GAMBARAN WAKTU TUNGGU PELAYANAN FARMASI POLI SARAF DI RUMAH SAKIT RUMAH SEHAT TERPADU DOMPET DHUAFA BOGOR

Authors

  • Efawati . Universitas Ibn Khaldun
  • Indira Chotimah Universitas Ibn Khaldun
  • Asri Masitha Arsyati Universitas Ibn Khaldun

DOI:

https://doi.org/10.32832/pro.v3i5.4203

Abstract

Waktu tunggu dalam pelayanan farmasi terhadap kepuasan pasien merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi persepsi pasien terhadap mutu pelayanan di Rumah Sakit. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Gambaran waktu tunggu pelayanan farmasi dilihat dari aspek input,proses dan output.Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif jenis rancangan studi kasus. Informan terdiri dari 10 orang. Instrumen penelitian yang di gunakan yaitu pedoman wawancara dan pedoman observasi perhitungan waktu. Hasil penelitian yang di dapat dari aspek input yaitu jumlah SDM yang ada belum mencukupi namun untuk latar belakang pendidikan sudah sesuai dengan standar yang ada, kebijakan alur proses pelayanan resep obat pasien pun tersedia, khususnya pada bagian farmasi berbeda dengan jumlah pasien hal ini mempengaruhi waktu tunggu pelayanan farmasi terhadap pasien. Berdasarkan aspek proses, proses yang ada sudah berjalan dengan baik sesuai prosedur yang ada. Sedangkan berdasarkan output waktu tunggu pelayanan farmasi masih tergolong lama yaitu 66 menit (1 jam 6 menit)untuk obat jadi dan 148 menit (2 jam 28 menit) untuk obat racik, tidak sesuai standar yang ada, hal ini di pengaruhi oleh SDM, Kebijkan dan Jumlah Pasien dengan penyebab utama yaitu SDM yang tidakmencukupi. Perlu adanya perhitungan beban kerja kepada petugas terkait sehingga dapat di ketahui jumlah petugas yang ideal.

References

Aditama, Tjandra Yoga. (2010). Manajemen Administrasi Rumah Sakit. Jakarta : UI Press.

Azwar, Azrul. (2010). Pengantar Administrasi Kesehatan Edisi Ketiga. Jakarta : Binarupa Aksara.

Azwar, Azrul. (2010).Pengantar Administrasi Kesehatan. Tanggerang: Bina Rupa Aksara Publisher.

Azwar,A. 2003. Pengantar Adnministrasi Kesehatan. Tangerang: Binarupa Aksara.

Anjaryani, Wike Diah. 2009. Kepuasan Pasien Rawat Inap Terhadap Pelayanan Perawatdi RSU Tugurejo Semarang.Tesis.Semarang: UNDIP. Diakses 14 Maret 2012. http//eprints.undip.ac.id/23824/1/Wike_ Diah_Anjaryani. pdf

Anggita. (2012). Analisis Waktu Tunggu Pemberian Tagihan Pasien Pulang Rawat Inap Di Rumah Sakit GRHA Permata Ibu.

Aida Maftuhah dan Rinto Susilo, 2016. Waktu Tunggu Pelayanan Resep Rawat Jalan Di Depo Farmasi Rsud Gunung Jati Kota Cirebon Tahun 2016

Aulia Utami Dewi, 2015. Hubungan Waktu Tunggu Pendaftaran Dengan Kepuasan Pasien Di Tempat Pendaftarn Pasien Rawat Jalan (TPPRJ) RSUD Sukoharjo Program Studi Kesehatan Masyarakat Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Surakarta

Arsyati Asri Masitha, 2019, pengaruh penyuluhan media audiovisual dalam pengetahuan pencegahan stunting pada ibu hamil di desa cibatok 2 cibungbulang pengaruh penyuluhan media audiovisual dalam Pengetahuan pencegahan stunting pada ibu hamil di desa PROMOTOR Jurnal Mahasiswa Kesehatan Masyarakat, Vol. 2 No. 3, Juni 2019

Chotimah, I., Oktaviani, S., & Madjid, A. (2018). Evaluasi Program Tb Paru Di Puskesmas Belong Kota Bogor Tahun 2018. PROMOTOR, 1(2), 87-95.

DepKes RI. (2004). Keputusan Mentri Kesehatan RI 983/MenKes/SK/XI/2004. Pedoman Organisasi Rumah Sakit Umum.

