PENDIDIKAN AMANAH DALAM AL-QUR’AN

Authors

  • Mahfud Sekolah Tinggi Ilmu Ushuluddin Wadi Mubarak Bogor
  • Andi Syahratul Hawaisah Majid Sekolah Tinggi Ilmu Ushuluddin Wadi Mubarak Bogor
  • Muhammad Saleh

Abstract

Zaman sekarang ini minimnya sifat amanah pada diri seseorang, padahal manusia sendiri tidak bisa lepas dari yang namanya amanah yang telah menjadi tugas tiap individu, sehingga dibutuhkannya pendidikan berkaitan dengan amanah. Pendidikan juga merupakan suatu sistem dimana unsur-unsur pendidikan yaitu pendidik, peserta didik, tujuan, materi, metode serta lingkungan saling terkait secara fungsional satu sama lain agar tercapainya tujuan yang diharapkan. AlQur’an telah menggambarkan tentang bagaimana pendidikan amanah melalui ayatayat amanah, metode yang digunakan adalah kajian studi pustaka dengan tafsir maudhu’i, yaitu mengumpulkan ayat-ayat Al-Qur’an yang berkaitan dengan pembahasan kemudian dianalisis sehingga menghasilkan suatu kesimpulan, penelitian ini menyimpulkan bahwa pendidikan amanah dalam Al-Qur’an adalah sebagai berikut: (1) pendidik yaitu berupa Allah subhanahu wa ta’ala sebagai pendidik utama dalam sifat amanah serta para utusan-utusan-Nya dan didikan juga datang dari selain keduanya yaitu dari kalangan manusia, malaikat dan jin, (2) peserta didik mencakup seluruh umat manusia (3) tujuannya adalah agar umat manusia menjalankan setiap amanah yang dibebankan kepadanya (3) materi yaitu berupa menunaikan amanah berkaitan dengan hak-hak Allah terhadap hambahamba-Nya, hak-hak manusia terhadap sesama, hak-hak manusia terhadap dirinya, (4) metode yang digunakan yaitu metode mau’izah atau nasehat, metode teladan, metode kisah, dan metode targhib dan tarhib.

Downloads

Published

2019-08-01

How to Cite

Mahfud, Majid, A. S. H., & Saleh, M. (2019). PENDIDIKAN AMANAH DALAM AL-QUR’AN. Jurnal Teknologi Pendidikan, 8(2), 298–311. Retrieved from https://ejournal.uika-bogor.ac.id/index.php/TEK/article/view/15233