PENGARUH KEWAJARAN HARGA, DESAIN PRODUK DAN STRATEGI PROMOSI TERHADAP NIAT MEMBELI HONDA PCX
DOI:
https://doi.org/10.32832/manager.v5i3.7957Keywords:
Kewajaran harga, Desain produk, Strategi promosi, Niat membeliAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis pengaruh kewajaran harga, desain produk, dan strategi promosi niat membeli sepeda motor Honda PCX. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik pengambilan sampel secara acak atau random sampling. Objek penelitian ini adalah para responden yang berniat membeli sepeda motor Honda PC sebanyak 200 responden. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah Structural Equation Model (SEM) dengan alat analisis Smart-PLS. Hasil penelitian menunjukan kewajaran harga berpengaruh positif dan signifikan terhadap niat membeli konsumen. Desain Produk tidak berpengaruh signifikan terhadap niat Membeli konsumen. Strategi Promosi berpengaruh positif dan signifikan terhadap Niat Membeli konsumen.
References
Anisa, F. P dan Ketut, N. (2018). Peran Citra Merek Dalam Memediasi Daya Tarik Iklan Terhadap Niat Beli Honda PCX 150, E-Jurnal Manajemen UNUD Vol 7, No.7.
Amryyanti, R., Gede S., Ketut, N. C. (2013) Pengaruh Kualitas Layanan, Produk, Dan Kewajaran Harga TerhadapKepuasan Dan Loyalitas Pelanggan Pada Lnc Skin Care Singaraja. E-Jurnal Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana, Vol. 02, No. 01, pp. 22-29.
Armstrong, & Kotler. (2016). Principle Of Marketing. 15th edition. New Jersey: Pearson Prentice.
Buchari Alma. (2014) Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Edisi Revisi. CV. Alfabeta, Bandung.
Chin, W. W., Henseler, I. (2010). Handbook of Partial Least Square : Concepts Methods and Application Germany : Springer.
Elmayensis dan Nazwirman. (2017). Pengaruh Citra Merek dan Kewajaran Harga Terhadap Minat Mahasiswa Mendaftar di Universitas Yarsi Jakarta. Journal of Economics and Business Aseanomics (JEBA) Volume 2 No. 1, January - June 2017.
Fatmasari, F., & Kuswibowo, C. (2020). Strategi Product Placement Pada Kanal Youtube. In Prosiding Seminar Nasional Manajemen Industri dan Rantai Pasok (Vol. 1, No. 1, pp. 238-244).
Fatihudin, D dan Mochklas, M. (2017). Analysis of Factors Affecting Consumer Decisions Buy Motorcycle (Study on City of Surabaya Indonesia). International Journal Of Innovative Research & Development. Vol 6, Issue 6.
Ferdinand, A. (2014). Metode Penelitian Manajemen, Semarang: Universitas Diponogoro.
Fransiska, P. A dan Seminari, N. K. (2018). Peran Citra Merek Dalam Memediasi Pengaruh Daya Tarik Iklan Terhadap Niat Beli Honda PCX 150. E-Jurnal Manajemen Unud, Vol. 7, No. 7.
Ghozali, Imam. (2014). Structural Equation Modeling, Metode Alternatif dengan Partial Least Square (PLS). (Edisi ke 4). Semarang:Universitas Diponegoro.
Jaelani, A.M. (2018). Pengaruh Atribut Produk, Promosi dan Kesadaran Merek Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Honda PCX. JEM Jurnal Ekonomi dan Manajemen. Vol.4, No.2.
Juliansyah Noor. (2014) Metodologi Penelitian: Skripsi, Tesis, Disertasi, dan Karya Ilmiah. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Kuswibowo, C., & Murti, A. K. (2021). Analisis Pengaruh Brand Image, Promotion, Dan Electronic Word of Mouth Terhadap Minat Beli Pada Aplikasi Online Shop. Jurnal Manajemen Industri dan Logistik, 5(1), 53-61.
Kotler & Keller, (2018). Marketing Management, Thirteenth Edition. 13th Edition, by Pearson Education Inc.
Monica, E. (2018). Pengaruh Harga, Lokasi, Kualitas Bangunan dan Promosi Terhadap Minat Beli Perumahan Taman Safira Bondowoso. International Journal of Social Science and Business. Volume 2, Number 3, Tahun 2018, pp. 141-149.
Mufreni, A. N. F. (2016). Pengaruh Desain Produk, Bentuk Kemasan dan bahan bentuk kemasan Terhadap Minat Beli Konsumen (Studi kasus teh hijau serbuk tocha). Jurnal Ekonomi Manajemen Volume 2 Nomor 2 (November 2016) 48-54.
Purnomo, H. (2015). Analisis Pengaruh Citra Merek Produk Asli, Persepsian Nilai, Kualitas Produk, dan Kewajaran Harga Pada Niat Beli Produk Bajakan. Fokus Manajerial 2015 – Vol. 13 No. 1 Hal. 15-26.
Rachman, F. Ginting, R. dan Amir, H. (2015). Pengaruh Stimulus Produk, Harga dan Promosi Terhadap Minat Beli Produk Baru Jenis Fashion Yang Dipasarkan di Forum Jual Beli. Jurnal Politeknik Negeri Jakarta. Vol: 12, No: 1.
Ruswanti, E., Herlambang, B., & Januarko, M. U. (2016). The effect of brand, design, and price on intention to purchase mediated by quality perception at sport shoes X. Journal Economic Business and Accountancy, Vol: 19, No: 2.
Santini, F. O., Sampaio, C. H., Perin, M. G. & Viera, V.A. (2015). An analysis of the influence of discount sales promotion in consumer buying intent and the moderating effects of attractiveness. Revista de Administracao. Vol 50, Issue 4.
Santoso, P. H. (2018). Pengaruh Harga, Citra Merek dan Kredibilitas Perusahaan terhadap Niat Membeli Konsumen Pada Produk Kawasaki di Kota Yogyakarta. Journal of Economic, Business and Accounting (COSTING) Volume 1 Nomor 2.
Satria, A. A. (2017). Pengaruh Harga, Promosi, Dan Kualitas Produk Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Perusahaan A-36. Jurnal Manajemen dan Start- Up Bisnis Volume 2, Nomor 1.
Setiyaningrum, Ari., Jusuf Udaya, dan Efendi. (2015) Prinsip-prinsip Pemasaran. CV Andi Offset: Yogyakarta.
Solomon, Michael. R. (2015). Consumer Behavior: Buying, Having and Being, 11th Edition, New Jersey: Prentice-Hall.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Bisnis, Edisi 17. Bandung: Alfabeta.
Sulaiman, A. (2018). Pengaruh Budaya, Kelas Sosial dan Gaya Hidup terhadap Keputusan Pembelian Motor Yamaha R15 pada Mahasiswa UIN di Raden Fatah Palembang, Diploma Thesis.
Suraputra, I. M. W dan Suardana, I. B. K. (2019). Persepsi Kualitas Sebagai Mediator antara Merek, Desain, Harga dan Niat Beli Sepeda Motor. Jurnal UNDIKNAS. Vol. 16 No. 1, 2019.
Susanto, A. (2019). Pengaruh Merek, Desain Produk, dan Lokasi terhadap Minat Beli Konsumen pada Persebaya Store Gresik. Jurnal Riset Entrepreneurship, Vol : 2, No. 2, Hal. 62-67.