SEBUAH STUDI EMPIRIK KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN SKIN CARE MS. GLOW DI MASA PANDEMI COVID 19
DOI:
https://doi.org/10.32832/manager.v5i5.8702Keywords:
Iklan, Endorser, Harga, Kualitas Pelayanan, Keputusan PembelianAbstract
Abstract
This study aims to determine and analyze the effect of advertising, endorser, price and service quality on purchasing decisions. The research design used in this research is descriptive research with a quantitative approach. The study was conducted on consumers of MS Glow Jember with a total sample of 135 respondents who were taken by purposive sampling. Data were collected using a questionnaire and data analysis with multiple linear regression with SPSS. The results showed that advertising, endorser, price and service quality had a significant effect on purchasing decisions for MS Glow Jember. This proves if the hypothesis is accepted and proven statistically. This means that every time there is an increase in the aspects of advertising, endorser, price and quality of service, it will also be followed by an increase in purchasing decisions by giving an influence of 47.9% on the y variable. While the 52.1% side is influenced by other variables not observed in this study
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh iklan, endorser, harga dan kualitas pelayanan terhadap keputusan pembelian. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Penelitian dilakukan pada konsumen MS Glow Jember dengan jumlah sampel sebesar 135 responden yang diambil dengan purposive sampling. Data dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner dan analsisi data dengan regresi linier berganda dengan SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa iklan, endorser, harga dan kualitas pelayanan berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian MS Glow Jember. Halini membuktikan jika hipotesis diterima dan terbukti secara statistic. aArtinya setiap terjadi penbingkatan pada aspek iklan, endorser, harga dan kualitas pelayanan maka akan diikuti pula dengan peningkatan terhadap keputusan pembelian dengan memberikan pengaruh sebesar 47.9% terhadap variabel y. Sementara sisinya sebesar 52.1% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diamati dalam peneltiian ini
Keywords: Iklan, endorser, harga, kualitas pelayanan dan keputusan pembelian
References
Algifari. 2016. Mengukur Kualitas Layanan. Cetakan ke 1. Yogyakarta: BPFE
Annis dan Nurcahya, 2014. pengaruh celebrity endorser, brand image, dan kepercayaan konsumen terhadap keputusan pembelian. Jurnal Ekonomi dan Bisnis. 1 (2): h: 1522-1534
Buchari Alma, 2011, Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa,. Alfabeta,. Bandung.
Kotler, Philip And Gary Armstrong., 2018., Principle Of Marketing, 17e Global. Edition, Pearson Education Limited, New York.
Kotler, dan Keller. 2016. Manajemen Pemasaran edisi 12 Jilid 1. & 2.Jakarta: PT. Indeks.
Lupiyoadi, Rambat. 2014. Manajemen Pemasaran Jasa Berbasis Kompetensi. Edisi ke-3. Jakarta: Salemba Empat.
Morissan. 2015. Komunikasi Pemasaran Terpadu. Jakarta: Kencana.
Mowen, John C dan Minor, Micheal. 2012. Perilaku Konsumen dialih bahasakan oleh Dwi Kartika Yahya. Jakarta : Erlangga.
Nova dan Nurdin, 2020. Analisis Pengaruh Iklan Televisi, Celebrity Endorser, Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Produk Kosmetik Berlabel Halal "Wardah” Pada Mahasiswi Universitas Syiah Kuala. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi Islam Volume 2 Nomor 1 , Mei 2020 ISSN. 2656-6540. Universitas Syiah Kuala, Banda Aceh, Indonesia
Schiffman, Leon dan Kanuk, Leslie L. 2014. Perilaku Konsumen. Jakarta: Indeks.
Shimp, Terence. 2013. Periklanan Promosi. Jakarta : Erlangga.
Sutisna, 2013, Perilaku Konsumen dan Komunikasi Pemasaran, Erlangga, Jakarta.
Tjiptono. 2014, Pemasaran Jasa – Prinsip, Penerapan, dan Penelitian, Andi. Offset, Yogyakarta
Tjiptono. 2014, Pemasaran Jasa – Prinsip, Penerapan, dan Penelitian, Andi. Offset, Yogyakarta.