PENGEMBANGAN PANDUAN TES BAHASA ARAB BERBASIS TOAFL DI MADRASAH ALIYAH NEGERI 2 PADANG PANJANG MENGGUNAKAN APLIKASI LECTORA INSPIRE, QUIZIZZ, DAN KAHOOT

Authors

  • Muhammad Yusuf Salam
  • Suharmon Suharmon
  • Afzalia Fusca Zela
  • Della Helviza
  • Rifki Zaitul Ikhlas

DOI:

https://doi.org/10.32832/tek.pend.v12i2.14707

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi pembuatan soal buatan guru yang bervariasi. Standar soal yang valid dan praktis dibutuhkan untuk untuk siswa kelas XII Madrasah Aliyah Negeri 2 Padang Panjang. Tujuan penelitian ini adalah untuk (1) Kebutuhan panduan tes pembelajaran bahasa Arab berbasis TOAFL di Madrasah Aliyah Negeri 2 Padang Panjang, (2) Validitas panduan tes pembelajaran bahasa Arab berbasis TOAFL di Madrasah Aliyah Negeri 2 Padang Panjang, dan (3) Praktikalitas panduan tes pembelajaran bahasa Arab berbasis TOAFL di Madrasah Aliyah Negeri 2 Padang Panjang. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Research and Development (R&D) dengan menggunakan model desain 4D dengan tahap pendefinisian (define), perencanaan (design), pengembangan (develop), penyebaran (disseminate). Teknik pengumpulan data yang penulis gunakan adalah wawancara, observasi dan angket. Teknik analisis data menggunakan analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa:. 1) Kebutuhan panduan tes pembelajaran bahasa Arab berbasis TOAFL yang ditawarkan kepada guru bahasa Arab dikategorikan sangat disetujui dengan parsentase responden guru 93.3, 2. 2) validasi buku panduan TES dinyatakan sangat valid dengan rata-rata nilai sebesar 87,9 (persentase sebesar 88%). 88 % diperoleh dari bahasa 92,5 atau 92, aspek materi diperoleh nilai sebesar 84,6 atau 85% dan aspek media 86,6 atau 87% dengan tingkat kevalidan Sangat Valid, dan 3) kepraktisan buku panduan tes bahasa Arab berbasis TOAFL diperoleh hasil sebesar 88 % dengan kategori sangat praktis.

Downloads

Published

2023-07-31

How to Cite

Yusuf Salam, M., Suharmon, S., Fusca Zela, A., Helviza, D., & Zaitul Ikhlas, R. (2023). PENGEMBANGAN PANDUAN TES BAHASA ARAB BERBASIS TOAFL DI MADRASAH ALIYAH NEGERI 2 PADANG PANJANG MENGGUNAKAN APLIKASI LECTORA INSPIRE, QUIZIZZ, DAN KAHOOT. Jurnal Teknologi Pendidikan, 12(2), 163–182. https://doi.org/10.32832/tek.pend.v12i2.14707