru di SMPN 6 DEPOK. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer. Populasi dalam penelitian ini adalah guru di SMPN 6 Depok sejumlah 50 guru. Metode Analisa data yang digunakan adalah uji validitas, uji realibilitas, uji asumsi klasik, uji analisis regresi linear berganda (uji t dan uji F). Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut: Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara motivasi terhadap prestasi guru di SMPN 6 Depok. Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan disiplin kerja terhadap prestasi kerja guru di SMPN 6 Depok. Hasil analisis uji F diperoleh nilai Fhitung sebesar sebesar 0.000 < 0,05 fhitung 33,189 > nilai ftabel 3,20. dengan probabilitas sebesar 0,00 < 0,05 berarti motivasi dan disiplin kerja secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap prestasi kerja guru di SMPN 6 Depok. Hasil R Square didapatkan sebesar 0.585 atau 58,5% yang berarti sisanya (41,5%) yang dipengaruhi oleh faktor lain pembahasan ini. Dan hasil dari penelitian ini adalah Motivasi dan Disiplin berpengaruh positif dan signifikan terhadap Prestasi Kerja guru.
References
Abadi, F., & Mavi, F. T. D. (2017). Pengaruh Motivasi dan Kedisiplinan Kerja terhadap Prestasi Kerja Karyawan PT Bank Rakyat Indonesia Cabang Fatmawati.
Harlie, M. (2012). Pengaruh Disiplin Kerja, Motivasi dan Pengembangan Karier terhadap Kinerja Pegawai Negeri Sipil pada Pemerintah Kabupaten Tabalong di Tanjung Kalimantan Selatan. Jurnal Aplikasi Manajemen, 10(4), 860–867.
Hasibuan, M. S., & Hasibuan, H. M. S. (2016). Manajemen sumber daya manusia. Bumi Aksara.
Helmi, A. F. (1996). Disiplin kerja. Buletin Psikologi, 4(2), 32–41.
Mustofa, A. (2013). Uji Hipotesis Statistik. Gapura Publishing. com.
Pattynama, J. V., Kojo, C., & Rep, A. L. (2016). Pengaruh Motivasi Kerja, Disiplin Kerja, Dan Kepemimpinan Terhadap Prestasi Kerja Pegawai Di Badan Perpustakaan Provinsi Sulawesi Utara. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 4(1).
Sugiyono, S. (2010). Metode penelitian kuantitatif dan kualitatif dan R&D. Alfabeta Bandung.
Sujarweni, V. W. (2015). Metodologi penelitian bisnis dan ekonomi.