GAMBARAN WAKTU TUNGGU PELAYANAN RESEP OBAT DI INSTALASI FARMASI PUSKESMAS KECAMATAN TAPOS KOTA DEPOK TAHUN 2019

Penulis

  • Annisa Damayanti Universitas Ibn Khaldun
  • Suci Pujiati Universitas Ibn Khaldun
  • Rachma Hidana Universitas Ibn Khaldun

DOI:

https://doi.org/10.32832/pro.v3i2.4162

Abstrak

Waktu tunggu pelayanan obat merupakan waktu yang diperlukan sejak pasien menyerahkan resep hingga pasien menerima obat. Berdasarkan data tahun 2018 capaian target waktu tunggu resep obat di Puskesmas yaitu obat jadi dengan 84.85 % dan waktu tunggu obat racik 86.91 % . Tujuan dalam penelitian ini yaitu Dapat mengetahui gambaran penyebab lamanya waktu tunggu pelayanan resep obat di instalasi farmasi Puskesmas Kecamatan Tapos KotaDepok tahun 2019. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif yaitu dengan wawancara mendalam, observasi serta telaah dokumen, metode yang digunakan yaitu studi kasus.Informan pada penelitian ini diambil menggunakan teknik purposive sampling. Hasil capaian target menurut Surat Keputusan Kepala UPT Puskesmas Kecamatan Tapos No. 440/SK/1358 UPT PKM TAPOS/VII/2017 didapatkan hasil waktu tunggu resep obat dengan capaian target 86.5 % untuk obat jadi dan 86 % untuk obat racik. Keterlambatan pelayanan resep disebabkan beberapa faktor seperti sdm yang kurang, belum adanya alat komunikasi langsung ke bagian poli, ruang racik yang kurang luas. Untuk sumber daya manusia supaya ditambahkan agar dapat meningkatkan kecepatan dalam pelayanan resep, penambahan alat komunikasi seperti telephone yang langsung terhubung ke bagian poli kemudian dilakukannya program rutin seperti seminar kesehatan. Untuk ruang racik dan gudang agar di perluas.

Referensi

Ayuningtyas. (2011). Analisis Waktu Tunggu Pelayanan Resep Pasien Umum Di Depo Farmasi Rawat Jalan RS Karya Bhakti Tahun 2011. Tesis. Depok: Universitas Indonesia.

Ghamrin. (2008). Faktor- Faktor Yang mempengaruhi Mutu Pelayanan Kesehatan Di Rumah Sakit. Jurnal Kesehatan Masyarakat. Universitas Esa Unggul.

Kementrian Kesehatan. (2004). Kemenkes Nomor 1027/MENKES/SK/IX/2004 tentang standar pelayanan kefarmasian di Apotek.

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. (2013). Kemenkes Nomor 312/Menkes/SK/IX/2013 Tentang Daftar Obat Esensial Nasional.

Murzani. (2016). Analisis Waktu Tunggu Pelayanan Resep Obat Racikan Di Pustu Pada Wilayah Kerja UPTD Puskesmas Sempur. Skripsi. Bogor: Universitas Ibn Khaldun Bogor

Permenkes. (2014). Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 30 Tahun 2014 tentang Standar Pelayanan Kefarmasian di Puskesmas.

Sakti Wahyu. (2018). Gambaran Waktu Tunggu Pelayanan Instalasi Farmasi Rawat Jalan RS Hermina Bekasi Pada Jam Sibuk tahun 2018. Depok: Universitas Indonesia

Wijaya. (2012). Analisa Pelaksanaan Standar Pelayanan Minimal (SPM)

Yulia Elizabet. (2016). Gambaran Sistem Pelayanan Resep Di Instalasi Farmasi Rawat Jalan Rumah Sakit Karya Bhakti Pratiwi Bogor. Jakarta: Universitas Islam Negri Syarif Hidayatullah

Yulianthy. (2012). Analisis Waktu Tunggu Pelayanan Resep Pasien Umum Di Farmasi Unit Rawat Jalan Selatan Pelayanan Kesehatan Saint Carolus Tahun 2011. Tesis. Depok: UniversitasIndonesia.

Diterbitkan

2021-02-01

Terbitan

Bagian

Artikel