Gambaran Kepuasan Pasien Laboratorium di Puskesmas Kemang Kabupaten Bogor Tahun 2020

Authors

  • Nur Fitri Julianti Universitas Ibn Khaldun
  • Indira Chotimah Universitas Ibn Khaldun
  • Siti Kholidjah Parinduri Universitas Ibn Khaldun

DOI:

https://doi.org/10.32832/pro.v5i6.8751

Abstract

Puskesmas adalah fasilitas pelayanan kesehatan yang menyelenggarakan upaya kesehatan masyarakat dan upaya kesehatan perseorangan tingkat pertama, dengan lebih mengutamakan upaya promotif dan preventif, untuk mencapai derajat kesehatan masyarakat yang setinggi- tingginya di wilayah kerjanya. Sampai saat ini implementasi kegiatan puskesmas belum menunjukan hasil yang optimal, hal ini tercermin dari minat kunjungan pasien laboratorium dalam pelayanan puskesmas kemang yang sangat tinggi yaitu 72,5%. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran mutu pelayanan kesehatan terhadap minat kunjungan pasien laboratorium di puskesmas kemang kabupaten bogor tahun 2020. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah 5562 responden dengan sempel 120 responden, teknik pengambilan sempel pada penelitian ini menggunakan accidental sampling.. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner. Hasil penelitian menunjukan proposi terbanyak pada rentang umur 26- 35 tahun yaitu sebanyak 26,7%, responden yang jenis kelamin tinggi yaitu laki laki sebanyak 51,7%, tingkat kepuasan pasien laboratorium pelayanan kesehatan puskesmas sebanyak 72,5%, ada beberapa tingkat kepuasan pasien laboratorium dapat dilihat dari dimensi-dimensi yang dikaji berdasarkan teori SERVQUAL, responden yang menyatakan tangibles (wujud nyata) yaitu 75,0% dengan kategori memuaskan, responden yang menyatakan dimensi kehandalan (reliability) yaitu 77,5% dengan kategori memuaskan, responden yang menyatakan dimensi Responsiveness (daya tanggap) yaitu 91,7% dengan kategori memuaskan, responden yang menyatakan dimensi assurance yaitu 96,7% dengan kategori tidak memuaskan, dan responden yang menyatakan dimensi empathy yaitu 93,3% dengan kategori memuaskan. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa kepuasan pasien laboratorium berdasarkan pelayanan laboratorium yang diberikan, lebih banyak yang menyatakan puas daripada tidak puas. Saran bagi puskesmas yaitu hasil penelitian ini dapat digunakan sebagai masukan dan informasi bagi pengelolaan puskesmas untuk meningkatkan kunjungan pasien laboratorium pelayanan puskesmas maka perlu dilakukan meningkatkan mutu pelayanan kesehatan yaitu kompetensi dan motivasi kerja, mempromosikan puskesmas sebagai pusat kesehatan masyarakat yang bukan hanya melayani kuratif dan rehabilitatif tapi melayani promotif dan preventif juga, mempromosikan program-program puskesmas, membangun kedekatan dengan masyarakat sehingga menimbulkan perasaan positif terhadap puskesmas.

References

Afifah, A. N., & Parinduri, S. K. (2022). STRATEGI MENGHILANGKAN KEJENUHAN ANAK SD TERHADAP SEKOLAH DARING DI DESA CIKARAWANG. Jurma: Jurnal Program Mahasiswa Kreatif, 6(1), 53-61.

Azwar, A. (2010). Menjaga Mutu Pelayanan Kesehatan. Jakarta (ID): Sinar Harapan.

Azwar, A. 2014. Pengantar Administrasi Kesehatan. Penerbit PT. Bina Rupa Aksara. Jakarta.

