FOCUSING, INTERACTING, REVIEWING, SEQUENCING, TRANSFORMING (FIRST) FRAMEWORK STUDI IMPLEMENT DI SMPIT UMMUR QURO BOGOR

Authors

  • Ramawan Gafriadi

DOI:

https://doi.org/10.32832/tek.pend.v12i2.14706

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif untuk mengetahui strategi, hasil dan faktor penentu keberhasilan dalam implementasi pendekatan pembelajaran FIRST framework di SMPIT Ummul Quro Bogor. Masalah dalam penelitian ini dirumuskan sebagai berikut: Bagaimanakah strategi yang dilakukan dalam implementasi pendekatan pembelajaran FIRST framework di SMPIT Ummul Quro Bogor? Bagaimanakah hasil implementasinya? Faktor apa yang menjadi penentu keberhasilannya? Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Data dikumpulkan melalui observasi langsung, dokumen, serta angket kepada peserta didik. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan model Miles dan Huberman.Berdasarkan data penelitian diperoleh temuan: 1. Ada peningkatan capaian hasil belajar kognitif dan karakter peserta didik setelah implementasi. 2. Ditemukan semangat atau motivasi guru yang kuat dan kondisi lingkungan internal yang kondusif. Dengan demikian, disimpulkan: 1. Pendekatan pembelajaran FIRST framework berdampak positif pada peningkatan capaian hasil belajar peserta didik. 2. Faktor penentu keberhasilan implementasi yang utama adalah semangat guru dan siswa secara bersama-sama dan kondisi lingkungan internal yang kondusif

Downloads

Published

2023-08-03

How to Cite

Gafriadi, R. (2023). FOCUSING, INTERACTING, REVIEWING, SEQUENCING, TRANSFORMING (FIRST) FRAMEWORK STUDI IMPLEMENT DI SMPIT UMMUR QURO BOGOR. Jurnal Teknologi Pendidikan, 12(2), 96–120. https://doi.org/10.32832/tek.pend.v12i2.14706