ANALISIS EFEKTIVITAS IKLAN CIRENG ISTANA MELALUI INSTAGRAM SEBAGAI MEDIA PROMOSI

Authors

  • Dewi Megawati Fakultas Ekonomi dan Bisnis Ibn Khadun Bogor
  • Hannisa Rahmaniar Hasnin Fakultas Ekonomi dan Bisnis Ibn Khadun Bogor

DOI:

https://doi.org/10.32832/manager.v5i2.7359

Keywords:

EPIC Model, Instagram, Iklan, Cireng Istana

Abstract

Abstract

 

Technological developments in the current era of globalization make it easier for everyone to get information. Business actors can use technology to do marketing with promotions and advertisements on social media. One of the social media that is currently developing and widely used by the public so that it can be used for promotion is Instagram. Instagram is an application that can share photos and videos taken by its users and can apply digital filters to be shared back to other social networks or stored in their own Instagram. Cireng palace is a snack or snack made from aci base ingredients with various flavor variants inside. Initially, his business only relied on a network of friends, which then currently uses social media Instagram. The purpose of this study is to determine whether Instagram social media is effective or not and plays an important role in the marketing of cireng palace. The method that will be used when collecting data is through surveys and questionnaires with an assessment of several questions on the EPIC model variables using a Likert scale with a scale range of one to five. The results of the analysis of this study indicate that the Cireng Istana social media Instagram is an effective promotional tool, this can be seen from the empathy, persuasion, impact and communication values obtained. The average value on the EPIC Rate is 3.68, with the highest value of the 4 dimensions of EPIC being the persuation and communication dimensions, with the same value being 3.73. This means that the overall promotion carried out by Cireng Istana through social media Instagram has been effective

 

Abstrak 

            Perkembangan teknologi di era globalisasi saat ini mempermudah setiap orang untuk mendapatkan informasi. Pelaku usaha dapat memanfaatkan teknologi untuk melakukan pemasaran dengan promosi dan iklan di media social. Salah satu media social yang saat ini berkembang dan banyak digunakan oleh masyarakat sehingga dapat dimanfaatkan untuk melakukan promosi adalah Instagram. Instagram adalah aplikasi yang dapat berbagi foto dan video yang diambil oleh penggunanya serta dapat menerapkan filter digital untuk dibagikan kembali ke jejaring social lain atau di simpan dalam insatgram milik sendiri. Cireng istana merupakan camilan atau makanan ringan yang dibuat dari bahan dasar aci dengan berbagai varian rasa isi didalamnya. Awal usahanya hanya mengandalkan jejaring pertemanan yang kemudian saat ini memanfaatkan media social instagranm. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah media social Instagram efektif atau tidak dan berperan penting dalam pemasaran cireng istana. Metode yang akan digunakan saat pengumpulan data melalui survey dan kuesioner dengan penilaian beberapa pertanyaan peubah EPIC model dengan menggunakan skala likert dengan rentang skala yang digunakan satu sampai lima. Hasil analisa dari penelitian ini bahwa media social Instagram Cireng Istana merupakan alat promosi yang efektif, hal ini terlihat dari nilai empathy, persuation, impact dan communication yang diperoleh. Nilai rata-rata pada EPIC Rate adalah 3,68, dengan nilai tertinggi dari 4 dimensi EPIC adalah dimensi persuation dan communication dengan mendapatkan nilai yang sama yaitu sebesar 3,73. Hal ini berarti secara keseluruhan promosi yang dilakukan oleh Cireng Istana melalui social media Instagram sudah efektif.

References

Durianto, Darmadi. (2003). Invasi Pasar Dengan Iklan Yang Efektf. Jakarta: Erlangga

Kottler, P. dan Keller, K. L. (2009). Manajemen Pemasaran Edisi Ketiga Belas. Jakarta: Erlangga

Nasrullah, Rulli. (2015). Media Sosial; Persfektif Komunikasi, Budaya, dan Sosioteknologi. Bandung : Simbiosa Rekatama Media.

Tjiptono, Fandy dan Anastasia Diana. (2000). Prinsip dan Dinamika Pemasaran. Yogyakarta: JJ. Learning.

Umar, H. (2003). Metode Riset Periklanan Wisatawan Jasa. Jakarata: Ghalia Indonesia

Syahreza, M. Fachri , Irwan Syari Tanjung. (2018). Motif Dan Pola Penggunaan Media Sosial Instagram Di Kalangan Mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi Unimed. Jurnal Interaksi, 2(1), 61-84

https://andi.link/hootsuite-we-are-social-indonesian-digital-report-2021/

Downloads

Published

2022-06-03

How to Cite

Megawati, D., & Hasnin, H. R. (2022). ANALISIS EFEKTIVITAS IKLAN CIRENG ISTANA MELALUI INSTAGRAM SEBAGAI MEDIA PROMOSI. Manager : Jurnal Ilmu Manajemen, 5(2), 232–239. https://doi.org/10.32832/manager.v5i2.7359

Issue

Section

Articles