FACTORS RELATED TO ADOLESCENT DEPRESSION LEVELS IN YPH PLUS BOGOR HIGH SCHOOL BOGOR 2019

Authors

  • Nur Aisah Amini Universitas Ibn Khaldun
  • Tika Noor Prastia Universitas Ibn Khaldun
  • Fenti Dewi Pertiwi Universitas Ibn Khaldun

DOI:

https://doi.org/10.32832/pro.v3i4.4195

Abstract

Depresi adalah gangguan mental yang ditandai dengan adanya perasaan sedih, kehilangan minat atau kesenangan, penurunan energi, perasaan bersalah atau rendah diri, gangguan tidur atau nafsu makan dan kurangnya konsentrasi. Studi terbaru telah mengidentifikasi masalah kesehatan mental khususnya depresi sebagai penyebab terbesar dari beban penyakit di kalangan anak muda (WHO, 2017). Depresi yang berlarut-larut dan tidak ditangani, dapat mengantarkan pada tindakan bunuh diri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang berhubungan dengan tingkat depresi pada remaja di SMA YPH Plus Bogor tahun 2019, dari faktor jenis kelamin, umur, pola asuh orangtua, dan stres akademik. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan Cross Sectional. Populasi penelitian ini sebanyak 117 remaja dengan besar sampel 58 responden menggunakan teknik accidental sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kuesioner. Analisis data yang digunakan adalah uji chi square. Hasil penelitian menunjukan bahwa variabel yang berhubungan dengan tingkat depresi adalah stres akademik (p value = 0,002), sedangkan variabel yang tidak berhubungan adalah jenis kelamin (p value = 0,086), umur (p value = 0,187), dan pola asuh orangtua (p value = 0,051). Perlu adanya monitoring secara rutin dan penyuluhan terkait depresi bekerjasama dengan instansi yang berwenang seperti Puskesmas maupun Dinas Kesehatan.

References

Al-Mighwar, M. (2006). Psikologi Remaja. Bandung: CV Pustaka Setia.

Ardiawan, D. (2015). Membedakan Tingkat Depresi Siswa Smp 15 Mataram Berdasarkan Jenis Kelamin.

Arsyam, & Murtiani. (2017). Pola Asuh Orangtua dengan Tingkat Depresi pada Remaja. http://repositori.uin-

Arsyam, Wibowo, & Murtiani. (2016). Hubungan antara Pola Asuh Orangtua dengan Tingkat Depresi pada Remaja di SMA Neg. 1 Sinjai Timur

Barseli, M., Ahmad, R., & Ifdil, I. (2018). Hubungan Stres Akademik Siswa dengan Hasil Belajar.

Chairiah, P. (2012). Hubungan Gambaran Body Image dan Pola Makan Remaja Putri di SMAN 38 Jakarta.

Isni, A. (2014). Pengaruh Pola Asuh Orangtua Terhadap Prestasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Akuntansi Kelas XI IPS di SMA Negeri 26 Bandung

Jayanthi, P., Thirunavukarasu , M., & Rajkumar, R. (2015). Academic stress and depression among adolescents: A cross-sectional study. Indian Pediatrics,

Kemenkes. (2017). Hari Kesehatan Sedunia 2017, Fokus Cegah Depresi.

Liu, F. (2017). Academic Stress And Mental Health Among Adolescents In Shenzhen, China. https://eprints.qut.edu.au/107980/1/Fa n_Liu_Thesis.pdf.

Lubis, N. L. (2009). Depresi Tinjauan Psikologi. Jakarta: Kencana.

Nazaruddin, A. N. (2017). Tingkat Depresi pada Santri di Pondok Pesantren X Bogor: Peran, Faktor Jenis Kelamin, Usia dan Kelas

Rahmawati, W. K. (2015). Keefektifan Peer Support untuk Meningkatkan Self Discipline Siswa SMP

Prasetya, E. (2018). Pemberdayaan Masyarakat Tentang Kesehatan, Pendidikan dan Kreatifitas. Abdi Dosen: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat 2 (1), 19-25.

Prastia, T.N., Listyandini, R., (2020). Keragaman Pangan Berhubungan dengan Stunting Pada Anak Usia 6-24 Bulan. Hearty, 8(1)

Pertiwi, D. F., & Hariansyah, Muhammad Prasetya, P. E. (2019). Faktor Risiko Stunting Pada Balita dikelurahan Mulyaharja Tahun 2019. PROMOTOR Jurnal Mahasiswa Kesehatan Masyarakat, 2(5).

Santrock, J. W. (2012). Masa Perkembangan Anak. Jakarta: Salabenda Humanika.

Sumiati, d. (2009). Kesehatan Jiwa Remaja dan Konseling. Jakarta Timur: Trans Info Media

Sun, J., Dunne, M., Hou, X., & Xu, A. (2011). Educational Stress among Chinese Adolescents: Individual, Family, School and Peer Influences.

Tujuwale, A., Rottie, J., Wowiling, F., & Kairupan , R. (2016). Hubungan Pola Asuh Orang Tua dengan Tingkat Depresi Pada Siswa Kelas X di SMA Negeri 1 Amurang

Wade, C., & Tavris, C. (2008). Psikologi Edisi Ke 9. Jakarta: Erlangga.

WHO. (2017). Adolescents and Mental Health.

Zhu, J. N., Huang, Y., Chen, G. C., & Hu, A. Y. (2014). Correlation Between Depressive Symptoms and Parental Rearing Patterns of Middle School Students in Kunming Urban Area.

Downloads

Published

2020-08-11

Issue

Section

Artikel