PENERAPAN KEWIRAUSAHAAN SOSIAL DAN STRATEGI PEMASARAN TERHADAP DAYA SAING (STUDI KASUS PADA USAHA ROTI CV. GALUH SARI)

Authors

  • Muhammad Syuhud Ilhami Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Ibn Khaldun Bogor
  • Syahrum Agung Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Ibn Khaldun Bogor
  • Muhamad Azis Firdaus Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Ibn Khaldun Bogor
  • Sigit Purwanto Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Ibn Khaldun Bogor

DOI:

https://doi.org/10.32832/manager.v5i4.8461

Keywords:

Kewirausahaan Sosial, Strategi Pemasaran, Daya Saing.

Abstract

Abstract

This study aimed to examine the application of social entrepreneurship and marketing strategies to the competitiveness of the CV bakery business. Galuh Sari. The research method used is a qualitative method. The data collection technique used in this study was in-depth interviews with informants, and then the results were compared with several previous researchers as supporting variables in this study. The results showed that social entrepreneurship has been applied to CV. Galuh Sari by holding entrepreneurship training. The marketing strategy has been applied to CV. Galuh Sari by doing marketing through social media and has innovated in its bakery products. Thus, the hypothesis is H3 is accepted. So, it can be concluded that social entrepreneurship and marketing strategies affect the competitiveness of CV. Galuh Sari.

Keywords: Social Entrepreneurship, Marketing Strategy, Competitiveness.

Abstrak

Penelitian ini ditujukan untuk meneliti penerapan kewirausahaan sosial dan strategi pemasaran terhadap daya saing pada usaha roti CV. Galuh Sari. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dengan wawancara mendalam dengan informan yang kemudian hasilnya dibandingkan dengan beberapa peneliti terdahulu sebagai pendukung variabel dalam penelitian ini. Hasil penelitian menunjukan bahwa kewirausahaan sosial telah diterapkan pada CV. Galuh Sari dengan mengadakan pelatihan kewirausahaan. Strategi pemasaran telah diterapkan pada CV. Galuh Sari dengan melakukan pemasaran melalui media sosial dan telah berinovasi pada produk rotinya. Dengan demikian hipotesisnya adalah H3 diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa kewirausahaan sosial dan strategi pemasaran berpengaruh terhadap daya daing pada CV. Galuh Sari.

References

Daftar Pustaka

Abu-Saifan, S. (2012). Social Entrepreneurship: Definition and Boundaries. Technology Innovation Management Review, 2(2), 22–27. https://doi.org/10.22215/timreview523

Anshori, M., & Iswati, S. (2017). Metodologi Penelitian Kuantitatif. Airlangga University Press.

Bestari. (2003). Dasar-dasar Pemasaran (Pertama). Unit Penerbitan Fakultas Ekonomi (UPFE).

BPS. (2021). Tingkat Pengangguran Terbuka Kabupaten/Kota (Persen), 2019-2021. https://jabar.bps.go.id/indicator/6/73/1/tingkat-pengangguran-terbuka-kabupaten-kota.html

Cukier, W., Trenholm, S., Carl, D., & Gekas, G. (2011). Social Entrepreneurship: A Content Analysis. Journal of Strategic Innovation and Sustainability, 7(1), 101.

Dinas Koperasi Dan Usaha Kecil. (2021). Jumlah Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Berdasarkan Kabupaten/Kota dan Kategori Usaha. Open Data Jabar. https://opendata.jabarprov.go.id/id/dataset/jumlah-usaha-mikro-kecil-menengah-umkm-berdasarkan-kabupatenkota-dan-kategori-usaha-di-jawa-barat

Eugene Porter, M. (2008). The Five Competitive Forces That Shape Strategy. HARVARD BUSINESS REVIEW, Special Issue on HBS Centennial. https://hbr.org/2008/01/the-five-competitive-forces-that-shape-strategy

Hakim, L. (2018). PEMAHAMAN MAHASISWA TENTANG KONSEP SOCIAL ENTREPRENEURSHIP (Studi di Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) KSEI Filantropi IAIN Metro). Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Metro.

Handayani, R. (2020). Metodologi penelitian sosial. TrussMedia Grafika.

Haq, A. D. (2015). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Daya Saing Usaha Kecil dan Menengah (UKM) di Kabupaten Bantul.

Hussain, S., Khattak, J., Rizwan, A., & Latif, M. A. (2013). ANSOFF Matrix, Environment, and Growth- An Interactive Triangle. Management and Administrative Sciences Review, 2(2).

Kementrian Koperasi dan UKM Republik Indonesia. (2019). Data UMKM. KEMENKOPUKM. https://kemenkopukm.go.id/data-umkm/?keyword=

kotler, P., & Amstrong, G. (2014). Principle of marketing (15th ed.). Pearson Prentice Hall.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2007). Manajemen Pemasaran: Analisis, Perencanaan, Implementasi dan Pengendalian. Prentice-Hall Salemba Empat.

