GAMBARAN KINERJA PETUGAS REKAM MEDIS DI RSUD CIBINONG KABUPATEN BOGOR TAHUN 2018

Authors

  • Fauziyah Ulfah Universitas Ibn Khaldun
  • Husnah Maryati Universitas Ibn Khaldun

DOI:

https://doi.org/10.32832/pro.v3i2.4170

Abstract

Rekam medis adalah berkas yang berisi catatan dan dokumen identitas pasien, hasil pemeriksaan, pengobatan, tindakan dan pelayanan yang telah diberikan. Pengelolaan rekam medis yang baik dapat meningkatan mutu pelayanan sehingga tercapainya tertib administrasi di Rumah sakit. Salah satu indikator untuk melihat kinerja rekam medis dapat dilihat dari Standar Pelayanan Minimum Rekam Medis. Pada Tahun 2017, dari 4 indikator SPM Rekam medis terdapat 2 SPM yang belum tercapai yaitu Kelengkapan berkas rekam medis 24 jam setelah pelayanan dan kelengkapan Informed Consent setelah mendapatkan informasi yang jelas. Tujuan penelitian untuk mengetahui gambaran kinerja petugas rekam medis di RSUD Cibinong Kabupaten Bogor Tahun 2018. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan menggunakan pendekatan studi kasus. Informan berjumlah 4 orang dan instrument yaitu pedoman wawancara mendalam, pedoman observasi, dan pedoman telaah dokumen. Di saran untuk meningkatkan komunikasi antara petugas rekam medis dengan instalasi lain yang berhubungan dengan rekam medis.

References

Anggriani, R. (2001). Analisis Pelaksanaan Perundang-undangan Rekam Medis Dalam Pengisian Rekam medis Instalasi Rawat Inap di RSUP Persahabatan Sebagai Alat Bukti dalam Tuntutan Hukum. Depok. Universitas Indonesia

Arbain, Intan Indah. (2011). Gambaran pengetahuan Ibu Nifas tentang Kontrasepsi Metode Amenorea Laktasi (MAL) di Wilayah Kerja Puskesmas Pemaron Kec. Brebes Kab. Brebes Tahun 2011. Semarang: Universitas Muhammadiyah Semarang

Arisandy, Moh. Rum. (2015). Pengaruh Keterampilan dan Pengalaman Kerja terhadap Pengembangan Karir Pegawai pada Dinas Pendidikan Kabupaten Donggala. e-Jurnal Katalogis. Volume 3 Nomor 8, 150

Dindatia, Novi, dkk. (2017). Gambaran Kinerja Petugas Rekam Medis di Rumah Sakit Umum Daerah Kota Kediri Tahun 2017. Jurnal Ilmiah Kesehatan Masyarakat. Volume 2 Nomor 6

Fahmi, Irham. (2012). Manajeman Kepemimpinan. Bandung: CV Alfabeta

Kurniawati, Fitri, dkk. (2015). Gambaran Kinerja Petugas Rekam Medis Rumah Sakit PKU Muhammadiyah di Yogyakarta. Yogyakarta: Universitas Muhammadiyah Yogyakarta http://thesis.umy.ac.id.pdf (diakses pada 30 Juli 2018)

Mulyono, Danan Dwi. (2012). Faktor-faktor yang Mempengaruhi Kinerja Pegawai Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara Surakarta. Palembang: Universitas Sriwijaya ejurnal.unisri.ac.idindex.phpMAParticledownload812675.pdf (diakses pada 17 Mei 2018)

Mustikawati, Farida, Indra Kurniawan. (2014). Pengaruh Job Description Terhadap Kinerja Karyawan Departemen Security Di PT Wilmar Nabati Indonesia-Gresik. Jurnal Fakultas Ekonomi. Volume 03 Nomor 02

Profile Rumah Sakit Umum Daerah Cibinong Tahun 2016

Rego, Apolinario Marcal Maia do. (2014). Pengaruh Imbalan, Motivasi dan Kepuasan Kerja terhadap Kinerja Pegawai Kejaksaan Agung dan Kejaksaan Distrik Dili. Jurnal Ekonomi dan Bisnis. Volume 3 Nomor 10, 160

Robbin, Stepen P. (2006). Perilaku Organisasi. Jakarta: PT. Indeks Kelompok Gramedia

Sitorus, Andika Debora M. (2012) Gambaran Faktor-faktor yang Berhubungan dengan Kinerja Pegawai Instalasi Laboratorium Klinik RSUP Fatmawati Tahun 2012. Depok: Universitas Indonesia

Sumampouw, TimotiusJ. (). Analisis Pelaksanaan Standar Minimal Pelayanan di Bagian Rekam Medis RSUD DR. Sam Ratulangi Tondano. Manado: Pascasarjana Universitas Sam Ratulangi

Tsauri, Safira Hilwa. (2015). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi dengan Kinerja Pegawai Non PNS Unit Perbendaharaan di RSUD Pasar Rebo Wilayah Jakarta Timur Tahun 2015. Jakarta: Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah http://repository.uinjkt.ac.iddspacebi tstream123456789375551SAFIRA% 20HILWA%20TSAURI-FKIK.pdf (diakses pada 29 September 2018)

Yulius, Saka. (2014). Pengaruh Kemampuan dan Motivasi terhadap kinerja pegawai bagian sekretariat di Dinas Perkerjaan Umum Provinsi Bengkulu. Bengkulu: Universitas Bengkulu.

Downloads

Published

2020-04-07

Issue

Section

Artikel