PENGEMBANGAN MOTION GRAPH TATA CARA WUDU BERBASIS KURIKULUM TAMAN PENDIDIKAN AL QUR'AN PADA ANAK FASE A DI RUMAH QUR’AN DHIYAA AL FATIH DEPOK 2023

Penulis

  • Helmia Thalib
  • Rudi Hartono
  • Muktiono Waspodo

DOI:

https://doi.org/10.32832/tek.pend.v12i2.14709

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis: 1) Menghasilkan media pembelajaran tata cara wudu berbasis kurikulum taman pendidikan al qur'an pada anak fase A, 2) Menganalisis kelayakan produk serta 3) Mengetahui keefektifan produk pengembangan.    

Metode penelitian ini merupakan penelitian pengembangan atau disebut juga Research and Development (R&D). Penelitian ini, menggunakan pengembangan model 4D dan diintegrasikan dengan Borg and Gall. Dalam uji kelayakan menggunakan penilaian oleh tiga ahli yaitu ahli desain pembelajaran 81,84 %, ahli media 94,87 % serta ahli materi 100 % seluruhnya dalam kategori sangat layak . Sedangkan  hasil uji efektifitas diperoleh dari perbandingan hasil asesmen materi tata cara wudu pada anak fase A dengan jumlah sampel setiap kelas yaitu 10 sampel. Pada kelas eksperimen yaitu pembelajaran dengan motion graph tata cara wudu berbasis kurikulum taman pendidikan al qur'an dan kelas kontrol taitu pembelajaran tanpa menggunakan motion graph tata cara wudu berbasis taman pendidikan al qur'an. Analisis statistik menggunakan uji independent sample t test dengan nilai thitung > ttabel atau 4,245>2,101 pada taraf signifikasi 5% dan df =18 maka H0 ditolak dan Ha diterima yaitu pembelajaran dengan motion graph  tata cara wudu berbasis taman pendidikan al qur'an pada anak fase A memiliki efek terhadap hasil belajar tata cara wudu secara khusus.

Diterbitkan

2023-08-03

Cara Mengutip

Thalib, H., Hartono, R., & Waspodo, M. (2023). PENGEMBANGAN MOTION GRAPH TATA CARA WUDU BERBASIS KURIKULUM TAMAN PENDIDIKAN AL QUR’AN PADA ANAK FASE A DI RUMAH QUR’AN DHIYAA AL FATIH DEPOK 2023 . JURNAL TEKNOLOGI PENDIDIKAN, 12(2), 155–167. https://doi.org/10.32832/tek.pend.v12i2.14709