ANALISIS KESESUAIAN PERILAKU SEGMEN PASAR SASARAN DENGAN HASIL INOVASI PRODUK TEMPE
DOI:
https://doi.org/10.32832/manager.v5i3.7650Keywords:
Perilaku Konsumen, Segmentasi Pasar, Inovasi ProdukAbstract
Seiring berkembangnya teknologi dan variasi makanan. Tempe mulai sedikit tergeser dengan makanan cepat saji. Sehingga, jika dibiarkan tempe akan mengalami penurunan jumlah konsumen. Inovasi produk perlu dilakukan agar eksistensi tempe dapat berkembang dan bertahan. Penelitian ini bertujuan untuk melakukan studi analisis kesesuaian perilaku segmen pasar sasaran dengan hasil inovasi produk tempe. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan cara pengumpulan data berupa observasi dan wawancara. Metode analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis deskriptif, dimana teknik secara deskriptif digunakan untuk menjelaskan secara mendetail tentang perilaku segmen pasar sasaran dan inovasi produk tempe rasa yang menjadi objek utama dalam penelitian ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa inovasi produk tempe memiliki kesesuaian dengan perilaku segmen pasar yang dibidik, yakni kalangan orang yang sudah bekerja, rumah tangga muda, ibu karier, dan mahasiswa. Dikarenakan perilaku dari segmen konsumen ini rata-rata mereka memiliki keterbatasan waktu dalam hal memasak, dimana kebutuhan mereka adalah mencari bahan masakan yang ketika memasak tidak perlu repot untuk bikin bumbu masakan. Sehingga modifikasi produk tempe ini akan memudahkan konsumen dalam memasak tempe yang enak tanpa perlu membikin bumbuDownloads
Published
2022-08-15
How to Cite
Permatasari, R. W., & Supriyadi, S. (2022). ANALISIS KESESUAIAN PERILAKU SEGMEN PASAR SASARAN DENGAN HASIL INOVASI PRODUK TEMPE. Manager : Jurnal Ilmu Manajemen, 5(3), 372–383. https://doi.org/10.32832/manager.v5i3.7650
Issue
Section
Articles