PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS CANVA DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS 5 DI MI AL KHOERIYAH KABUPATEN BOGOR

Authors

  • Ucu Purnamawanti Universitas Ibn Khaldun Bogor
  • Herawati Herawati
  • widyasari widyasari

Keywords:

Media, Pembelajaran, IPA, Canva, Sekolah Dasar.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan dan menguji kelayakan serta keefektifan media pembelajaran berbasis Canva pada mata pelajaran IPA kelas V di MI Al-Khoeriyah Kabupaten Bogor. Penelitian ini menggunakan model pengembangan Dick and Carey. Untuk menguji kelayakan, peneliti menggunakan penilaian dari tiga ahli, yaitu: 1) ahli media; 2) ahli desain; 3) ahli materi. Adapun hasil dari penilaian ahli media kelayakan media pembelajaran berbasis Canva menunjukkan presentase 92,5% dan hasil validasi ahli desain menunjukkan 94% atau berada pada kategori sangat layak; sedangkan hasil validasi ahli materi 87% atau berada pada kategori baik. Untuk pengujian efektifitas media pembelajaran berbasis Canva, peneliti menggunakan analisis N-Gain. Pada analisis data skor N-Gain diperoleh hasil sebesar 0,94 atau dikategorikan tinggi. Selanjutnya, hasil perolehan N-Gain tersebut diubah kedalam bentuk presentasi dengan dikalikan 100 sehingga skor N-Gain menjadi 94. Sesuai dengan konversi tingkat pencapaian hasil review skor N-Gain dengan nilai >76 dikategorikan efektif, maka penggunaan media pembelajaran berbasis Canva untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas 5 di MI AlKhoeriyah Kabupaten Bogor peserta didik kelas 5 MI Al Khoeriyah efektif dengan skor 90

References

Chaeruman, U. A. (2018). PEDATI Model Desain Sistem Pembelajaran Blended (Issue 1).

Efgivia, M. G. (2019). Pengaruh Media Blended dan E-Learning.Jurnal Educate, 52(1), 1–5.

Hake, R. R. (1999). Analyzing change/gain scores. Indiana: Indiana University.

Horn, Michael B., & H. S. (2014). Blended Learning Is About More Than Technology. For Blended Learning, Look Beyond the Technology, 34(14), 22, 28.

Indiani, B. (2020). Mengoptimalkan proses pembelajaran dengan media daring pada masa pandemi covid-19. Sipatokkong BPSDM Sulawesi Selatan, 1(3), 227–232.

Joliffe, A., Ritter, J., & Stevens, D. (2001). The Online Learning Handbook: Developing and Using Web-Based Learning. Kogan Page: Springer.

Nabila, H., & Sulistiyaningsih, D. (2020). Analisis Kesulitan Belajar Matematika dalam Pembelajaran Daring Berbantuan Microsoft Teams Kelas XI SMA NEGERI 9 Semarang. Edusainstech, Prosiding Seminar, FMIPA UNIKUS 2020, 62–71.

Nasution, N., Jalinus, N., & Syahril. (2019). Buku Model Blended Learning (1st ed.). Anugrah Jaya.

Pribadi, R. B. A. (2019). Model MOdel Desain Sitem Pembelajran. 216. http://repository.ut.ac.id/9318/2/BP0009-21.pdf

Roblyer, M. D. (2016). Integrating Educational Technology into Teaching. Pearson Education.

Sabran, & Sabara, E. (2019). Keefektifan Google Classroom sebagai media pembelajaran. Prosiding Seminar Nasional Lembaga Penelitian Universitas Negeri Makasar, 122–125. https://webcache.googleusercontent.com/search?q=cache:SS_jKM_r2TAJ:https://ojs.unm.ac.id/semnaslemlit/article/download/8256/4767+&cd=2&hl=id&ct=clnk&gl=id

Sanjaya, W. (2015). Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran (1st ed.). Penerbit Kencana.

Semler, S. (2005). Use blended learning to increase learner engagement and reduce training cost. On-Line) Dalam, 11.

Suparman, M. A. (2018). Desain Instruksional Modern (N. I. Sallama (ed.); 4th ed.). Penerbit Erlangga.

Walter Dick, Lou Carey, J. O. C. (2015). The Systematic Design of Instruction (8th ed.). pearson.

Yudi Setiadi, M. P. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Flipped Classroom Dalam Rangka Belajar Dari Rumah Di Masa Pandemi Covid-19. LPMP Lampung. https://lpmplampung.kemdikbud.go.id/detailpost/penerapan-model-pembelajaran-flipped-classroom-dalam-rangka-belajar-dari-rumah-di-masa-pandemi-covid-19

Downloads

Published

2023-07-31

How to Cite

Purnamawanti, U., Herawati, H., & widyasari, widyasari. (2023). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS CANVA DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS 5 DI MI AL KHOERIYAH KABUPATEN BOGOR. Jurnal Teknologi Pendidikan, 12(2), 73–93. Retrieved from https://ejournal.uika-bogor.ac.id/index.php/TEK/article/view/10691