PENYULUHAN BAHAYA ROKOK PADA SISWA MTS NURUL UMMAH DI DESA CIBUNTU KECAMATAN CIAMPEA KABUPATEN BOGOR

Authors

  • Ichayuen Avianty Universitas Ibn Khaldun

DOI:

https://doi.org/10.32832/pro.v4i1.5516

Abstract

Merokok merupakan masalah yang belum bisa terselesaikan hingga saat ini. Merokok sudah melanda berbagai kalangan baik remaja, dewasa, orang tua, bahkan anak kecil sudah ada yang merokok. Salah satu upaya yang dapat dilakukan adalah dengan cara memberikan penyuluhan kepada para remaja . Upaya ini diharapkan agar para remajabisa terhindar dari perilaku merokok dan menurunnya jumlah perokok pada usia remaja. Tujuan dari kegiatan ini untuk menambah pengetahuan remaja tentang bahaya rokok serta upaya agar bisa menolak ajakan teman yang merokok agar tidak menjadi perokok. Kegiatan ini dilakukan di lingkungan sekolah MTs Nurul Ummah desa Cibuntu Kampung Ciboyong, dengan tahapan persiapan pada tanggal  12 Agustus 2018, sedangkan pelaksanaan penyuluhan pada tanggal 13 Agustus 2018. Materi yang diberikan tentang bahaya rokok bagi kesehatan, zat pada rokok dan dampaknya untuk orang sekitar. Hasil dari kegiatan ini adalah bertambahnya pengetahuan para siswa/siswi tentang bahaya rokok dan dampak rokok bagi orang sekitar.

References

Baharuddin. (2017). Faktor - Faktor Yang Berhubungan Dengan Perilaku Merokok Pada Anak Usia Remaja Madya (15-18 Tahun). Skripsi. Makasar: UIN Alauddin Makasar.

Frihartine, N. W. (2013). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Perilaku Merokok Pada Siswa Laki-Laki Di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Banda Aceh Tahun 2013. Skripsi. Banda Aceh: Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan U'budiyah Banda Aceh. 2013.

Fuadah, Maziyyatul. (2011). Gambaran Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Perilaku Merokok Pada Mahasiswa Laki-Laki Fakultas Teknik Universitas Negeri Jakarta Angkatan 2009. Skripsi. Depok: Fakultas Ilmu Keperawatan UI.

Global Youth Tobacco Survey (GYTS). Indonesia Report , 2014. Artikel diakses pada tanggal 1 Februari 2018 dari www.searo.who.int/tobacco/documents/ino_gyts_report_2014.pdf.

Nasution, I. K. (2007). Perilaku Merokok pada Remaja. Naskah Publikasi. Medan: Program Studi Psikologi Fakultas Kedokteran Universitas Sumatera Utara.

Riset Kesehatan Dasar 2013. Jakarta : Departemen Kesehatan RI, 2013.

Widianti, E. V. dan Wahyuno, T. Y. M (2014) : Faktor-faktor Yang Berhubungan Dengan Perilaku Merokok Siswa SMP Negeri "X” di Kota Bogor Tahun 2014. Departemen Kesehatan Reproduksi Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia.

Downloads

Published

2021-02-07

Issue

Section

Artikel