PENDEKATAN STEM DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA
Abstrak
Penelitian ini merupakan kajian konseptual tentang bagaimana mengimplementasikan pendekatan STEM (science, technology, engineering, mathematics) pada bahan pembelajaran matematika. Dalam penelitian ini dijelaskan integrasi keempat disiplin ilmu tersebut dan meningkatkan pemahaman konsep matematika melalui pendekatan kontekstual dan terapan. Dalam penelitian ini membahas tentang penggunaan metode pengajaran STEM dan dampaknya terhadap motivasi dan pemahaman matematika siswa, serta strategi penerapan metode pengajaran STEM di lingkungan pendidikan. Pembahasan akan fokus pada analisis keberhasilan pendekatan ini dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis, kolaborasi, dan penerapan praktis konsep matematika. Tujuan penelitian ini adalah untuk memberikan informasi kepada para pendidik tentang pendekatan STEM dalam mengubah paradigma pembelajaran matematika ke arah yang lebih tersituasi, interaktif, dan relevan dengan kebutuhan perkembangan siswa di era teknologi dan inovasi.
Kata kunci: pembelajaran matematika, pendekatan STEM
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.