PERAN INOVASI PRODUK DAN PEMASARAN BISNIS KULINER MELALUI MEDIA SOSIAL INSTAGRAM DALAM MENINGKATKAN PENJUALAN PADA UMKM KOPI KELUARGA
DOI:
https://doi.org/10.32832/manager.v5i3.8079Keywords:
Inovasi Produk, Pemasaran, Media Sosial Instagram, PenjualanAbstract
Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran inovasi produk dan pemasaran bisnis kuliner melalui media sosial Instagram sebagai upaya dalam meningkatkan penjualan pada UMKM Kopi Keluarga. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode kualitatif. Data kualitatif diolah menggunakan analisis deskriptif yaitu dengan menggunakan literatur atau studi pustaka yang terfokus untuk menjelaskan hasil penelitian dengan indikator yang diperoleh oleh peneliti. Penelitian ini menggunakan teknik wawancara secara mendalam (in-depth interview), observasi dan dokumentasi pada akun Instagram @pikel.ko. Hasil penelitian menunjukkan inovasi produk yang dihasilkan oleh UMKM Kopi Keluarga yang berperan dalam meningkatkan penjualan yaitu melalui fitur atau varian produk desain dan rancangan produk, dan kualitas produk. Sedangkan kegiatan pemasaran bisnis kuliner melalui media sosial Instagram sebagai upaya dalam meningkatkan penjualan dengan memanfaatkan fiturfitur di Instagram seperti unggahan foto atau video menarik, caption, Instagram stories dan hashtags. Adapun hasil hipotesis menunjukkan Ho3 ditolak dan Ha3 diterima yaitu inovasi produk dan pemasaran bisnis kuliner melalui media sosial Instagram bersama sama berpengaruh signifikan terhadap peningakatan penjualan pada UMKM Kopi Keluarga.References
Ade, D., Diem1, R., & Yulianti2, W.
(2020). Pemanfaatan Instagram
Sebagai Media Komunikasi
Pemasaran Dalam
Meningkatkan Penjualan (Studi
Kasus pada Akun Instagram
@Kaosdisablon di CV. Purwa
Satya). Jurnal Teknologika, 10(2),
–20.
ologika.V10I2.77
Akbar, A. (2021). Factors
Influencing the Usage of
Instagram for Business and its
Effect on Financial Performance
and Non-Financial
Performance. Journal of
Digitovation and Information
System, 1(1), 43–55.
S.2021100004
Alkhowaiter, W. (2016). The Power of
Instagram in Building Small
Businesses.
https://doi.org/10.1007/978-3-
-45234-0_6
Anwar, iful, & Satrio, B. (2015).
Pengaruh Harga Dan Kualitas
Produk Terhadap Keputusan
Pembelian | Jurnal Ilmu dan Riset
Manajemen (JIRM). Volume 4, 3.
http://jurnalmahasiswa.stiesia.
ac.id/index.php/jirm/article/v
iew/3146
Bisnis, J. M., Pelanggan, K.,
Pelayanan, K., Produk, V.,
Kualitas, D., Indriana, P., &
Resti, M. (2021). Kepuasan
Pelanggan, Kualitas Pelayanan,
Varian Produk, dan Kualitas
Produk. Jurnal Manajemen
Bisnis, 18(2), 170–181.
V18I2.2849
Dwi Yanuar, N., & Harti, H. (2020).
Pengaruh Inovasi Produk Dan
Orientasi Pasar Terhadap
Kinerja Penjualan Pada Home
Industri Olahan Ikan Di
Kabupaten Trenggalek |
Yanuar | Jurnal Manajemen
Pemasaran. Jurnal Manajemen
Pemasaran,Vol.14,N.http://203.
121.7/~puslit2_ejournal/ej
ournal/index.php/mar/article
/view/22893/20172
Ferina, N., Agung, A., Sri, G., &
Professor, D. (2019).
Opportunities and Challenges
of Instagram Algorithm in
Improving Competitive
Advantage. International Journal
of Innovative Science and Research
Technology, 4(1).
www.ijisrt.com743
Gustiana Masda, P. (n.d.). Pengaruh
Inovasi Produk dan Harga
Terhadap Keputusan Pembelian
Galamai Di Kota Payakumbuh.
Haryanto, R. A., Promosi, S.,
Produk, K., Ekonomi, F., Bisnis,
D., Manajemen, J., Sam, U., &
Manado, R. (2013). Strategi
Promosi, Kualitas Produk,
Kualitas Layanan Terhadap