HUBUNGAN PENCAHAYAAN DENGAN KELUHAN SUBJEKTIF KELELAHAN KERJA PADA PEKERJA BAGIAN UNDERGROUND DI PT. ANTAM Tbk, UBPE PONGKOR BOGOR TAHUN 2018

Authors

  • Ani Minarni Universitas Ibn Khaldun Bogor
  • Rubi Ginanjar Universitas Ibn Khaldun Bogor
  • Anissatul Fathimah Universitas Ibn Khaldun Bogor

DOI:

https://doi.org/10.32832/pro.v3i2.4160

Abstract

Kelelahan kerja merupakan kondisi dimana seseorang sudah tidak mampu lagi melalukan aktivitas kerjanya. Kelelahan keraj dapat terjadi karena adanya pengaruh dari lingkungan kerja yang tidak menunjang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan pencahayaan serta karakteristik individu (umur, beban kerja dan status gizi) dengan kelelahan kerja pada pekerja bagian underground di PT.Antam Bogor. Metode penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan desain penelitian menggunakan cross sectional. Populasi penelitian sebanyak 200 orang dan teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dengan jumlah sampel penelitian sebesar 67 responden. Pengukuran pencahayaan menggunakan alat lux meter dan pengumpulan data pekerja dilakukan dengan menggunakan kuesioner IFRC. Analisis data penelitian menggunakan aplikasi statistik dengan menggunakan uji statistik chi-square. Hasil analisis menunjukkan ada hubungan antara umur (p-value=0,044) OR sebesar 3,147 dan beban kerja (p-value=0,032) OR sebesar 3,407 dan tidak adanya hubungan antara pencahayaan (p-value=0,937) dan status gizi (p-value=0,601) dengan kelelahan kerja. Kesimpulan dari penelitian ini adalah tidak adanya hubungan pencahayaan dengan kelelahan kerja. Peneliti ini menyarankan kepada perusahaan untuk memperhatikan kondisi pencahayaan diruangan kerja agar tidak menimbulkan risiko terjadinya kelelahan kerja

References

Andina Ofin, Permata Sari. 2016. Hubungan Lingkungan Kerja Fisik dengan Kelelahan Kerja pada Kolektor Gerbang Tol Cililitan PT. Jasa Marga Cabang Cawang Tomang Cengkareng. Skripsi. Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah.

Depkes RI. 2007. Kesehatan dan Keselamatan Kerja. Jakarta: depkes RI.

Herliani, F. 2012. Hubungan Status Gizi dengan Kelelahan Kerja Pada Pekerja Industri Pembuatan Gamelan di Daerah Wirun Sukohardjo. Jurnal diakses pada tanggal 27 maret 2017.

Internasional Labour Organisation. 2013. Data Kecelakaan Akibat Kerja.

Made Ayu Sawitri, Grace D. Kandou, dan Rahayu H. Akili. 2017. Hubungan antara Intensitas Pencahayaan dan Usia dengan Kelelahan pada Pekerja Bagian Operasional PT. Angkaasa Pura I (Persero) Kota Manado. Jurnal Kesehatan Masyarakat Universitas Sam Ratulangi Manado.

Mauludin, MN. 2010. Faktor-faktor yang berhubungan dengen kelelahan pada pekerja diproses produksi kantong semen PBD (Paper Bag Division) PT. Indocement Tunggal Prakarsa TBK. Citeureup Bogor Tahun 2010. Jurnal diakses pada tanggal 24 Mei 2016.

Notoadmodjo, Soekidjo. (2010). Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta

Setyawati L. 2010. Selintas Tentang Kelelahan Kerja. Yogyakarta : Amara Books.

Standar Nasional Indonesia SNI 16-7062-2004 Pengukuran Intensitas Penerangan di Tempat Kerja.

Downloads

Published

2021-02-01

Issue

Section

Artikel