INVESTIGASI KECELAKAAN LALU LINTAS PADA PENGEMUDI OJEK ONLINE DI KOTA BOGOR TAHUN 2019
DOI:
https://doi.org/10.32832/pro.v2i6.3138Abstract
Pada tahun 2018 sepeda motor menjadi penyumbang kecelakaan lalu lintas tertinggi di Indonesia berdasarkan jenis kendaraan yaitu 56.541 kasus. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penyebab kecelakaan lalu lintas pada Ojek Online di kota Bogor.Penelitian ini menggunakan pendekatan analisis Semi-Kuantitatif. Dengann jumlah sampel pada penelitian ini sebanyak 110 6 dan menggunakan metode Puposive Sampling. pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan kuesioner dan wawancara mendalam. Dengan menggunakan analisis distribusi frekuensi dan investigasi menggunakan teori Human Factors and Classifcation System dan Loss Causation Model. Hasil penelitian penelitian dari Penyebab langsung kecelakaan lalu lintas yang terjadi pada pengemudi Ojek Online adalah Mendahului dari arah kiri, Menurunkan kecepatan secara tiba-tiba, Langsung mengambil jalur kiri ketika berbalik arah, Memacu kendaraan dengankecepatan tinggi, Kondisi jalan licin, dan Kondisi jalan gelap. Penyabab Dasar kecelakaan lalu lintas yang terjadi pada pengemudi Ojek Online adalah Ketidak mampuan responden dalam menangani kondisi pekerjaan, Ketidak terampilan responde dalam pekerjaan, dan Kondisi lampu kendaraan responden tidak cukup terang. Akar penyebab dari segi pengawasan, kecelakaan lalu lintas yang terjadi pada pengemudi Ojek Online adalah Lemahnya pengawasan pada safety riding dan Tidak ada pelatihan berkala terkait safety riding. Saran bagi pengemudi agar lebih mematuhi peraturan lalu lintas untuk terhindar dari kecelakaan lalu lintas dan menambah wawasan tentang kesehatan dan keselamatan kerja di jalan raya dan keselamatan lalu lintas.
References
Badan Pusat Statistik. (2016). Jumlah Kecelakaan Lalu Lintas Menurut Polres dan Kendaraan yang Terlibat di Provinsi Jawa Barat, 2016. Februari 2, 2019. https://jabar.bps.go.id/statictable/2018/03/19/396/jumlah-kecelakaan-lalu-lintas-menurut-polres-dan-kendaraan-yang-terlibat-di-provinsi-jawa-barat-2016.html
Kuniati, Ni Luh W.R & Setiawan, Indra. (2017) Keselamatan Berlalu Lintas di Kota Bogor.Jurnal Manajemen Trnasportasi & Logistik. Volume 04 Nomor 1, 75 – 88. Maret 14, 2019. https://media.neliti.com/media/publications/112669-ID-keselamatan-berlalu-lintas-di-kota-bogor.pdf
Korlantas Polri. (2018) Statistik Laka. Januari 16, 2019. http://korlantas.polri.go.id/statistik-2/
Marsaid et.al. (2013) Faktor yang Berhubungan dengan Kejadian Kecelakaan Lalu Lintas pada Pengendara Sepeda Motor di Wilayah Polres Kabupaten Malang. Jurnal Ilmu Keperawatan. Volume 1 Nomor 2, 98 – 112. Maret 14, 2019. https://media.neliti.com/media/publications/99488-ID-faktor-yang-berhubungan-dengan-kejadian.pdf
Putra, Bima. (2018, Juni 29). Pengamat: Motor Dominasi Kecelakaan di Jalan Raya, Ojek Online Tak Cocok Jadi Transportasi Umum. Tribun Jakarta.com. Januari 20, 2019. http://jakarta.tribunnews.com/2018/06/29/pengamat-motor-dominasi-kecelakaan-di-jalan-raya-ojek-online-tak-cocok-jadi-transportasi-umum#gref
Sari, Nia Lara (2017, Desember 15). Miris, Setiap Hari paling sedikit 2 Ojol (Ojek Online) Meninggal Dunia. Nakita.id. Januari 20, 2019. http://nakita.grid.id/read/0220291/miris-setiap-hari-paling-sedikit-2-ojol-ojek-online-meninggal-dunia?page=all
Wiegmann & Shappel. (2003). A Human Error Approach to Aviation Accident: Analysis The Human Factors Analysis and Classification System. Aldershot: Ashgate Publising Limited. Februari 23, 2019.https://dvikan.no/ntnu-studentserver/reports/A%20Human%20Error%20Approach%20to%20Aviation%20Ac cident%20Analysis.pdf
World Health Organization. (2013). Status Keselamatan Jalan di WHO Regional Asia Tenggara tahun 2013. Januari 24, 2019. http://www.searo.who.int/entity/disabilities_injury_rehabilitation/documents/roadsafety-factsheetino.pdf?ua=1
Yunanto, Reza. (2016). Gojek dan Revolusi Transportasi Umum. Tiro.id. Januari 17, 2019. https://tirto.id/gojek-dan-revolusi-transportasi-umum-b2