Azwar, Azrul. 2010. Pengantar Administrasi Kesehatan. Binapura Aksara: Jakarta

Cicilia, F., Mangiwa, S. T., Qalbi, R. N., & Widajadnja, I. N. (2018). Tingkat Kepuasan Dewi, Kumala. 2018. Analisis Pemantapan Mutu Internal Pemeriksaan Trigliserida Di Instalasi Laboratorium Patologi klinik RSUD Dr. Moewardi Surakarta. Program Studi Analis Kesehatan. Surakarta

Emilia, S. (2016). Gambaran Tingkat Kepuasan Pasien di UPT Puskesmas SindangJawa Kabupaten Cirebon. Skripsi, 1-123.

Fuuzirahmah, D. A., Parinduri, S. K., & Nauli, H. A. (2022). FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPATUHAN MASYARAKAT TERHADAP PROTOKOL KESEHATAN PADA PELAKSANAAN POSYANDU DI ERA COVID 19 WILAYAH PUSKESMAS NANGGUNG TAHUN 2020. PROMOTOR, 5(3), 242-248.

Gultom, J. R. (2008). Analisis Kepuasan Pasien terhadap Pelayanan Rawat Jalan di Poliklinik Rumah Sakit Azra Tahun 2008. [Skripsi Ilmiah]. Depok: Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia

Hadi, A. 2000. Sistem Manajemen Mutu Laboratorium Sesuai ISO/IEC 17025 :2000. PT. Gramedia Pustaka Utama. Jakarta

Hatiningtiya, B. R dan Dadang Iskandar. (2016). Analisis Kepuasan Pasien Terhadap Kualitas Pelayanan Jasa Kesehatan di RS MH Thamrin Purwakarta. e-Proceeding of Management. Vol 3 No. 3: 2834-2840.

Junjungsari, Septo Pawelas Arso, Eka Yunila Fatmasari. Bagian Administrasi dan Kebijakan Kesehatan, Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Diponegoro Kunjungan Ulang Pasien Diabtes Militus Di Puskesmas Mekar Wangi Kota Bogor Tahun 2019: Skripsi. Program Serjana Kesehatan Masyarakat. Bogor

Kusuma Wardani, Diah. Skripsi.Hubungan Kualitas Pelayanan Laboratorium Dengan Tingkat Kepuasan Pasien Prolanis Di Laboratorium Klinik Simpang Lima Husada Kabupaten Grobogan tahun 2018: Semarang

Mardiana, N., Chotimah, I., & Dwimawati, E. (2021). Faktor-faktor Pemanfaatan Pelayanan Kesehatan di Puskesmas Parung Selama Masa Pandemi Covid-19. PROMOTOR, 5(1), 59-74.

Masyarakat Di Daerah Kerja Puskesmas Mamboro Terhadap Pelayanan Puskesmas Mamboro Tahun 2017. MEDIKA TADULAKO, Jurnal Ilmiah Kedokteran, Vol. 5 No. 1, 1-14

Nasution, A., Maulana, A., & Kurniawan, D. (2019). BERSAMA MEMAJUKAN DESA. Abdi Dosen: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 3(2), 99-104.

Parinduri, S. K., & Chotimah, I. (2022). FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KUNJUNGAN IMUNISASI PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI KAMPUNG CIBUNGBULANG DAN KAMPUNG LEUWEUNGKOLOT. PROMOTOR, 5(2), 148-155.

Parinduri, S. K., Ikram, A., Amalia, N., Deliana, R., & Robby, P. A. (2022). Pendampingan Masyarakat Sadar Lingkungan (MASDARLING) Kelola Sampah Kelurahan Bojongkerta Kota Bogor 2021: Bantal Ecopyle. Jurnal Buletin Al-Ribaath, 19(1), 88-95.

Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 37 Tahun 2012 Tentang Penyelenggaraan Laboratorium Pusat Kesehatan Masyarakat

Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 43 Tahun 2013

Pertiwi, F. D., & Nasution, A. S. (2022). FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN KEJADIAN PNEUMONIA PADA BALITA DI PUSKESMAS SEMPLAK KOTA BOGOR 2020. PROMOTOR, 5(3), 273-280.

