HUBUNGAN KEGIATAN BELAJAR DAN KEMAMPUAN AWAL DENGAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PENDIDIKAN TEKNIK BANGUNAN
DOI:
https://doi.org/10.32832/tek.pend.v12i2.14173Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis: (1) hubungan antara aktivitas belajar dengan hasil belajar mahasiswa pendidikan teknik bangunan, (2) hubungan kemampuan awal dengan hasil belajar mahasiswa pendidikan teknik bangunan, dan (3) hubungan antara aktivitas belajar dengan hasil belajar. kemampuan awal secara bersamaan dengan hasil belajar. Kajian yang dilakukan oleh mahasiswa pendidikan teknik bangunan. Rancangan penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan penelitian korelasional. Dari hasil penelitian: 1) ada hubungan yang signifikan antara aktivitas belajar dengan hasil belajar, dengan kontribusi 21,62%; 2) ada hubungan yang signifikan antara kemampuan awal dengan hasil belajar, memberikan kontribusi sebesar 37,09%; 3) terdapat hubungan yang signifikan antara aktivitas belajar dan kemampuan awal secara simultan dengan hasil belajar, memberikan kontribusi sebesar 46,20%. Dengan demikian kegiatan pembelajaran yang meningkat, dan kemampuan awal yang kondusif diharapkan mampu memberikan hasil belajar yang maksimal bagi siswa. Dengan kata lain, dengan kegiatan pembelajaran kemampuan awal yang tinggi akan menumbuhkan hasil belajar siswa yang baik dan tinggi
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.











