HUBUNGAN ANTARA KEBIASAAN BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN ALAM (IPA) KELAS VIII DI SMP NEGERI I KEMANG KABUPATEN BOGOR
DOI:
https://doi.org/10.32832/tek.pend.v8i1.1730Keywords:
Kebiasaan Belajar, Hasil Belajar IPAAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap apakah: Terdapat hubungan antara Kebiasaan Belajar terhadap Hasil Belajar IPA. Penelitian ini termasuk jenis penelitian korelasional dengan variabel yang diteliti yaitu: (1) Hasil Belajar IPA (Y); dan (2) Kebiasaan Belajar (X). Sampel penelitian berjumlah 62 peserta didik yang diambil dengan menggunakan teknik sampel acak (random sampling). Pengumpulan data menggunakan instrumen tes dan non-tes. Sebelum instrumen digunakan dalam penelitian, terlebih dahulu diujicobakan pada satu kelas yang setara yang ditetapkan sebagai kelas ujicoba. Kemudian dilakukan uji validitas dan reliabilitas untuk masing-masing instrumen. Uji validitas instrumen tes menggunakan korelasi Point Biserial dan uji reliabilitas menggunakan Kuder Richardson-20 (KR-20), uji validitas instrumen non-tes menggunakan korelasi Product Moment dan uji reliabilitas menggunakan Alpha Cronbach. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Terdapat hubungan positif antara Kebiasaan Belajar dengan Hasil Belajar IPA, nilai korelasi (Ry2) 0,435 dapat diinterpretasikan bahwa hubungan kedua variabel penelitian ada di kategori sedang. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, Hasil Belajar IPA dapat ditingkatkan dengan cara meningkatkan Kebiasaan Belajar peserta didikReferences
Aunurrahman. 2016. Belajar dan Pembelajaran, Bandung: Alfabeta.
Hariyanto dan Suyono. 2014. Belajar dan Pembelajaran, Bandung : PT. Remaja Rosadakarya.
Sugiyono, 2010. Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D Bandung: Alfabeta.
Trianto. 2010. Model Pembelajaran Terpadu, Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Wisudawati, A. W. dan Sulistyowati, E, 2017. Metodologi Pembelajaran IPA, Jakarta: PT. Bumi Aksara, 2017
Downloads
Published
2019-01-02
How to Cite
Setyawan, R., & Wibowo, S. (2019). HUBUNGAN ANTARA KEBIASAAN BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN ALAM (IPA) KELAS VIII DI SMP NEGERI I KEMANG KABUPATEN BOGOR. Jurnal Teknologi Pendidikan, 8(1), 24–34. https://doi.org/10.32832/tek.pend.v8i1.1730
Issue
Section
Artikel