PENGARUH KUALITAS PRODUK, HARGA, PROMOSI DAN TEMPAT TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN AIR MINUM DALAM KEMASAN
DOI:
https://doi.org/10.32832/manager.v5i5.8712Keywords:
Kualitas Produk, Harga, Promosi, Tempat, Keputusan Pembelian.Abstract
Abstract
The purpose of this study was to determine the effect of product quality, price, promotion, and place both together, and each variable on purchasing decisions. The data used comes from PT Air Kristal Lestari Balikpapan which produces DC brand bottled water. The population of this study were 85 customers, so that the sample taken was 68 respondents. The research was conducted both qualitatively and quantitatively. Qualitative research was conducted using observation and interviews, while quantitative methods were conducted by testing validity, reliability, classical assumption test, multiple linear analysis, and hypothesis testing. The results of the F statistical test obtained F count 2.781 and F table 2.515 with a significance of 0.034. This means that all independent variables have a joint influence on the dependent variable. The results of the T statistical test (partial) obtained a significance of > 0.05 where the t count on the variables of product quality, promotion, and place is greater than the t table of 1.998. This means that the variables of product quality, promotion, and place each have a positive and significant effect on purchasing decisions.
Abstrak
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kualitas produk, harga, promosi, dan tempat baik secara bersama-sama, maupun tiap variabelnya terhadap keputusan pembelian. Data yang digunakan berasal dari PT Air Kristal Lestari Balikpapan yang memproduksi AMDK merek DC. Populasi dari penelitian ini sebanyak 85 pelanggan, sehingga sampel yang diambil adalah 68 responden. Penelitian dilakukan baik secara kualitatif maupun kuantitatif. Penelitian kualitatif dilakukan dengan metode observasi dan wawancara, sedangkan metode kuantitatif dilakukan dengan menguji validitas, reliabilitas, uji asumsi klasik, analisis linear berganda, dan uji hipotesis. Hasil uji statistik F diperoleh F hitung 2,781 dan F tabel sebesar 2,515 dengan signifikansi 0,034. Hal ini berarti bahwa seluruh variabel bebas mempunyai pengaruh secara bersama- sama terhadap variabel terikat. Hasil uji statistik T (parsial) diperoleh signifikansi >0,05 dimana t hitung pada variabel kualitas produk, promosi, dan tempat lebih besar daripada t tabel 1,998. Hal ini berarti bahwa variabel kualitas produk, promosi, dan tempat masing-masing berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian.
References
Chaffey, D., & Smith, P. (2017). Digital Marketing Excellence: Planning, Optimizing and Integrating Online Marketing 5th Edition (5th ed.). Routledge.
Kotler, P., & Armstrong, G. (2018). Principles of Marketing (17th ed.). United Kingdom: Pearson Education Limited.
Kotler, P., & Keller, K. (2016). Marketing Management Global Edition (15th ed.). England: Pearson Education Limited.
Lupiyoadi, R. (2013). Manajemen Pemasaran Jasa: Teori dan Praktik. Jakarta: PT Salemba Emban Patria.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta, CV.