GAMBARAN SISTEM PELAYANAN FARMASI RUMAH SAKIT DI RUMAH SAKIT "X” KOTA BOGOR TAHUN 2019

Authors

  • Damayanti Meina Universitas Ibn Khaldun
  • Husnah Maryati Universitas Ibn Khaldun

DOI:

https://doi.org/10.32832/pro.v3i6.5561

Abstract

Standar pelayanan kefarmasian adalah tolok ukur yang dipergunakan sebagai pedoman bagi tenaga kefarmasian dalam menyelenggarakan pelayanan kefarmasian. Pengelolaan sediaan farmasi, alat kesehatan dan bahan medis habis pakai mempengaruhi terhadap pelayanan farmasi yang nantinya akan mempengaruhi terhadap kepuasan pelayanan farmasi. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui gambaran sistem pelayanan farmasi rumah sakit. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan studi kasus melalui pengumpulan data primer yang dilakukan dengan wawancara mendalam dan observasi melalui telaah dokumen. Hasil penelitian menunjukan bahwa pengelolaan persediaan obat Rumah Sakit "X” Kota Bogor belum efektif. Hal ini terlihat dari beberapa komponen input (SDM yang kurang, sarana untuk penyimpanan obat kurang memadai), proses (perencanaan yang kurang tepat dan penyimpanan yang kurang memadai) dan output (belum bisa memenuhi capaian angka kepuasan pelanggan). Diharapkan Instalasi Farmasi Rumah Sakit "X” Kota Bogor lebih memperhatikan sistem penambahan sumber daya manusia untuk memaksimalkan pelayanan kefarmasian, penambahan alat yang digunakan dalam pelayanan kefarmasian, penambahan alat untuk pendistribusian obat ditambah agar tidak terjadi keterlambatan dalam pelayanan.

References

Adikoesoemo, Suparto. 2004. Manajemen Rumah Sakit. Pustaka Sinar Harapan. Jakarta.

Aditama, Tjandra Yoga. 2007. Manajemen Administrasi Rumah Sakit. Edisi-2. UI- Press. Jakarta.

Anditasari, Wiwin. 2016. Penilaian Terhadap Penerapan Standar Pelayanan Kefarmasian di Apotek-apotek di Kota Ketapang.

Aryani, Fina dkk. 2015. Analisa Kepuasan Pasien Rawat Jalan Terhadap Kualitas Pelayanan di Instalasi Farmasi Rumah Sakit Islam Ibnu Sina Pekanbaru. Vol.12. No.01. 01 Juli 2015. Jurnal.

Assauri, Sofjan. 2004. Manajemen Produksi dan Operasi Edisi 4. Lembaga Penerbit Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia. Jakarta.

Badaruddin, Mahmud. 2015. Gambaran Pengelolaan Persediaan Obat di Gudang Farmasi Rumah Sakit Umum Daerah Kota Sekayu Kabupaten Musi Banyuasin Palembang.

Depkes, RI.2008. Pedoman pengelolaan Perbekalan Farmasi di Rumah Sakit. Jakarta: Direktorat Jendral Bina Kefarmasian dan Alat Kesehatan Departemen Kesehatan RI bekerja sama dengan Japan International Coorporation Agency (JICA).

Direktorat Jendral Bina Kefarmasian dan Alat Kesehatan 2015. Jakarta.

Farida, Ida.2012. Gambaran Pelaksanaan Standar Pelayanan Minimal (SPM) Rumah Sakit Pada Rumah Sakit Umum Pemerintah Di Provinsi Banten.

Karuniawati, Hidayah dkk. 2016. Evaluasi Pelaksanaan Standar Pelayanan Minimal (SPM) Farmasi Kategori Lama Waktu Tunggu Pelayanan Resep Pasien Rawat Jalan Di RSUD Kota Salatiga. Vol. 4 (1) : 20-25. Juni 2016. Jurnal.

Lestari, Suci. 2016. Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Instalasi Farmasi Rumah Sakit Islam Siti Khadijah Palembang.

Maharani, Dyah Nurfitri dkk.2016. Analisis Pengaruh Kepuasan Pasien Terhadap Kualitas Pelayanan Resep di Apotek Instalasi Farmasi Badan Rumah Sakit Daerah Luwuk Kabupaten Banggai. Vol.2 (2) : 111-117. Oktober 2016.

Malinggas, dkk. 2015. Gambaran Manajemen Logistik Obat di Instalasi Farmasi Rumah Sakit Umum Daerah Sam Ratulangi Tondano. Vol. 5. No. 2b April 2015. Jurnal.

Mongi, Jeane. 2016. Implementasi Pelayanan Kefarmasian di Instalasi Farmasi Rumah Sakit Angkatan Darat Robet Wolter Mongisidi Manado. Jurnal.

Prasetya, E. (2018). Pemberdayaan Masyarakat Tentang Kesehatan, Pendidikan dan Kreatifitas. Abdi Dosen: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat 2 (1), 19-25.

Peraturan Menteri Kesehatan No. 72 tahun 2016 tentang Standar Pelayanan Kefarmasian Rumah Sakit. Jakarta.

Peraturan Menteri Kesehatan No. 56 tahun 2014 tentang Klasifikasi Rumah Sakit dan Perizinan Rumah Sakit. Jakarta.

Posangi, Jimmy dkk. 2017. Analisis Manajemen Penyimpanan dan Pendistribusian Obat Di Instalasi Farmasi Chasan Boesoirie Ternate. Jurnal.

Profil Rumah Sakit "X” Kota Bogor Tahun 2017.

Siagian, S. P. 2009. Manajemen Sumber Daya Manusia. Bumi Aksara. Jakarta Suryana, Dian. 2017. Gambaran sistem pelayanan rawat jalan di poliklinik internis rumah sakit salak bogor.

Susanto, dkk. 2016. Analisis Kebutuhan Tenaga Farmasi di Instalasi Farmasi Rumah Sakit Muhammadiyah Malang. Vo. 6 (2) : 82-89. Agustus 2017. Jurnal.

Syarifudin. 2014. Ilmu Kesehatan Masyarakat. Trans Info Media. Jakarta.

Undang-Undang No. 44 tahun 2009 tentang Rumah Sakit. Jakarta.

Verawaty, dkk. 2016. Analisis Kebutuhan Tenaga Kefarmasian di Instalasi Farmasi Rumah Sakit Graha Permata Ibu Depok. Jurnal.

Wijaya, Dandi.2012. Analisis Pelaksanaan Standar Pelayanan Minimal (SPM) Bidang Farmasi di Instalasi Farmasi Di Rumah Sakit Tugu Ibu.

Yulaika, Nurul dkk. 2018. Perencanaan Tenaga Teknis Kefarmasian Berdasarkan Analisis Beban Kerja Menggunakan Metode WISN di RSIA KM. Vol. 6. No. 1. Januari-Juni 2018. Jurnal.

Yunita, Fitria. 2016. Manajemen Pengelolaan Obat-obatan di Instalsi Farmasi Rumah Sakit Banda Aceh Dalam Menghadapi Bencana Gempa Bumi. Jurnal.

https://www.temukanpengertian.com/2015/04/pengertian-kepuasan-pelanggan.html 12 September 2018, 06:50 WIB

http://www.infodanpengertian.com/pengertian-penelitian-kualitatif# 18 September 2018 14:36 WIB

Downloads

Published

2021-10-18

Issue

Section

Artikel