KEWAJIBAN ORANG TUA DALAM PENDIDIKAN ANAK KETIKA MASA PENYUSUAN PERSPEKTIF AL-QUR`AN (STUDI TAFSIR SURAT AL-BAQARAH AYAT 233)

(STUDI TAFSIR SURAT AL-BAQARAH AYAT 233)

Authors

  • Muhammad Suaidi Yusuf Sekolah Tinggi Ilmu Ushuluddin Wadi Mubarak Bogor
  • Habibatus Shofia Sekolah Tinggi Ilmu Ushuluddin Wadi Mubarak Bogor
  • Muhammad Hilmi Ulwan Sekolah Tinggi Ilmu Ushuluddin Wadi Mubarak Bogor

Abstract

QS Al-Baqarah ayat 233 merupakan salah satu ayat dalam al-Quran yang menjelaskan kewajiban orang tua terhadap anak khususnya dalam hal rada’ah atau menyusui. Berbagai kajian dalam sudut pandang ini sudah banyak tetapi belum ada yang secara khusus menelaah pesan kewajiban orang tua secara umum terhadap anak yang juga terkandung dalam ayat tersebut. Isu working mom, fatherless country, tertukarnya peran ibu dan bapak terhadap anak dalam keluarga disebabkan persoalan karir; merupakan beberapa fenomena yang menjadikan kajian tema tentang kewajiban orang tua terhadap pendidikan anak perspektif Al-Quran senantiasa penting. Menelaah kewajiban orang tua terhadap anak dalam QS Al-Baqarah ayat 233 diharapkan bisa memberikan sumbangan dalam hal ini. Penelitian ini berjenis library research dan menggunakan metode penelitian tematik. Sumber data primer yang digunakan adalah kitab tafsir Ath-Thabari, tafsir Al-Qurthubi dan tafsir Al-Jawahir karya Thanthawi Jauhari. Kemudian data sekunder yang digunakan meliputi buku-buku atau referensi lain penunjang yang berkaitan dengan pembahasan. Hasil yang didapat dari penelitian ini adalah ibu memiliki kewajiban mendidik anaknya dalam bentuk menyusui juga mengasuh anaknya, bapak wajib untuk menafkahi, mengupah upah susuan, juga menjaga ibu dan anak dalam masa menyusui dan keduanya memiliki kewajiban bersama, seperti bermusyawarah demi kebaikan anak dan tidak saling egois.

Downloads

Published

2021-06-12

How to Cite

Yusuf, M. S., Shofia, H., & Ulwan, M. H. (2021). KEWAJIBAN ORANG TUA DALAM PENDIDIKAN ANAK KETIKA MASA PENYUSUAN PERSPEKTIF AL-QUR`AN (STUDI TAFSIR SURAT AL-BAQARAH AYAT 233): (STUDI TAFSIR SURAT AL-BAQARAH AYAT 233). Jurnal Teknologi Pendidikan, 10(2). Retrieved from https://ejournal.uika-bogor.ac.id/index.php/TEK/article/view/15238