Dubois, Brenda & Karla K. Miley. 2005. Social Work an Empowered Profession. USA : USA. Pearson.

Elizabet, Yulia. (2017). Gmbaran Sistem Pelayanan Resep Pasien Di Istalasi Farmasi Rawat Jalan Rumah Sakit Karya Bhakti Pratiwi Bogor. Jakarta: Skripsi, FIKES UIN

Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Ibn Khaldun. (2015). Pedoman Penyusunan Skripsi. Bogor FIKES : UIKA.

Hasibuan, S.P Malayu (2005). Manajemen Sumber Daya Manusia. Edisi Revisi. Jakarta : Bumi Aksara

Irawan, H. 2004. Indonesian Customer Satisfaction: Membedah Strategi Kepuasan Pelanggan Merek Pemenang ICSA. Jakarta : PT Alex Media Komputindo

Julianto, Heppy., (2000), "Mengukur Kepuasan Pelanggan”, Manajemen, Februari.

Kresno S B. Imunologi Diagnosis dan Prosedur Laboratorium. Jakarta: Badan Penerbit Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia; 2010.

M. Sholeh kosim, 2017. Buku Ajar Neonatologi. Ikatan Dokter Anak Indonesia. Jakarta .

Muhammad Yusri Analisis Faktor yang Berhubungan dengan Waktu Tunggu Pemeriksaan Foto Toraks Pasien Rawat Jalan di Instalasi Radiologi Rumah Sakit Dr. Mohammad Hoesin Palembang Tahun 2015

Nur Laeliyah, Heru Subekti Waktu Tunggu Pelayanan Rawat Jalan dengan Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan di Rawat Jalan RSUD Kabupaten Indramayu

Notoatmodjo, S, 2010, Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta.

Notoatmodjo, S, 2012, Promosi Kesehatan dan Perilaku Kesehatan, Jakarta: Rineka Cipta

Prasetya, E. (2018). Pemberdayaan Masyarakat Tentang Kesehatan, Pendidikan dan Kreatifitas. Abdi Dosen: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat 2 (1), 19-25.

Pangestu, Ahmad Yudha. (2013). Gambaran Kepuasan Pasien Pada Pelayanan Rawat Jalan Di RSU Kota Tanggerangs Elatan. Jakarta: Skripsi, FIKES UIN

Reny Nugraheni, 2017. Gambaran Waktu Tunggu Pasien dan Mutu Pelayanan Rawat Jalan di Poli Umum UPTD Puskesmas Pesantren 1 Kota Kediri Tahun 2017

Septiani, Renni. (2012). Analisis waktu tunggu pelayanan resep pasien akses rawat jalan di yan masum farmasi RSPAD Gatot Soebroto. Depok: Skripsi, FIKES UI

Siregar, C.J.P, 2003. Farmasi Rumah Sakit Teori & Penerapan.Jakarta : EGC

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suryana, Dian. (2017). Gambaran Sistem Pelayanan Rawat Jalan Di Poli Klinik I nternis Rumah Sakit Salak Bogor. Bogor: Skripsi, FIKES UIKA

Sumarwan, Ujang. (2003). Perilaku Konsumen, Teori dan Penerapannya Dalam Pemasaran. Ghalia Indonesia, Jakarta

Sujarweni, V. Wiratna. 2014. Metode Penelitian: Lengkap, Praktis, dan Mudah Dipahami. Yogyakarta: Pustaka Baru Press.

Tjiptono,Fandy , 2009. Strategi Pemasaran Jasa. CV. Andi:Yogyakarta

Yulia Elizabet, 2017. Gambaran Sistem Pelayanan Resep Pasien Di Instalasi Farmasi Rawat Jalan Rumah Sakit Karya Bhakti Pratiwi Bogor Tahun 2016. Program Studi Kesehatan Masyarakat Fakultas Kedokteran Dan Ilmu Kesehatan Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta 1438 H/2017

Republik Indonesia No. 129 tahun 2008 tentang Standar Pelayanan Minimal Rumah Sakit.

Republik Indonesia.UU No. 36 Tahun 2009 Tentang Rumah Sakit.

Republik Indonesia.UU No. 44 Tahun 2009 Tentang Rumah Sakit.

Keputusan Mentri Kesehatan Nomor 1197/Menkes/SK/X/2004

Downloads

Published

2020-10-08

Issue

Section

Artikel