PENGARUH PENGGUNAAN GOOGLE CLASROOM DALAM PEMBELAJARAN JARAK JAUH TERHADAP INTERAKSI BELAJAR SISWA

Authors

  • Arif Damami Novayanto Universitas Terbuka
  • Benny A Pribadi Universitas Terbuka

Abstract

Penelitian ini mengeksplorasi pengaruh Google Classroom dalam pembelajaran jarak jauh, khususnya pada peningkatan interaksi dan hasil belajar siswa. Dengan metode penelitian literatur, penelitian ini mengumpulkan dan menganalisis data dari sumber yang relevan, termasuk majalah, buku, dan publikasi lainnya. Hasilnya menunjukkan bahwa Google Classroom meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa dalam pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) selama pandemi, sebagaimana ditemukan oleh Baser & Rizal (2021). Selain itu, pelatihan Google Classroom untuk guru, seperti yang dijelaskan oleh Nissa et al. (2020), terbukti meningkatkan pemahaman dan keterampilan guru dalam pembelajaran daring. Studi oleh Farida Isroani (2021) dan penelitian lainnya menyoroti penerimaan Google Classroom oleh guru dan siswa, menunjukkan efektivitasnya dalam memudahkan transfer materi, penugasan, dan penilaian. Penelitian oleh Simanjuntak et al. (2021) dan Septiani (2022) menekankan adaptabilitas Google Classroom dalam berbagai mata pelajaran, termasuk Bahasa Indonesia, Pendidikan Agama Islam, dan Budi Pekerti. Kesimpulannya, Google Classroom telah menjadi alat penting dalam pendidikan modern, tidak hanya memudahkan pengajaran dan pembelajaran, tetapi juga meningkatkan keterlibatan dan motivasi belajar siswa dalam berbagai konteks.

 

Published

2023-12-18

How to Cite

Damami Novayanto, A., & Pribadi, B. A. (2023). PENGARUH PENGGUNAAN GOOGLE CLASROOM DALAM PEMBELAJARAN JARAK JAUH TERHADAP INTERAKSI BELAJAR SISWA. Jurnal Teknologi Pendidikan, 12(3), 84–96. Retrieved from https://ejournal.uika-bogor.ac.id/index.php/TEK/article/view/15623