PENDIDIKAN DALAM TAFSIR KLASIK: PENDIDIKAN ANAK USIA DINI BERDASARKAN PANDANGAN AL-QURTUBI DAN IBNU KASIR

Authors

  • Khairiyatul Fadilah Sekolah Tinggi Ilmu Ushuluddin Wadi Mubarak Bogor
  • Indah Sofiyani Sekolah Tinggi Ilmu Ushuluddin Wadi Mubarak Bogor
  • Thoriq Mumtaz Sekolah Tinggi Ilmu Ushuluddin Wadi Mubarak Bogor

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan bagaimana pendidikan anak usia dini yang sesuai dengan ayat-ayat al-Qur’an dengan mengacu pada kitab tafsir Al-Qurtubi dan Ibnu Kasir, serta memberikan gambaran informasi tentang pendidikan anak usia dini yang tercantum dalam Al-Qur’an surah Maryam ayat 12 dan 30. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kepustakaan (library research) dan model penelitian yang digunakan adalah metode penelitian yang menghasilkan data-data yang deskriptif yaitu metode penelitian kualitatif. Berbekal metode penelitian tersebut diharapkan hasil penelitian ini dapat digunakan sebagai bahan informasi dan wawasan bagi para peneliti bidang Al-Qur’an dan tafsir tentang pendidikan anak usia dini dalam Al-Qur’an, serta sebagai sumbangsih kajian karya ilmiah yang bersumber dari Al-Qur’an dan Tafsir. Adapun hasil dari penelitian ini adalah penafsiran ayat-ayat pendidikan anak usia dini berdasarkan kitab tafsir AlQurtubi dan Ibnu Kasir memberikan gambaran empat unsur utama pendidikan anak usia dini pada ayat-ayat tersebut. Yaitu mendidik anak dengan Al-Qur’an sejak dini, Mempelajari Al-Qur’an, Menghafal dan mengamalkannya, mengenalkan keesaan Allah kepada anak sejak dini, mengajarkan kalimat tauhid kepada anak sejak dini

Downloads

Published

2020-01-01

How to Cite

Fadilah, K., Sofiyani, I., & Mumtaz, T. (2020). PENDIDIKAN DALAM TAFSIR KLASIK: PENDIDIKAN ANAK USIA DINI BERDASARKAN PANDANGAN AL-QURTUBI DAN IBNU KASIR. Jurnal Teknologi Pendidikan, 9(1), 80–93. Retrieved from https://ejournal.uika-bogor.ac.id/index.php/TEK/article/view/15235