PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF PADA MATA KULIAH TAHSIN AL-QURAN UNTUK MAHASISWI SEMESTER SATU DI MAHAD AISYAH BINTI ABU BAKAR BOGOR
DOI:
https://doi.org/10.32832/tek.pend.v12i2.10690Keywords:
media pembelajaran, interaktif, tahsinAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangan media pembelajaran interaktif pada mata kuliah tahsin Al-Quran untuk mahasiswi semester satu di Mahad Aisyah Binti Abu Bakar Bogor. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan atau RnD (Research and Development) dengan model pengembangan gabungan Hannafin and Peck dan ASSURE. Penelitian ini menguji kelayakan dan keefektifan produk media pembelajaran pada pembelajaran tahsin Al-Quran. Adapun hasil penelitian tersebut sebagai berikut; 1) Berdasarkan uji kelayakan dari para ahli, media pembelajaran interaktif Tahsin ini dinyatakan layak. Validasi ahli materi mendapatkan skor 90,25% dengan kategori sangat layak, validasi ahli desain instruksional mendapat skor 91% drngan kriteria sangat layak, dan validasi ahli media mendapat skor 81,5% denga kriteria layak. 2) Uji efektifitas produk didapat dari penghitungan N-Gain hasil pretest dan posttes, dimana didapatkan nilai rata-rata pretes 62,6 dan nilai rata-rata posttest sebesar 84. Hasil skor N Gain sebesar 58% yang berarti media pembelajaran cukup efektif. Sehingga produk media pembelajaran interaktif bagi pembelajaran Tahsin Al-Quran di Mahad Aisyah Binti Abu Bakar dianggap layak dan efektif untuk digunakan pada mahasiswi semester 1.
References
Pane, A., & Darwis Dasopang, M. (2017). Belajar Dan Pembelajaran. FITRAH:Jurnal Kajian Ilmu-Ilmu Keislaman, 3(2), 333. Retrieved from https://doi.org/10.24952/fitrah.v3i2.945
Mawardi. (2018). Merancang Model dan Media Pembelajaran. Shcolaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 8(1). Retrieved from https://doi.org/https://doi.org/10.24246/j.js.2018.v8.i1.p26-40
Sutarto, S. (2017). Teori Kognitif dan Implikasinya Dalam Pembelajaran. Islamic Counseling: Jurnal Bimbingan Konseling Islam, 1(2), 1. Retrieved from https://doi.org/10.29240/jbk.v1i2.331
Muhson, A. (2010). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 8(2), 1–10. Retrieved from https://doi.org/10.21831/jpai.v8i2.949
Masykur, R., Nofrizal, N., & Syazali, M. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika dengan Mcromedia Flash. Al-Jabar : Jurnal Pendidikan Matematika, 8(2), 177–186. Retrieved from http://ejournal.radenintan.ac.id/index.php/aljabar/article/view/2014/1564
Suprihatien, Marmi, Azizah, S., Barid Nizarudin Wajdi, M., Farida, U., Junus, D., Trisno Zuono, T. (2019). Blog Implications as Learning Media in Improving Learning Achievement of Students. 1st International Conference on Advance and Scientific Innovation (ICASI) (Vol. 1175). Retrieved from https://doi.org/10.1088/1742-6596/1175/1/012260
Williamson, B., Potter, J., & Eynon, R. (2019). New research problems and agendas in learning, media and technology: the editors' wishlist. Learning, Media and Technology, 44(2), 87–91. Retrieved from https://doi.org/10.1080/17439884.2019.1614953
Nurseto, T. (2011). Membuat Media Pembelajaran yang Menarik. Jurnal Ekonomi Dan Pendidikan, 8(1), 19–35. Retrieved from https://doi.org/10.21831/jep.v8i1.706
Winatraputra, U. S., & Ratnaningsih, D. J. (2006). Belajar dan Pembelajaran Pada Pendidikan Tinggi Jarak Jauh. Universitas Terbuka.
Badriyah. (2015). Efektifitas Proses Pembelajaran Dengan Pemanfaatan Media Pembelajaran. Jurnal Lentera Komunikasi, 1(1), 21–36.
Lia, L. (2016). Multimedia Interaktif Sebagai Salah Satu Alternatif Pembelajaran Dalam Bidang Pendidikan Sains. Jurnal Inovasi Dan Pembelajaran Fisika, 2(2), 132–140.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Jurnal Teknologi Pendidikan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.