HUBUNGAN WAKTU TUNGGU PELAYANA RAWAT JALAN TERHADAP KEPUASAN PASIEN DI POLIKLINIK SPESIALIS PENYAKIT DALAM RSUD KOTA BOGOR TAHUN 2018-2019

Authors

  • Denisa Dwi Lestari Universitas Ibn Khaldun
  • Siti Khodijah Parinduri Universitas Ibn Khaldun
  • Ratih Fatimah Universitas Ibn Khaldun

DOI:

https://doi.org/10.32832/pro.v3i3.4172

Abstract

Waktu tunggu pasien untuk layanan kesehatan diketahui sebagai salah satu tolak ukuran utama untuk sistem kesehatan yang responsif. Lamanya waktu tunggu pasien mencerminkan bagaimana Rumah Sakit mengelola komponen pelayanan yang disesuaikan dengan situasi dan harapan pasien. Pelayanan yang baik dan bermutu tercermin dari pelayanan yang ramah, cepat, nyaman. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan antara waktu tunggu pelayanan rawat jalan terhadap kepuasan pasien di Poliklinik Spesialis Penyakit Dalam RSUD Kota Bogor.Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan analisis studi deskriptif analitik dan rancangan studi cross sectional. Besar sampel pada penelitian ini sebanyak 59 yang diambil dengan teknik purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan instrument kuesioner dan lembar observasi. Uji statistik yang digunakan yaitu uji korelasi spearman. Hasil penelitian ini menggambarkan sebagian besar responden memiliki waktu tunggu tidak standar atau > 60 menit (94.9%) dan standar atau ≤ 60 menit (5.1%). Secara keseluruhan tingkat kepuasan pasien sebanyak 39.0% menyatakan puas dan 61.0% menyatakan kurang puas. Penelitian ini menunjukkan adanya hubungan antara waktu tunggu pelayanan terhadap kepuasan pasien rawat jalan Poliklinik Spesialis Penyakit Dalam RSUD Kota Bogor, dengan nilai p < 0.05 dan r = 0.290.

References

Arietta. (2012). Faktor-Faktor Yang Mempengarugi Waktu Tunggu Pasien Di Rumah Sakit.

Azwar, Azrul. (2010). Pengantar Administrasi Kesehatan. Jakarta: Binarupa Aksara.

Herlambang, Susatyo. (2016). Manajemen Pelayanan Kesehatan Rumah Sakit.

Kemenkes RI. (2008). Standar Pelayanan Minimal Rumah Sakit. Jakarta: Keputusam Mentri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 129.

Kotler, Philips and Gerry Amstrong. (2012). Prinsip-Prinsip Pemasaran. Jakarta: Erlangga.

Pohan, Imbalo S. (2012). Jaminan Mutu Layanan Kesehatan. Dasar-Dasar Pengertian dan Penerapan. Jakarta: Penerbit Buku Kedokteran EGC.

Pratiwi, Muthiah Rissa et al. (2017). Hubungan Waktu Tunggu Pelayanan Terhadap Tingkat Kepuasan Pasien Di Poliklinik Kebidanan Dan Kandungan RSUD Kota Surakarta. Jurnal Profesi, volume 14 Nomor 2 Maret 2017 STIKes Kusuma Husada Surakarta.

Yulia,Yulfah.(2017). Skripsi. Hubungan Waktu Tunggu Pelayanan Rawat Jalan Dengan Kepuasan Pasien Spesialis Pribadi Di Rumah Sakit Atma Jaya. Program Studi Manajemen Informasi Kesehatan Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Esa Ungggul Jakarta.

Downloads

Published

2020-06-04

Issue

Section

Artikel