Mariana, H. (2022). Pentingnya Peran dan Kontribusi UMKM dalam Pemulihan Ekonomi Indonesia. Kompas. https://money.kompas.com/read/2022/02/04/070800426/pentingnya-peran-dan-kontribusi-umkm-dalam-pemulihan-ekonomi-indonesia?page=all#:~:text=Data Kementerian Koperasi dan UKM,senilai Rp 8%2C6 triliun

Mullins, jhon W., & walker jr, orville C. (2013). Marketing management: A srategic Decision-Making Approach (8th ed.). McGraw-Hill International Edition.

Palesangi, M. (2012). Pemuda Indonesia Dan Kewirausahaan Sosial. Jurnal Masyarakat Dan Budaya, 1(2), 1–6. http://www.journal.unipdu.ac.id/index.php/seminas/article/view/198

Pearce II, J. A., & Richard B.Robinson, J. (2008). Manajemen Strategis_Formulasi, Implementasi dan Pengendalian. Salemba Empat.

Primantoro, A. (2005). Supporting Organization Mission Through Social Entrepreneurship: General Trends on Indonesian Social Entrepreneurship. Paper.

Purwanto, I. (2008). Manajemen Strategi. CV. Yrama Widya.

Rahmawati, S., Kartika, L., Syamsun, M., & Sayekti, A. (2016). Strategi Peningkatan Daya Saing UKM Sektor Sapi Perah di Indonesia. Jurnal Aplikasi Manajemen, 14(4), 735–746. https://doi.org/10.18202/jam23026332.14.4.14

Rezkia, S. M. (2021). 4 jenis metode analisis data beserta tahapannya dalam melakukan penelitian. Dqlab.Id. https://www.dqlab.id/4-jenis-metode-analisis-data-beserta-tahapannya-dalam-melakukan-penelitian#:~:text=Metode analisis data merupakan bagian,datanya yaitu kualitatif dan kuantitatif.

Riduwan. (2010). Skala pengukuran variabel-variabel penelitian. Alfabeta.

Rintan Saragih. (2017). A MEMBANGUN USAHA KREATIF ,. Jurnal Kewiraushaan.

Sanjaya, S. (2009). Analisa Efektifitas Strategi. IAIN Raden Intan Lampung.

Saragih, R. (2017). MEMBANGUN USAHA KREATIF, INOVATIF DAN BERMANFAAT MELALUI PENERAPAN KEWIRAUSAHAAN SOSIAL. STIE LMII MEDAN, Vol 3 No 2.

Sofjan, A. (2015). Manajemen Pemasaran. Rajawali Pers.

Sujarweni. (2015). Metodologi penelitian bisnis & ekonomi (1st ed.). Pustaka Baru Press.

Suyatna, H., & Nurhasanah, Y. (2018). Sociopreneurship Sebagai Tren Karir Anak Muda. Jurnal Studi Pemuda, 6(1), 527. https://doi.org/10.22146/studipemudaugm.38011

Tulus Tambunan. (2012). Usaha Mikro Kecil dan Menengah di Indonesia: Isu-isu Penting. LP3ES.

Umar, A., Sasongko, A. H., Aguzman, G., & Sugiharto. (2016). STRATEGI PENGEMBANGAN BISNIS PADA BISNIS PARIWISATA. Jurnal Ekonomi, 7 Nomor 2.

W. Zimmerer, T., & M Scarborough, N. (2005). Essentials of Entrepreneurship and Small Business Management (Fourth Edi). Prentice-Hall.

Wardhani, R. S., & Agustina, Y. (2014). analisis faktor-faktor yang memengaruhi daya saing pada sentra industri makanan khas bangka di kota pangkal pinang. Jurnal.Unej.Ac.Id. https://jurnal.unej.ac.id/index.php/JAUJ/article/download/1252/1014/

Wulandari, Polla, J. R., & Novita. (2016). Analisis Peningkatan Daya Saing Ekspor UMKM Cenderamata di Jakarta. Jurnal Ekonomi, 7 Nomor 1.

Zainurossalamia, S. (2020). Manajemen Pemasaran Teori dan strategi (1st ed.). Forum Pemuda Aswaja.

Published

2022-10-01

How to Cite

Ilhami, M. S., Agung, S., Firdaus, M. A., & Purwanto, S. (2022). PENERAPAN KEWIRAUSAHAAN SOSIAL DAN STRATEGI PEMASARAN TERHADAP DAYA SAING (STUDI KASUS PADA USAHA ROTI CV. GALUH SARI). Manager : Jurnal Ilmu Manajemen, 5(4), 619–629. https://doi.org/10.32832/manager.v5i4.8461