Prihantoro, C. R. (2012). Konsep Pengendalian Mutu. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Profil Dinas Kesehatan Jawa Barat (2019)

Profil Kesehatan Indonesia (2018)

Puskesmas Kemang. Data Kunjungan Laboratorium (2018)

Puskesmas Pakuan Baru Kota Jambi Tahun 2020. Jurnal Kesmas Jambi (JKMJ), 1 - 5.

Puti, W. C. (2013). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan kepuasan terhadap Loyalitas Pasien Rawat Jalan dan Rawat Inap Rumah Sakit Otorita Batam. [Skripsi Ilmiah]. Batam: Fakultas Bisnis dan Manajemen Universitas Widyatama.

Putri, A., Parinduri, S. K., & Anggraini, S. (2022, May). FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN KUNJUNGAN PENDERITA HIPERTENSI DI POSBINDU WILAYAH KERJA PUSKESMAS TANAH SAREAL KOTA BOGOR TAHUN 2021. In Prosiding Seminar Nasional Kesehatan Masyarakat Universitas Muhammadiyah Pontianak (Vol. 1, No. 1).

Rahmani, VF. (2009). Analisis Tingkat Kepuasan Pasien Rawat Jalan Terhadap Kualitas Pelayanan (Studi Kasus: Rumah Sakit Umum Bhakti Asih, Tangerang). [Skripsi Ilmiah]. Bogor: Fakultas Ekonomi dan Manajemen Institut Pertanian Bogor

Rahmayati matondang, Maya.2018. Skripsi. Faktot-Faktor Yang Berhubungan Dengan Mutu Pelayanan Kesehatan Puskesmas Karadenan Kematan Cibinong Kabupaten Bogor tahun. Skripsi. Program Serjana Kesehatan Masyarakat: Bogor

Rosita, betti. 2018. Analisis Lama Waktu Pelayanan Laboratorium Di Rumah Sakit Umum Daerah Pasaman Barat tahun 2018. Jurnal Kesehatan Perintis (Perintis's Health Journal): STIKes Perintis Padang

Rosnardi, R., Sugiarto, & Hafiz, A. (2020). Analisis Tingkat Kepuasan Di

Salma Mualifah, Alfiyah.2019. Gambaran Mutu Pelayanan Kesehatan Terhadap Minat

Setia, Lisa. 2016. Pengaruh Mutu Pelayanan Terhadap Persepsi KepuasanPasien Di Laboratorium Puskesmas Kota Banjarbaru Tahun 2016. Program Serjana Kesehatan Masyarakat. Kalimantan Selatan

Shabrina, Fidyanti. Jurnal Kesehatan Masyarakat Analisis Waktu Tunggu Pada Pelayanan Unit Laboratorium Rumah Sakit Ibu Dan Anak Swasta: Kota Jakarta

Supranto, J. (2011). Pengukuran Tingkat Kepuasan Pelanggan Untuk Meningkatkan Pangsa Pasar. Jakarta (ID): PT. Rineta Cipta.

Suryana, Dian. Skripsi.2017. Gambaran Sistem Pelayanan Rawat Jalan di Poliklinik Internis Rumah Sakit Salak Bogor Tahun 2017 Skripsi. Program Serjana Kesehatan Masyarakat. Bogor Tentang Cara Penyelenggaraan Laboratorium Klinik Yang Baik

Utami, P., Chotimah, I., & Parinduri, S. K. (2021). FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN PELAKSANAAN USAHA KESEHATAN SEKOLAH (UKS) TINGKAT SD/MI DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS KARANGGAN KABUPATEN BOGOR TAHUN 2020. PROMOTOR, 4(5), 423-435.

Wahana Komputer. 2009. Solusi Mudah dan Cepat Menguasai SPSS 17.0 untuk Pengolahan Data Statistik. Jakarta: Elex Media Komputindo.

Downloads

Published

2022-12-20

Issue

Section

Artikel